Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz

  • Haliska Haliska IAIN Samarinda
  • Ita Nurita IAIN Samarinda
  • Juniansyah Juniansyah IAIN Samarinda
  • Suratman Suratman
Keywords: implementasi kurikulum, metode ummi, kelas tahfidz

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk (1) Mengetahui konsep metode ummi dalam pembelajaran kelas tahfidz. (2) Bagaimana implementasi metode ummi dalam pelaksanaan pembelajaran kelas tahfidz di Sekolah Menengah Atas Islam Bunga Bangsa Samarinda dan (3) Mengetahui kendala guru dalam pembelajaran metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda. Menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode ummi dalam tahfidz Alquran. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan teknik pembandingan data yang diperoleh dari hasil tes, hasil interview dan hasil observasi kemudian dengan sumber yang berbeda. Hasil penelitian menggambarkan implementasi kurikulum metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa sudah terlaksana dengan baik meliputi perencanaan kurikulum, pelaksanaan tahfidz, penilaian tahfidz, dan pengawasan tahfidz. Ditambah dengan Faktor pendukung metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda, meliputi dukungan dari sekolah dan yayasan, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sarana prasarana yang cukup representatif, dan pemberian motivasi guru tahfidz. Kemudian Faktor penghambat dari metode ummi kelas tahfidz di SMA Islam Bunga Bangsa Samarinda yaitu: Padatnya kegiatan siswa dan sekolah yang bersifat insidental, kurangnya motivasi siswa, dan kurangnya jumlah tatap muka. Kata kunci: implementasi kurikulum, metode ummi, kelas tahfidz

References

Al-Qur’an
Aziz, Azniwati Abdul. dkk. 2016. Teaching Technique of Islamic Studies in Higher Learning Institutions for Non-Arabic Speakers: Experience of Faculty of Quranic and Sunnah Studies and Tamhidi Centre, Universiti Sains Islam Malaysia, dalam Universal Journal of Educational Research, Vol. 4, No.4.2016.
Hambali. 2013. Cinta Al-Qur’an Para Hafizh Cilik. Yogyakarta : Najah
Harsono, Hanifah. 2004. Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta: Grafindo Jaya.
Kartiko, Restu. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Masruri. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya :Ummi Foundation.
Moleong, Lexi J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muthoifin dan Nuha. 2018. Mengungkap Isi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 1-3. Surakarta: STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta.
Rauf, Abdul Aziz Abdur. 2010. Pedoman Dauroh Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid DisusunSecara Aplikatif. Jakarta : Markaz Al Qur’an.
Rino. 2010. Strategi Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Kajian . Pengembangan KTSP Berbasis Keunggulan Daerah Menuju Kemandirian Sekolah. Padang. Makalah. Padang.
Rozali. 2008. Implementasi Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Studi Kasus di MAN Padusunan Kota Pariaman. Tesis. PPS UPI Bandung.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada,.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor : Ghalia Indonesia,.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Teguh T dan Sobari AY. 2010. Panduan Mengelola Sekolah Bertaraf Internasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2020-06-11
How to Cite
Haliska, H., Nurita, I., Juniansyah, J., & Suratman, S. (2020). Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2(2), 93-106. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i2.2327