Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS MAN 1 Padang Lawas yang dapat mendukung pembelajaran sehingga membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemampuan peningkatan pemecahan masalah siswa dalam pemebelajaran ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padang Lawas. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekonomi berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai modul pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS. Produk yang dikembangkan, berdasarkan penilaian dari aspek materi, desain pembelajaran dan aspek modul pembelajaran yang dilakukan oleh ahli dan juga respon ataupun tanggapan dari siswa diperoleh persentase rata-rata 89% masuk dalam kategori “sangat layak” dan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan modul yang dikembangkan mengalami peningkatan.
Kata kunci: Modul, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa