REVITALISASI KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN AL WASHLIYAH DALAM MELAHIRKAN ULAMA

  • Dedi Sahputra Napitupulu STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Zulkipli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Surianto Surianto Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan
  • Selamat Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Al Washliyah, Kurikulum, Revitalisasi, Ulama

Abstract

Ciri khas dari organisasi Islam Al Washliyah adalah lembaga pendidikannya yang berorientasi pada tradisi keulamaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis revitalisasi kurikulum lembaga pendidikan Al Washliyah dalam melahirkan ulama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Al Washliyah secara khusus telah mendirikan lembaga Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam UNIVA Medan. Kurikulum yang diterapkan adalah dengan tetap memelihara kurikulum pendidikan Al Washliyah dimasa lalu yang dominasi pelajaran agama ditambah dengan pelajaran umum sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional yang berlaku. Sedangkan metode yang digunakan adalah dengan mengkombinasikan metode  moderen dan klasik (kitab kuning dan halaqah).

References

Asari, H. (2018). Sejarah Pendidikan Islam: Membangun Relevansi Masa Lalu dengan Masa Kini dan Masa Depan. Medan: Perdana Publishing.
Asari, H. (2019). “Ulama” Training and Modernizing Al Washliyah Madrasah. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 3(2), 149–175. http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v3i2.6323
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.
Danim, S. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Hamka. (1982). Tafsir AL-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hasyim, U. (1998). Mencari Ulama Pewaris Nabi: Selayang Pandang Sejarah Para Ulama. Surabaya: Bina Ilmu.
Horikoshi, H. (1987). Kyai dan Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.
Idham. (2017). Pola Pengkaderan Ulama di Sulawesi Selatan (Studi pada Program Ma’had Aly Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang Kabupaten Wajo). Al-Ulum, 17(2), 439–458. https://doi.org/10.30603/au.v17i2.239
Isnanto, M. (2017). Gagasan dan Pemikiran Muhammadiyah Tentang Kaderisasi Ulama (Studi Kasus tentang Ulama di Muhammadiyah). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(2), 95–108. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i2.1380
Ja’far. (2015). Tradisi Intelektual Al Washliyah: Biografi Ulama Kharismatik dan Tradisi Keulamaan. Medan: Perdana Publishing.
Pambudi, S., Haliska, Nurita, I., & Juniansyah. (2020). Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2(2), 93–106. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i2.2327
Rozali, M. (2016). “Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara”. Disertasi. Medan: Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Steenbrink, K. A. (1994). Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
Thaib, H. (1993). Universitas Al Washliyah Medan Lembaga Pengkader Ulama di Sumatera Utara. Medan: Universitas Al Washliyah.
Wahid, R. A. (2011). Kualitas Pendidikan Islam di Indonesia dan Kontribusi Al Washliyah”, dalam Ja’far (Ed), Al-Jam’iyatul Washliyah: Potret Historis, Edukasi dan Filosofi. Medan: Perdana Publishing.
Zaman, M. Q. (2002). The Ulama in Contemporary Islam: Custodians of Change. USA: Princeton University Press.
Zulkifli. (2013). The Ulama in Indonesia: Between Religious Authority and Symbolic Power. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 37(1), 180–197. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v37i1.79
Published
2023-03-02
How to Cite
Napitupulu, D., Nasution, Z., Surianto, S., & Pasaribu, S. (2023). REVITALISASI KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN AL WASHLIYAH DALAM MELAHIRKAN ULAMA. El Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 5(2), 201-210. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v5i2.5761