INCLUSIVE MADRASAH: CONCEPTS, APPROACHES, AND POLICIES

  • M. Anshari Darul Hijrah Puteri Martapura
Keywords: Disability, Madrasah, Islamic Inclusive Education

Abstract

One of the stigma and prejudice on people with disabilities arise in the educational setting, madrasah as Islamic educational institutions have contributed to exclusion and marginalization of muslim student with disabilities. Referring to the source from the education Management information System (EMIS) of The Kementerian Agama  of the Republic of Indonesia in 2021 its shows the number of Madrasah in Indonesia 83,648 madrasah, there are only several of madrasah that have implemented inclusive madrasah. This paper focuses on inclusive education in the context of Islamic educational institutions in madrasah, which is related to policies, concepts, and practices. Concepts and practices that have been carried out by a number of madrasah that provide inclusive education grow and develop bottom-up from practitioners and parents who have children with disabilities, and have been carried out by a number of madrasah that provide inclusive education grow and develop top down The Kementerian Agama of the Republic of Indonesia appointed several madrasas as piloting projects for inclusive madrasah. This article attempts to review various studies regarding inclusive madrasah in Indonesia as the concepts, approaches and policies.

References

Ahmad Abtokhi. (2008). "Madrasah Sebagai Sekolah Islami Dan Pelaksana Pendidikan Inklusi." Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1.1
Amir Ma'ruf. (2009)."Model Pendidikan Inklusi Di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta." Yogyakarta: Skripsi pada Sunan Kalijaga Fakultas Tarbiyah
Hasil riset, Evaluasi Program Penyelenggraaan Pendidikan Inklusif Di Madrasah (Pilot Project 2015) yang di publish pada https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id acces on July 19, 2022
http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/data-statistik acces on July 17, 2022
https://dapo.kemdikbud.go.id/progres-slb. Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. acces on July 18, 2022
https://emis.kemenag.go.id/ Acces on Jun 13, 2022
https://www.youtube.com/watch, Podcast Kemenag Jatim Membangun Madrasah Inklusi Hebat, Channel Kemenag Jatim, Streamed live on May 23, 2022
Ibdaul Latifah. (2020) "Pendidikan Segregasi, Mainstreaming, Integrasi dan inklusi, apa bedanya?." Jurnal Pendidikan 29.2;101-108.
Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 2768 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyelengaraan pendidikan inklusif di Raudhatul Athfal
Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2016 Penetapan 22 madrasah inklusif
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 604 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Penetapan Madrasah Inklusi
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor758 Tahun 2022 Tentang Pedoman Penyelengaraan Pendidikan Inklusif Di Madrasah
Kharisul Wathoni, (2013) "Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam." Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 1.1): 99-109
Muhammad Fuad Ghufron. (2014). "Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Tuna netra di “Sekolah Inklusi” Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta”." Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Islam Kalijaga Yogyakarta
Muhammad Ghufron. Implementasi sistem pendidikan Inklusi di MTs. Terpadu Al-Raudlah Tuwiri Seduri Mojosari Mojokerto. (2009).Skripsi pada Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Sunan Ampel Surabaya,
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelengaraan Pendidikan Madrasah
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013 Tentang Penyelengaraan Pendidikan Madrasah
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Tahun 2016 tentang Pendidikan Inklusif pada lembaga pendidikaan formal dasar dan menenggah di bawah kementerian Agama
Peraturan Menteri pendidikan nasional nomor 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istemewa
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Biasa
Rohmadi, Syamsul Huda. "Kurikulum Berbasis Inklusi di Madrasah: Landasan Teori dan Desain Pembelajaran Prespektif Islam." (2012): 55-76.
Sk Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2016 tentang penetapan 22 Madrasah Inklusif
Sk Dirjen Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2016 tentang penetapan 22 Madrasah Inklusif
SK Mendikbud Nomor 002/U/1986 tentang pendidikan terpadu bagi anak berkebutuhan Khusus
Srinugraheni, et.al. "Pengembangan Buku Pedoman Manajemen Mutu Pengelolaan Pendidikan Islam Inklusi di Madrasah Se-DIY." Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 2.1(2016): 43-58.
Sulthon. (2013) "Mengenal Pendidikan Multikultural Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Model Inklusi Dalam Pendidikan Islam." Addin 7.1: 195-222
Sulthon. (2018)"Model Pelayanan Pendidikan Inklusi Di Madrasah: Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaul Falah Dawe-Kudus." Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam 10.2: 151-172.
Rahmah, Tities Hijratur. (2017) "Pengaruh Kompetensi Guru Abk Pada Indikator Penilaian Di Sekolah Inklusi Madrasah Ibtidaiyah Ar-Roihan Lawang." Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya 23.2): 53-56. Fitrianah, Nur. "Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi Melalui Model Pull Out di MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati." Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (2018).
Sumarni, (2019). "Pengelolaan Pendidikan Inklusif di Madrasah." Edukasi 17.2 :158-171.
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No. 380/C.C6/MN/2003 Tanggal 20 Januari 2003 Perihal Pendidikan Inklusif
Surat edaran Dirjen Dikdasmen Nomor 6718/C/1/1989 tentang perluasan Kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah umum
Umi Muzayanah. (2016). Penamas 29.2 121-226.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1954 Tentang Pernyataan Berlakunya Undang-Undang Nr 4 Tahun 1950 Dari Republik Indonesia Dahulu Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Dan Pengajaran Di Sekolah Untuk Seluruh Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yuyun Rahmahdhani Khusniyah. 5 (2015). "Evaluasi Program Pembelajaran Matematika Siswa Tunanetra Kelas 2 Di Sekolah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri (Man) Maguwoharjo Sleman Yogyakarta." Widia Ortodidaktika 4.
Published
2023-03-06
How to Cite
Anshari, M. (2023). INCLUSIVE MADRASAH: CONCEPTS, APPROACHES, AND POLICIES. El Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 5(2), 269-283. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v5i2.5986