Kegiatan Practical Life dalam Menanamkan Karakter Disiplin di TK IT Asy-Syaamil Palangka Raya
Abstract
Kurangnya perilaku disiplin seringkali menjadi awal masalah dalam pembelajaran di sekolah. Seperti datang terlambat, tidak tertib dan tidak segera masuk ruangan. Hal ini dapat distimulasi melalui kegiatan practical life yang mengacu pada 3 keterampilan yaitu manipulatif, menjaga lingkungan dan pengembangan diri. Kegiatan practical life yang dilakukan seperti menggulung sajadah, dan mencuci piring mampu memberikan pengalaman spontanitas pada anak dalam menaati aturan-aturan yang telah disepakati di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan practical life dalam menanaman karakter disiplin di TK IT Asy-Syaamil Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, 1 orang guru, dan 11 orang anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kegiatan practical life yang mencakup keterampilan manipulatif, keterampilan menjaga lingkungan, dan keterampilan pengembangan diri dapat terlaksana dengan baik dan rutin, namun hanya keterampilan menjaga lingkungan saja yang tertuang dalam perencanaan. (2) Karakter disiplin yang dapat ditanamkan melalui kegiatan practical life di TK IT Asy-Syaamil Palangka Raya seperti datang tepat waktu, mengetahui benda dan fungsinya, benda diambil dan dikembalikan pada tempatnya, taat pada aturan yang disepakati bersama, bergiliran dengan tertib dan mengetahui akibat jika tidak disiplin, sedangkan yang tidak terlaksana seperti mampu memprediksi waktu penyelesaian kerja. Dampak penelitian ini untuk menanamkan karakter disiplin pada anak-anak, membantu mereka mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai yang penting dalam kehidupan mereka.
References
Anggraeni, Saad, A. Y., Yumirawati, E., Handayani, R., Nuskah, S., M, M. B., Hartatiek, Fitriani, H., Rohimah, R. S., & Maimanah, A. S. (2014). Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Anak Usia 5-6 Tahun. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014.
Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Practical life: Upaya Penanaman Kemandirian Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.829
Fitri, I. (2018). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Practical life di TK Annisa. Jurnal Raden Fatah, 2(02), 24–45. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1100
Gettman, D. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar Aktivitas Belajar untuk Anak Balita. Pustaka Pelajar.
Hani, A. A. (2019). Jurnal care. 7(1).
Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.157
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 50–55.
Khairinal, Kohar, F., & Fitmilina, D. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN Titian Teras. Jurnal Manajemen Pendidikan dan iImu Sosial, 1(2), 379–387. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Khoirunnisa, H., Khasanah, I., & ... (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Media Congklak. In … Nasional PAUD 2019. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/438%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/download/438/367
Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105
Lestariningrum, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran AUD. Adjie Media Nusantara.
Moeljadi, D., Sugianto, R., Hendrick, J. S., & Hartono, K. (2016). KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) V 0.5. 1 (51). https://github.com/yukuku/kbbi4
Nada, Q. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Sentra Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di Paud Terpadu Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Palangka Raya.
Oktamarina, L., Putri, Y. F., Fitri, I., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2020). Peningkatan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Practical life. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 34–52.
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ABATA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232–240.
Roopnarine, J. L., & Johnson, J. E. (2011). Pendidikan anak usia dini dalam berbagai pendekatan. In Jakarta: Kencana. Kencana Prenada Media Group.
Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468
Satriyana, A., Syafri, F., & Akbarjono, A. (2022). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Belajar dari Rumah di Kota Bengkulu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5897–5912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1633
Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Yatun, S., Salehudin, M., Komariah, D. L., Aminda, N. E. R., Hidayati, P., Latifah, N., & Aisyah. (2021). Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 1–10.