Kurikulum Holistik-Integratif: Analisis Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Berpola Kurikulum Merdeka
Abstract
Konsep kurikulum holistik-integratif yang menekankan pengembangan keseluruhan siswa dan mengintegrasikan berbagai aspek kehidupan, termasuk kognitif, fisik, emosional, sosial, dan spiritual. Menganalisis kurikulum al-Islam, yang didasarkan pada ajaran Islam dan bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang Islam secara holistik. Pentingnya menjaga keseimbangan antara pembelajaran akademik dan agama serta mengintegrasikan teknologi modern dalam kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, menganalisis berbagai sumber secara kritis untuk mendukung proposal dan ide. Pendekatan dalam desain kurikulum dalam pendidikan, termasuk pendekatan holistik dan integratif, serta yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan gerakan Kemuhammadiyahan. Kurikulum Merdeka menekankan otonomi siswa dan personalisasi, sedangkan Kurikulum Al-Islam mengintegrasikan nilai dan prinsip Islam ke dalam mata pelajaran akademik. Kurikulum Kemuhammadiyahan berfokus pada pendidikan Islam, pengembangan karakter, mata pelajaran akademik, keterampilan praktis, kewirausahaan, dan pendidikan sosial. Pendekatan-pendekatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan personal bagi siswa. Aspek kurikulum holistik dan integratif dalam pendidikan Islam, termasuk implementasinya di sekolah, penggunaan permainan tradisional dan budaya lokal, dan integrasi pendidikan Islam dan lingkungan. Peran pendidikan karakter dan emosi positif dalam pendidikan holistik, serta pentingnya pandangan positif terhadap kurikulum.
References
Amalia, Nur, Tati Suprapti, and Gifthera Dwilestari. “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Pelaksanaan Kurikulum MBKM.” Jurnal Teknik Elektro Dan Informatika 18, no. 1 (2023): 57–64.
Antara, Putu Aditya. “The Implementation Of Early Childhood Character Education.” Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas 14, no. 1 (2019): 17–26.
Aprida, Siti Nurul, and Suyadi Suyadi. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022): 2462–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959.
Awhinarto, and Suyadi. “Otak Karakter Dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains.” Jurnal Pendidikan Karakter 11, no. 1 (2020): 143–56.
Bastian, Evan. “Implementasi Kurikulum Ismuba Pada Materi Pembelajaran Al- Islam Dan Kemuhammadiyahan Di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 8, no. 1 (2022): 62–65.
Cholid Abdurrohman, Muhammad. “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam.” Rayah Al-Islam 6, no. 01 (2022): 11–28. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524.
Elyana, Luluk. “Kurikulum Holistik Integratif Anak Usia Dini Dalam Implementasi Self Regulated Learning.” Prosiding HIPKIN Jateng 1, no. 1 (2017).
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fathurohman, Oman. “Kontribusi Pendidikan Karakter dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Eduprof : Islamic Education Journal 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3.
Handayani, Astuti Budi, and Suyadi. “Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina Dalam Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 222–40. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2034.
Ihsan Dacholfany, Muhammad, and Iswati. “Implementasi Kurikulum Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) Dalam Membangun Karakter Mahasiswa.” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO 6, no. 1 (2021): 74–87.
Imeldawati, Tiur, Yefta Nainggolan, and Warseto Freddy Sihombing. “Keunggulan Kurikulum Holistik Integratif Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di PPA Cluster Medan – Pancur Batu.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 122–33. https://doi.org/10.34307/peada.v2i2.47.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 3011–24. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.
Kholik, Abdul, Hasan Bisri, Zahra Khusnul Lathifah, and Berliana Kartakusuma. “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen Dan Mahasiswau” 6, no. 1 (2022): 738–48.
Kurniawan, Benny. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Holistik Telaah Pemikiran Ikhwan As-Shafa.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 7, no. 2 (2020): 1–15. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v7i2.325.
Maman, Maman, Izzuddin Musthafa, and Hendar Priatna. “Pemikiran Ali Ahmad Madkur Tentang Pandangan Posistif (Al-Ijabiyah) Kurikulum Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 9 (2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.849.
Muamanah, Hidayatul. “Implementasi Kurikulum Holistik-Integratif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SDIT LHI.” Journal of Islamic Education (JIE) V, no. 1 (2020): 1–19.
Pramudyani, Avanti Vera Risti, M. Ragil Kurniawan, Harun Rasyid, and Sujarwo. “Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10, no. 2 (2017): 86–96.
Pramudyani, Avanti Vera Risty. “Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada Paud Di Yogyakarta Integrative Holistic Curriculum Based On Traditional Games At Kindergarten In Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 10, no. 2 (2018). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17910.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Rahayu Subakat. “Perencanaan Pembelajaran Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Program Semai Benih Bangsa.” Jurnal As-Salam 6, no. 1 (2022): 36–48.
Rekan, Abd Aziz, Tengku Sarina Aini Tengku Kasim, and Yusmini Md Yusoff. “Pengintegrasian Pendidikan Islam Dengan Pendidikan Alam Sekitar Di Sekolah: Analisis Terhadap Adaptasi Pendekatan Integrasi Kurikulum Holistik.” Journal of Usuluddin 44, no. 1 (2016): 117–40. https://doi.org/10.22452/usuluddin.vol44no1.5.
Rizkiyah, Tahtimatur. “Implementasi Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Hikmatuna : Journal for Integrative Islamic Studies 3, no. 1 (2017).
Umayah, Siti, and Suyadi Suyadi. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Nusantara Dan Internasional Di PAUD Fastrack Funschool Yogyakarta.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 2, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.505.
Widyastono, Herry. “Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 18, no. 4 (2012). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102.
Wulandari, Apri, and Suyadi Suyadi. “Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains.” Tadrib 5, no. 1 (2019): 51–67. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3016.
Copyright (c) 2023 FENOMENA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.