Islam dalam Pusaran Modernitas: Menelusuri Pola Pendidikan Islam Berbasis Komunitas Pada Perkotaan di Indonesia
Abstract
Hiruk pikuk modernitas di perkotaan menghadapkan umat Islam dengan tantangan pergeseran nilai dan krisis identitas. Pendidikan Islam di perkotaan perlu menyesuaikan diri untuk menjawab tantangan tersebut. Pendidikan Islam berbasis komunitas hadir sebagai alternatif menanamkan nilai pendidikan Islam dengan lebih fleksibel dan inovatif. Dengan metode kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data menggunakan studi pustaka, kemudian dianalisis dengan metode analisis tematik. Tujuannya untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan pola pendidikan Islam berbasis komunitas yang berkembang dalam konteks modernitas di lingkungan perkotaan. Hasil penelitian menunjukkan komunitas Muslim yang belakangan dikenal sebagai ‘pemuda hijrah’ telah menjadi miliu belajar agama yang adaptif, inovatif, serta menjadi jawaban akan hausnya masyarakat urban terhadap ilmu agama. Masyarakat perkotaan cenderung lebih tertarik dengan fleksibilitas dalam pendidikan, mengingat mobilitas yang tinggi dan keterbatasan waktu. Hal ini mendorong permintaan akan model pendidikan yang dapat diakses secara online ataupun berbasis komunitas, dengan pendekatan yang lebih santai dan berfokus pada pembelajaran sepanjang hayat. Komunitas seperti ‘Shift Bandung’ dan ‘Terang Jakarta’ menjadi contoh bagaimana pendidikan Islam dikemas secara menarik dalam bingkai komunitas. Pada Shift Bandung misalnya, Nilai pendidikan islam disampaikan melalui komunikasi persuasif dengan pendekatan kultural budaya populer, sedangkan Terang Jakarta memanfaatkan ruang publik seperti kafe atau tempat tongkrongan anak muda sebagai lokasi untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman, sembari mengenal Islam secara lebih mendalam. Pembelajaran yang dilakukan pun dikemas dengan cara yang santai dan membahas isu-isu ringan. Diharapkan dengan hasil temuan dari penelitian ini dapat menambah wawasan aktual agar menjadi bekal dalam mengembangkan model pendidikan Islam di perkotaan.
References
Aminudin, Aminudin. "Dakwah Dan Problematikanya Dalam Masyarakat Modern." Al-MUNZIR 8, no. 1 (2018): 15-29. https://dx.doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i1.761.
Azizah, Yunita Noor, and Anggie Nadia Dinihari. "Purpose and Concept of Character Education in Islamic Perspective: A Comparative Study of Imam Zarkasyi and Ahmad Dahlan Thoughts." El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies (2020): 143-55. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i2.2636.
Baihaqi, Nurun Nisaa. "Masuklah Dalam Islam Secara Kāffah: Analisis Tafsir Q 2: 208 Dalam Ceramah Ustadz Adi Hidayat Di Youtube." Contemporary Quran 1, no. 1 (2021). https://dx.doi.org/https://doi.org/10.14421/cq.2021.0101-01.
Basri, Muhammad Ridha. "Gejala Hijrah Di Indonesia: Transformasi Dari Islamisme Fundamentalis Menuju Islamisme Populer." MAARIF 17, no. 2 (2023): 31-51. https://dx.doi.org/10.47651/mrf.v17i2.193.
Bolotio, Rivai, Hadirman Hadirman, and Musafar Musafar. "Prolematika Pengelolaan Pendidikan Islam Non-Formal Pada Komunitas Muslim." Jurnal Ilmiah Iqra' 15, no. 1 (2021): 32-47. https://dx.doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v15i1.1072.
Darmalaksana, Wahyudin. "Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan." Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020).
Endiana, Yeni, Yuni Setya Ningsih, Ni'matul Fauziyah, and Muhammad Adib Nuruzzaman. "Eksistensi Muslimah Sebagai Pillars of Positive-Digital Change Melalui Ibrah Sayyidah Fatimah Azzahra." El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies (2024): 331-44. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v7i2.8293.
Fajriani, Suci Wahyu, and Yogi Suprayogi Sugandi. "Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas." Sosioglobal: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi 3, no. 2 (2019): 76-88.
Haryadi, Didid, and Aris Munandar. "Tafsir Kesalehan Sosial Bagi Anggota Komunitas Hijrah Terang Jakarta Dan Shift Bandung." Jurnal Sosiologi Reflektif 15, no. 2 (2021): 272-97. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.14421/jsr.v15i2.1992.
Karim, Ajerin, and Yohanes Bahari. "Model Pendidikan Berbasis Komunitas." Tumoutou Social Science Journal 1, no. 2 (2024): 92-99. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.61476/xfvwr731.
Munajah, Neneng. "Agama Dan Tantangan Modernitas." Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2021): 83-92. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i1.1433.
Munir, Miftakhul. "Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas." Jurnal Al-Makrifat Vol 5, no. 1 (2020).
Nawawi, Ahmad Nawawi Ahmad, Farhad Muhammad Farhad Muhammad, and Kusaeri Kusaeri. "Rekonstruksi Andragogi Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Transformatif Mezirow." Muslim Heritage 9, no. 1 (2024): 19-43. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v9i1.7994.
Nuruzzaman, Muhammad Adib, Yeni Endiana, and Ni'matul Fauziyah. "Living Hadits Dalam Ruang Digital: Fenomena Gerakan'julid Fi Sabilillah'melalui Media Sosial (Kajian Hadits Riwayat Muslim Dan Abu Dawud)." NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan 11, no. 2 (2024): 211-30. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.51311/nuris.v11i2.629.
RAHMAN, IBADUR. "Asionalitas Remaja Di Surabaya Mengikuti Organisasi Pemuda Hijrah Surabaya “Kahf”." Paradigma 10, no. 1 (2021).
Rofhani, Rofhani. "Pola Religiositas Muslim Kelas Menengah Di Perkotaan." Religió Jurnal Studi Agama-agama 3, no. 1 (2013).
Salim, Arhanuddin, Muzaiyanah Muzaiyanah, Nova Effenty Muhammad, Syahbudi Rahim, and Saparudin Saparudin. Mozaik Kajian Islam Di Indonesia: PT. Pustaka Alvabet, 2018.
Sari, Renda Ratna, Deni Febrini, and Ahmad Walid. "Tantangan Guru Pai Dalam Menghadapi Era Perubahan Globalisasi Teknologi Industri 4.0 Di Sma Negeri 01 Bengkulu Tengah." GHAITSA: Islamic Education Journal 2, no. 1 (2021): 26-34. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.170.
Setia, Paelani, and Rika Dilawati. "Tren Baru Islam Melalui Gerakan Hijrah: Studi Kasus Shift Pemuda Hijrah." Khazanah Theologia 3, no. 3 (2021): 131-46. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.15575/kt.v3i3.12708.
Sujarwo, Sujarwo, Tristanti Tristanti, and Fitta Ummaya Santi. "Pengembangan Model Pemberdayaan Perempuan Desa Wisata Melalui Pendidikan Berbasis Komunitas." Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10, no. 1 (2017): 75-85. https://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16798.
Surachman, Anista Ika. "Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Komunitas Masyarakat Melalui Perempuan Fatayat Nu Di Era Globalisasi." Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2019). https://dx.doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i2.1171.
Syakhrani, Abdul Wahab, and Muhammad Nafis. "Islam Sebagai Agama Dan Islam Sebagai Budaya Dalam Masyarakat Banjar." MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 2, no. 3 (2022): 270-74.
tri Yulianti, Reva. "Gerakan Sosial Keagamaan Majelis Annur Bandar Lampung Dalam Mewujudkan Kesadaran Beragama Remaja." Socio Religia 2, no. 2 (2022).
Umam, Khaerul, and Mubaidi Sulaeman. Isu-Isu Islam Kontemporer: Refleksi Kritis Kondisi Muslim Di Indonesia. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022.
Umar, Mardan, Mona Fatnia Mamonto, and Ismail Usman. "Pendidikan Nilai-Nilai Islam Pada Remaja Perkotaan." Journal Civics and Social Studies 4, no. 1 (2020): 50-59. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.31980/journalcss.v4i1.251.
Wijayanti, Ratna. "Jilbab Sebagai Etika Busana Muslimah Dalam Perspektif Al-Qur’an." Cakrawala: Jurnal Studi Islam 12, no. 2 (2017): 151-70. https://dx.doi.org/https://doi.org/10.31603/cakrawala.v12i2.1842.