Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Samarinda
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah kuliah online yang menuai pro dan kontra pada minat belajar mahasiswa PAI di IAIN Samarinda. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kuliah online terhadap minat belajar mahasiswa PAI di Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa PAI dari berbagai semester di IAIN Samarinda yang berjumlah 1148 mahasiswa dan sampel sebanyak 92 responden dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara kuliah online terhadap minat belajar mahasiswa PAI di IAIN Samarinda sebesar 0.975 yang apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada di antara di 0,80 - 1,000 yang berarti tingkat hubungannya sangat kuat atau sangat tinggi. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai diperoleh nilai = 41.4746 ˃ = 2.36850 sehingga dinyatakan ditolak dan diterima bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kuliah online dengan minat belajar mahasiswa PAI di IAIN Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0.975 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel kuliah online terhadap minat belajar mahasiswa PAI di IAIN Samarinda sebesar 95.06%.
References
Agustina, M. (2013). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Yogyakarta.
Djamarah, S. B. (2004). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, S. B. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberti.
Hendrastomo, G. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-Learning. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4.
Kurniawan, Muhammad Ragil dan Nurul Hidayati Rofiah. (2020). Pola Penggunaan Internet Di Lingkungan Sekolah Dasar Se-Kota Yogyakarta. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol.2 (2), 93-105.
Kuswanto, H. (2005). Pengembangan E-Learning (Sistem Pembelajaran Online Berbasis Web) sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.1 (1), 130.
Oktarika, D. (2016). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media E-Learning Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah E-Learning Di Program Studi P.TIK. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, Vol. 4(No. 1).
Saugi, Wildan. (2018). The Effectiveness of E-Learning Using Edmodo at Islamic Higher Education(PTKI) in East Kalimantan. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol.1 (1), 59-72.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhartini, D. (2001). Minat Siswa Terhadap Topik-Topik Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya. Universitas Pendidikan Indonesia.
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17–21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001
Travers, J. (2012). Learning Analysis and Application. New York: David Mckay Co, Inc.
Winkel, W. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.
WK, H. (2006). E-Learning by Design. San Fransisco: Pfeiffer Willey Imprint.