KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL
Keywords:
kepemimpinan, lembaga pendidikan Islam, non formal
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam non formal, dan menganalisa optimalisasi fungsi lembaga pendidikan Islam non formal. Artikel ini diharapkan biasa memberikan saran dan masukan yang positif bagi pemimpin lembaga pendidikan non formal untuk mengoptimalkan fungsi lembaga yang dipimpinnya. Metode penelitiannya adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Salah satu jenis dalam penelitian kualitatif adalah penelitian kepustakaan (Library research). Peneliti mengumpulkan data-data penelitian dengan membaca buku, makalah, artikel jurnal, dan penelitian-penelitian yang relevan dan menguraikan dan mengkaji secara kritis serta menyatukan ide-ide yang berkaitan dengan kepemimpinan dan optimalisasi fungsi lembaga pendidikan non formal. Hasilnya adalah kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam non formal harus mampu membangun relasi, menjalankan roda organisasi, mempengaruhi orang lain, mengarahkan dan mengkoordinasikan, melakukan pengawasan, melaksanakan proses dan tindakan yang berorientasi pada tercapainya tujuan yang telah direncanakan. Sedangkan optimalisasi fungsi lembaga pendidikan Islam Non formal dapat dilakukan dengan mengembangkat bakat, melestarikan budaya sekitarnya, dan membina keterampilan. Optimalisasi fungsi lembaga pendidikan islam non formal yaitu dengan berbakti kepada orang tua, dan mempertahankan sistem sosial masyarakat.References
Asturi, Asril. “Kepemimpinan Berbasis Islami Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Perguruan Tinggi.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 1–6.
Coombs, Philip H. The World Crisis in Education the View from the Eighties. Britania: Oxford University Press, 1985.
Darlis, Ahmad. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24, no. 1 (2017).
Fahmi, Fauzi, and Wahyu Iskandar. “Tipologi Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 1–10.
Fitri, Fitri. “Perilaku Organisasi Dan Kepemimpinan Sebagai Sebuah Sistem.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 484–497.
Ginda, Ginda, and Yefni Yefni. “Pemetaan Problematika Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah Di Majlis Taklim Kota Pekanbaru.” Sosial Budaya 13, no. 1 (2016): 45–58.
Hasibuan, Malayu S P, and H Malayu S P Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Hayati, Afita Nur. “Tata Tertib Busana Kampus: Edukasi, Etika Dan Komunikasi.” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (2013).
Huliyah, Muhiyatul. “Pembentukan Karakter Melalui Optimalisasi Tahfizul Qur’an Di Sekolah Dasar Tahfizul Qur’an (SDTQ) Al-Azka Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.” el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (2020): 107–120.
Ifendi, Mahfud. “Pesantren Dan Kepemimpinan Kiai: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020).” MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2020): 13–30. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index.
Indonesia, Kemendikbud Republik. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,” 2013.
Indonesia, Kementerian Agama Republik. “Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan,” 2007.
Indra, Hasbi. Standarisasi Nasional Mutu Pendidikan Al-Qur’an. Jakarta, 2012.
Ishak Abdulhak, Ugi Suprayogi. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Juwita, Dewi Ratna. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pembelajaran Metode Brcerita Di Lembaga Pendidikan Nonformal ‘Huma Baca Itah’ Desa Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah.” Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018): 92–108.
Karmila, Karmila. “Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Berbasis Pesantren Di SMP Al-Hikmah Karangmojo.” In Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 1, 2020.
Mashud, Imam. “Model Pengembangan Manajemen Institusi Pendidikan Islam.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 14, no. 02 (2018).
Mubarok, Ramdanil. “Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara.” Al-Rabwah XIV, no. 2 (2020): 173–188. http://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/view/51.
———. “Peran Takmir Masjid Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 18, no. 2 (2020): 233–248. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i2.1576.
Pangestika, Agnes Widya, and Nunung Nurwati. “Fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Melaksanakan Program Pembinaan Berbasis Budi Pekerti Pada Anak Didik Pemasyarakatan.” Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 4, no. 2 (2020): 99–116.
Raco, Jozef. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo, 2018.
Rahilla, Erfina. “Peran Lembaga Pendidikan Islam Nonformal Dalam Membentuk Kepribadian Agamis Kepada Remaja Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin.” Skripsi: Tarbiyah dan Keguruan, 2018.
Ridwan, Ihwan. “Eksistensi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Pembangunan Pendidikan.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 1, 2017.
Safei, Agus Ahmad. “Development of Islamic Society Based on Majelis Ta’lim: A Study of the Shifting Role of the Majelis Ta’lim in West Java.” American Journal of Applied Sciences 13, no. 9 (2016): 1554–3641.
———. “The Development of Islamic Society Based on Celestial Business.” Walisongo Jurnal Penelitian Keagamaan 23, no. 1 (2016): 1–16.
Sagala, Syaiful. Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenada Media, 2018.
Suratman, Suratman. “Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz.” el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (2020): 93–106.
Syam, A.R. Syam Aldo Redho. “,“Konsep Kepemimpinan Bermutu Dalam Pendidikan Islam.” At-Ta’dib 12, no. 2 (2017): 769.
Syamsuriadi. “Self Management Concept Dalam Kepemimpinan Lembaga Pendidikan.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 871–879.
Ushansyah, Ushansyah. “Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam.” ITTIHAD 14, no. 26 (2016).
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Wijono, Sutarto. Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi. Kencana, 2018.
Coombs, Philip H. The World Crisis in Education the View from the Eighties. Britania: Oxford University Press, 1985.
Darlis, Ahmad. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” Jurnal Tarbiyah 24, no. 1 (2017).
Fahmi, Fauzi, and Wahyu Iskandar. “Tipologi Kepemimpinan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Di Madrasah.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 1 (2020): 1–10.
Fitri, Fitri. “Perilaku Organisasi Dan Kepemimpinan Sebagai Sebuah Sistem.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 484–497.
Ginda, Ginda, and Yefni Yefni. “Pemetaan Problematika Komunikasi Dalam Aktivitas Dakwah Di Majlis Taklim Kota Pekanbaru.” Sosial Budaya 13, no. 1 (2016): 45–58.
Hasibuan, Malayu S P, and H Malayu S P Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Hayati, Afita Nur. “Tata Tertib Busana Kampus: Edukasi, Etika Dan Komunikasi.” Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (2013).
Huliyah, Muhiyatul. “Pembentukan Karakter Melalui Optimalisasi Tahfizul Qur’an Di Sekolah Dasar Tahfizul Qur’an (SDTQ) Al-Azka Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.” el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (2020): 107–120.
Ifendi, Mahfud. “Pesantren Dan Kepemimpinan Kiai: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Gresik (1980-2020).” MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2020): 13–30. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index.
Indonesia, Kemendikbud Republik. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia,” 2013.
Indonesia, Kementerian Agama Republik. “Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan,” 2007.
Indra, Hasbi. Standarisasi Nasional Mutu Pendidikan Al-Qur’an. Jakarta, 2012.
Ishak Abdulhak, Ugi Suprayogi. Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Juwita, Dewi Ratna. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pembelajaran Metode Brcerita Di Lembaga Pendidikan Nonformal ‘Huma Baca Itah’ Desa Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah.” Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (2018): 92–108.
Karmila, Karmila. “Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Berbasis Pesantren Di SMP Al-Hikmah Karangmojo.” In Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 1, 2020.
Mashud, Imam. “Model Pengembangan Manajemen Institusi Pendidikan Islam.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 14, no. 02 (2018).
Mubarok, Ramdanil. “Manajemen Pembelajaran Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Darus Sakinah Sangatta Utara.” Al-Rabwah XIV, no. 2 (2020): 173–188. http://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/view/51.
———. “Peran Takmir Masjid Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam 18, no. 2 (2020): 233–248. https://doi.org/10.35905/alishlah.v18i2.1576.
Pangestika, Agnes Widya, and Nunung Nurwati. “Fungsi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Melaksanakan Program Pembinaan Berbasis Budi Pekerti Pada Anak Didik Pemasyarakatan.” Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 4, no. 2 (2020): 99–116.
Raco, Jozef. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo, 2018.
Rahilla, Erfina. “Peran Lembaga Pendidikan Islam Nonformal Dalam Membentuk Kepribadian Agamis Kepada Remaja Desa Tatakan Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin.” Skripsi: Tarbiyah dan Keguruan, 2018.
Ridwan, Ihwan. “Eksistensi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Pembangunan Pendidikan.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 1, 2017.
Safei, Agus Ahmad. “Development of Islamic Society Based on Majelis Ta’lim: A Study of the Shifting Role of the Majelis Ta’lim in West Java.” American Journal of Applied Sciences 13, no. 9 (2016): 1554–3641.
———. “The Development of Islamic Society Based on Celestial Business.” Walisongo Jurnal Penelitian Keagamaan 23, no. 1 (2016): 1–16.
Sagala, Syaiful. Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenada Media, 2018.
Suratman, Suratman. “Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz.” el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (2020): 93–106.
Syam, A.R. Syam Aldo Redho. “,“Konsep Kepemimpinan Bermutu Dalam Pendidikan Islam.” At-Ta’dib 12, no. 2 (2017): 769.
Syamsuriadi. “Self Management Concept Dalam Kepemimpinan Lembaga Pendidikan.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 871–879.
Ushansyah, Ushansyah. “Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam.” ITTIHAD 14, no. 26 (2016).
Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Wijono, Sutarto. Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi. Kencana, 2018.
Published
2022-12-31
How to Cite
Mubarok, R. (2022). KEPEMIMPINAN DAN OPTIMALISASI FUNGSI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL. El Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 5(1), 79-90. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v5i01.3594
Section
Articles