Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Gambar Berseri di RA Al-Kamal 3 Palaran

  • Zarina Riswanti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ovi Fatmawati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Resti Juwita Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sulastri Sulastri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nafi’ah Maghfiroh RA Al-Kamal 3 Palaran
Keywords: Kemampuan berbicara; gambar berseri

Abstract

Kemampuan berbicara anak merupakan hal penting untuk ditingkatkan agar anak mampu mengkomunikasikan apa yang dipahami dan mengekspresikan perasaan maupun pikirannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode gambar berseri di RA Al-Kamal 3 Palaran. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas. Teknik  pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-6 tahun di RA Al-Kamal 3 Palaran. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan kemampuan berbicara anak sebesar 63%. Setelah diberikan perlakuan, terdapat peningkatan sebesar 80% pada siklus I. Maka dapat disimpulkan bahwa metode gambar berseri mempengaruhi kemampuan berbicara pada anak.

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Alnaisah Witri Dewi Fitri. (2021). Penggunaan Kartu Gambar Berseri Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Bandar Lampung—Penelusuran Google.
Anggrayni, R., Mamba’usa’adah, M. S., Rahayu, S., & Yunitasari, S. E. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA KELOMPOK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT SULTAN JAKARTA UTARA. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.121-130
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1.
Ellyana & Damayanti, M., I. (2014). Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Wonorejo Ii – 313 Surabaya. Jurnal PGSD, Vol. 02, No. 03.
Fathor Rozi & Zubaidah Zubaidah. (t.t.). PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI | Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan. Diambil 15 Desember 2023, dari https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/article/view/artikel06_sept21
Heru Kurniawan & Kasmiati. (t.t.). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Banyumas: Rizquna.
Israwati et al. (2019). Penerapan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Pada Kelompok B TK Permata Bunda Banda Aceh | Israwati | Serambi Konstruktivis. https://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/1341
Rismawati, R., Bastiana, B., & Ramlah, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Pada Anak Kelompok B. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i4.26703
Rita Kurnia. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. FKIP PAUD UNRI.
Rozika, S. (2023). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al Jihadi Depok [bachelorThesis, Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72108
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak edisi Kesebelas Jilid 2. Erlangga.
Published
2024-03-12
How to Cite
Riswanti, Z., Fatmawati, O., Juwita, R., Sulastri, S., & Maghfiroh, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Metode Gambar Berseri di RA Al-Kamal 3 Palaran. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(1), 55-62. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i1.8252