TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Di era revolusi industri 4.0, perkembangan zaman pesat ditandai dengan kemajuan teknologi. Hal tersebut juga sampai kepada dunia pendidikan bahkan dalam pendidikan agama Islam. Dalam pengadaptasiannya tentu dibutuhkan metode yang tepat serta dukungan dari media pembelajaran yang memadai agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan efektif. Sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran media dalam pembelajaran PAI, media yang dapat digunakan dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang di saat ini. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif berjenis library research (studi literatur). Penelitian kepustakaan ini dengan teknik analisis data dekriptif analisis dengan pengumpulan data dari jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa media memiliki pengaruh dalam pelaksanaan pembalajaran, serta penggunaan teknologi yang tepat akan membuat suatu media menjadi lebih efesien untuk mendukung proses pembelajaran yang cakupannya menjadi lebih luas.
References
Choli, Ifham. “Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2020): 20–40. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891.
Dimas Indianto. “Pendidikan Agama Islam Dalam Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP 8, no. 2 (2019): 106–7.
Fonna, Nurdianita. Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Medan: Guepedia, 2019.
Hamid, Mustofa Abi, Rahmi Ramadhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif Jamaludin, and Janner Simarmata. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Heinich, R; Molenda, M; Russel, J D; Smaldino, S E. “Instructional Media and Technologies for Learning.” United State of Amarica : Pearson Education, Inc, 2002.
Ifadah, Luluk, and Sigit Tri Utomo. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Al-Ghazali 2, no. 2 (2019): 51–62.
Joenaidy, Abdul Muis. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 2019.
Majid, Dhea Abdul. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Berbasis Blended Learning.” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 178–97. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4209.
Nafa, Yordan, Moh Sutomo, and Moh Sahlan. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Media Massive Open Online Course (MOOC).” Journal of Islamic Education Research 2, no. 2 (2021): 133–46. https://doi.org/10.35719/jier.v2i2.173.
Pakpahan, Andrew Fernando, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Arin Tentrem Mawati, Elmor Benedict Wagiu, Janner Simarmata, Muhammad Zulfikar Mansyur, La Ili Bonaraja Purba, Dina Chamidah, Fergie Joanda Kaunang Jamaludin, and Akbar Iskandar. Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Pradika, Prana Wahyu Tri Adji. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Islam.” Dirosah Islamiyah 4, no. 2 (2022): 174–83. https://doi.org/10.17467/jdi.v4i2.692.
Ratnawati, Siti Rohmaturrosyidah, and Wilis Werdiningsih. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI Di Era Revolusi Industri 4.0.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2020): 199. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429.
Somantri, Agus. “Implementasi Al-Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125 Sebagai Metode Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Pascasarjana Megister PAI 2, no. 1 (n.d.): 52–66.
Sugiyono, and Khojir. “Materi Alat Dan Metode Pembelajaran Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Era Digital.” El-Buhuth 4, no. 1 (2021): 125–42.
Supuwiningsih, Ni Nyoman. E-Learning Untuk Pembelajaran Abad 21 Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.