Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Read-Aloud di PAUD Al-Hassanah Samarinda

  • Nur Amelia Putri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hanifah Nasywa Imtiyaz Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Ma’ruf Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Isti Dwiarti PAUD Al-Hasanah Samarinda
  • Isnani Isnani PAUD Al-Hasanah Samarinda
Keywords: Kemampuan Bahasa Ekspresif, Metode Read Aloud

Abstract

Penelitian ini dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif anak menggunakan metode read-aloud. Pada penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi. Sedangkan, data sekunder dari literatur seperti buku dan jurnal. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah anak-anak dengan rentang usia 4-6 tahun di PAUD Al-Hassanah Samarinda. Hasil penelitian sebelum dilakukannya tindakan mengungkapkan kemampuan bahasa ekspresif anak mendapatkan rata-rata 69 %, kemudian pada siklus I meningkat dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa metode read aloud mampu meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

References

Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Sakti, B. P., Nisa’Khusnia, A., Noveni, N. A., Chamidah, D., Puri, V. G. S., & Salman, I. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Penerapannya. Penerbit Adab.
Afian, B. H. N. (2023). Penguasaan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Pasca Pembelajaran Daring. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 442–453. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.342
Afifatunnisa, F. L., Rusmana, A., & Winoto, Y. (2023). Pemanfataan Koleksi Anak Di Pustakalana Children’s Library Untuk Kegiatan Membaca Nyaring. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 4(2), 82–108.
Aninditto, A., Widdiyanti, W., Yulimarni, Y., Akbar, T., & Sundari, S. (2023). Pengenalan dan Edukasi Batik bagi Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Pembina Padangpanjang. Jurnal Abdidas, 4(3), 257-264-257–264. https://doi.org/10.31004/ABDIDAS.V4I3.801
Eka, E. P., Dhieni, N., & Supena, A. (2020). Early Discipline Behavior: Read aloud Story with Big Book Media. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 321–331. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.10
Endahwati, M., Bachri, B. S., & Izzati, U. A. (2022). Efektivitas Metode pembelajaran read aloud dengan media buku cerita gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif dan ekspresif pada anak usia dini. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 163. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8496
Fitriana, S. (2019). Kurangnya bahasa ekspresif pada anak usia 5 tahun di Jl. Raden Fatah No 004 Rt 01 Kelurahan Pagar Dewa, Kecamatan. Selebar Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 309–321. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2274
Fitriani, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif (Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Wayang Kartun di TK Anak Sholeh Muslimat NU Tuban. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(2), 72–82. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp72-82
Hariyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 106–120. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Ita, E., & Wewe, M. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317
Latifa, B., Fitria, A., & ElizA, D. (2023). Pengaruh Read Aloud Dalam Mengembangkan Bahasa Pada Anak di Raudhatul Athfal Ar-Rahman Kinali: The Effect of Read Aloud In Developing Language For Children At Raudhatul Athfal Ar-Rahman Kinali. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6627
Munandar, U. (2014). Penumbuhan berpikir kreatif Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Nasirun, M., Yulidesni, Y., & Daryati, M. E. (2020). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 441–451. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506
Sari, F., Suardana, I. M., & Zainuddin, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 498–502.
Sary, Y. N. E., & Indah, N. H. I. (2023). Peran Literasi dan Read Aloud dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3558–3566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4185
Sya’bana, F. N. R., Azizah, E. N., & Wijayanti, A. (2021). Pengaruh Aktivitas Read Aloud Saat Belajar Dari Rumah Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 203–212.
Syahputri, M. M., & Suminar, D. R. (2021). Efektivitas Metode Repeated Interactive Read-aloud dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(2), 116–131.
Trelease, J. (2017). The Read Aloud Handbook. Noura Books.
Wahidah, A. F. N., & Latifah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Winarti, R. N. A. S., Fitriyani, S., Rahmatillah, A. R., & Hasanah, L. (2022). Evaluasi Speech Therapy Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Speech Delay. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 25–44. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1858
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain peran: Sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
Yus, A. A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186
Published
2024-03-20
How to Cite
Putri, N., Imtiyaz, H., Ma’ruf, A., Dwiarti, I., & Isnani, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak melalui Metode Read-Aloud di PAUD Al-Hassanah Samarinda. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 3(2), 95-105. https://doi.org/10.21093/bocah.v3i2.8288