OPTIMALISASI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM

  • Tarman Tarman Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Setiyati Setiyati SMP Negeri 1 Teluk Pandan
  • Metta Metta Universitas Mulawarman
  • Warman Warman Universitas Mulawarman
Keywords: Efektivitas pembelajaran, manajemen pendidikan, pengelolaan sarana dan prasarana

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana yang baik dan efisien sangat penting untuk mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Masalah yang ada harus diselesaikan dengan cara yang tepat agar sarana dan prasarana dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Studi ini akan memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam bidang manajemen pendidikan dan menawarkan solusi yang dapat diterapkan oleh sekolah-sekolah dasar di Indonesia untuk mengatasi masalah yang ada dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka. Sumber data primer dapat berupa buku-buku teks, jurnal ilmiah, disertasi, tesis, skripsi, laporan penelitian, dan sumber-sumber tertulis lainnya yang membahas secara langsung topik penelitian. Sementara itu, sumber data sekunder dapat berupa buku-buku penunjang, artikel di media massa, website, dan sumber-sumber lain yang tidak secara langsung membahas topik penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan, membaca, dan menganalisis berbagai sumber tertulis yang relevan dengan topik penelitian. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana yang efektif dan efisien merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Optimalisasi pengelolaan sarana dan prasarana memerlukan strategi yang komprehensif dan bekerja sama untuk mengatasi berbagai hambatan dan memaksimalkan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran.

References

Arianto, et al. (2019). Perencanaan Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 45-56.
Aswin Bancin, W. L. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus SMA Negeri 2 Lupuk Pakam). Jurnal Educandu, 10(1).
bpakhm. (n.d.). 4 Tahapan Proses Perencanaan. Retrieved from http://bpakhm.unp.ac.id/4-tahapan-proses-perencanaan/
Depdiknas. (2008). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Huda, M. N. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.
Jurnal Faktarbiyah. (n.d.). Optimalisasi Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Banjaran 4 Kota Kediri.
Jurnal Stkippgribl. (n.d.). Optimalisasi Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan.
Jurnal Unipdu. (n.d.). Efektivitas Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di SMA Laboratorium.
Jurnal Unismuhpalu. (n.d.). Optimalisasi Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Totikum dalam Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam.
Karimah Tauhid. (2021). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Karimah Tauhid, 1(2), 219–225.
Kasan, T. (2000). Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 22 Tahun 2023 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Laili, L. N. (2020). Administrasi Sarana Prasarana Pendidikan di Sekolah Unggul (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Al-Munawwarah Pamekasan) [Skripsi, IAIN Madura].
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nastiti, T., & Abdu, A. (2020). Pendidikan di Indonesia dalam menyongsong Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 62–69.
Neliti. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Belitung Selatan 1 Banjarmasin.
Nurmalina, & Nelliraharti. (2020). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan di SMA Negeri. Journal of Education Science (JES), 6(1), 24-30.
Nurul Azzahra. (2022). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan di Sekolah Terpencil. Kumparan.
Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.
Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Penerbit DeepPublish. (n.d.). Studi Literatur: Pengertian, Ciri, Teknik Pengumpulan Datanya.
Samanhudi. (2021). Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Islami di Lembaga Pendidikan. Rayah Al-Islam, 5(2), 291-292.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Danial, E., & Warsiah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
Suhelayanti, et al. (2020). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.
Sumbarprov. (2015). Pedoman Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan.
Suryobroto, A. S. (2004). Pengadaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Jakarta: PT. Gramedia.
Undiksha. (2018). Analisis Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar di Kota Tarakan.
Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2017). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 317–329.
Published
2024-06-30
How to Cite
Tarman, T., Setiyati, S., Metta, M., & Warman, W. (2024). OPTIMALISASI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 6(2), 509-526. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v6i2.8816