Pengawasan Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

  • Wulan Sari Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Hadi Machmud Institut Agama Islam Negeri Kendari
  • Laode Anhusadar Institut Agama Islam Negeri Kendari
Keywords: Penggunaan Gadget, Pengawasan Orang Tua, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran tentang bagaimana bentuk penggunaan gadget pada anak usia 5-6 dan bentuk pengawasan orang tua terhadap penggunaan gadget pada anak usia 5-6 tahun di Desa Sumberjaya Kabupaten Konawe Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualaitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari informan yaitu orang tua dari anak-anak yang gemar bermain gadget dan tokoh masyarakat Desa Sumberjaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga teknik, yaitu reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk penggunaan gadget pada anak usia dini yang ditemukan di Desa Sumberjaya Kabupaten Konawe Selatan : dengan penggunaan  aplikasi youtube oleh 10 anak, penggunaan aplikasi tiktok oleh 4 anak dan penggunaan aplikasi game oleh 2 anak. sementara untuk bentuk pengawasan orang tua pada penggunaan gadget anak usia 5-6 tahun di Desa Sumberjaya Kabupaten Konawe Selatan yaitu terdapat 9 orang tua yang memberi nasehat, 6 orang tua yang memberi batasan waktu dan 4 orang tua yang memberikan sanksi. Bentuk-bentuk pengawasan orang tua sangat penting dilakukan dalam penggunaan gadget pada anak agar anak tidak kecanduan gadget dan perkembangannya tidak terganggu.

References

Aji, Gunawan Bayu,(2015). Euforia Penggunaan. Tugas Akhir. Yogyakarta: Fakultas Seni Rupa In stitusi Seni Indonesia
Andi, R.A. (2021). Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Kualitas Belajar Peserta Didik Dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Lentera : Jurnal Studi Pendidikan, 3 (2), 27-36
Anggraeni, Yuni. (2019). Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak di RA Yapsi Sumberjaya Lampung Barat. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Ayouby, M Hafiz. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini di PAUD dan TK Handayani Bandar Lampung. Universitas Lampung, Lampung.
Azamiah, M. Z. K., Agustiani, H., & Pebriani, L. V. (2023). Program Psikoedukasi Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234-244.
Dachi, M. (2019). Mengoptimalkan Kedisiplinan Anak Melalui Pengawasan Orangtua. Jurnal Teologi Praktika, 1(1), 29-42.
Enjelina, Mardiah (2022). Pola Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia 5-6 Tahun di Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Skripsi. Riau : Uin Suska Riau
Fatichah, H., & Madyawati, L. (2023). Picture Timetable Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 789-798.
Handayani, Lina. Dkk. (2020) Edukasi Pola Asuh dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universtitas Bangka Belitung. 7 (1). 1-9
Jasmidalis, D. A. S., Purnamasari, O., & Zulhaini, L. (2023). Edukasi Gadget Ramah Anak Usia Dini bagi Orang Tua. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-10.
Junita, E. N., & Anhusadar, L. (2021). Parenting Dalam Meningkatkan Perkembangan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-63.
Lestari, I. (2012). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Pencapaian Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Pra Sekolah di Desa Sumber Karang Dlanggu Mojokerto. Jurnal Keperawatan Bina Sehat. 1 (2)153-154
Putri, Wilma Annisa. (2022). “Pengawasan Orang Tua Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelurahan Sialamungu Kecamatan Tuah Madani Kota Pekan Baru”. Skripsi. Riau : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Riau
Saniyyah, Latifus Dkk. (2021). ( Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4), 6
Sudarsono. Dkk. (2021). Peranan Orang Tua Dan Guru Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak di Sekolah MA Muhammadiyah Pokobulo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4 (2). 437-445.
Sunita & Mayasari. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Penggunaan gadget pada Anak. Jurnal Endurance. 3 (03). 7
Syifa, dkk. (2017). Pendampingan dan Pengawasan dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia TK (Taman KanakKanak). Jawa Timur: Cakra Studi Global Strategis.
Syifa, Layyinatus dkk. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal : Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4) 527-533
Tifani, A. Z., & Nurhanifah, N. (2023). Implikasi Permainan Latto-Latto terhadap Aspek Perkembangan Anak yang Kecanduan Gadget. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 125-135.
Utama, Fajri, & Hasti Hasmira, M. (2019). Bentuk pengawasan orang tua pada anak-anak pengguna smartphone. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 1(1), 103-109.
Xiao, Y., & Wang, W. (2021). How does TikTok promote children's English learning? A study from the perspective of cognitive psychology. English Language Teaching, 14(5), 116-124.
Zulkifli. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdkarya.
Published
2024-03-17
How to Cite
Sari, W., Machmud, H., & Anhusadar, L. (2024). Pengawasan Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 73-83. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8251