FENOMENA https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena <div id="journalDescription"> <p><strong>FENOMENA: Jurnal Penelitian</strong> is (<em>p</em>-ISSN: 2460-3902 <em>e</em>-ISSN: 2615-4900) an Islamic Studies Journal published by the Center for Research and Community Services of Islamic University of Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed journal of Islamic Studies, including Islamic Education and Islamic Law. The<strong>&nbsp;</strong>journal is published twice a year in June and December. Fenomena Jurnal Penelitian is indexed by several national and international indexers such as the Directory of Open Access Journals (DOAJ), Google Scholar, Indonesian Publication Index (IPI), Science &amp; Technology Index (SINTA), MORAREF, etc. Fenomena Jurnal Penelitian is a Member of Crossref.org; all published articles in this journal will have a unique DOI number.</p> </div> en-US jurnal.fenomena@gmail.com (Muhammad Iwan Abdi, M.Si) yurifeo@gmail.com (Sayuri, M.Pd) Fri, 30 Aug 2024 23:55:24 +0800 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektivitas Model Pembelajaran Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9105 <p><em>Penggunaan model pembelajaran oleh sebagian guru masih belum tepat dan inovatif sehingga masih terdapat siswa yang bersifat pasif ketika pembelajaran berlangsung, hal ini mengakibatkan siswa yang pasif tidak berusaha untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru jika ini terus berlanjut maka akan berdampak negatif pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dari perolehan hasil belajar beberapa siswa yang masih belum mencapai batas nilai minimum sekolah yaitu 75. Jenis penelitian ini kuantitatif pre-eksperimental dengan pendekatan one grup pre-test post-test design. Tempat penelitian yaitu MTs Darussalam Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan paired sample test bahwa didapatkan nilai Asymp.sig sebesar 0,000 &lt; sig α (0,05). Artinya, terdapat efektivitas model pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Adapun, efektivitas yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebesar 71,14% yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan dari hasil analisis pre-test (61) dan post-test (88) penggunaan model pembelajaran market place activity terdapat perbedaan yang signifikan yang dimana nilai post-test hasil belajar pada siswa lebih tinggi dari pada nilai pre-test. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang tinggi dari model pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Darussalam Samarinda.</em></p> Areta Nur Fajriyah, Ity Rukiyah, Habib Anwar Al Anshori, Muhammad Rezza Nur Rahman, Ika Ayulanda ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9105 Mon, 03 Jun 2024 00:00:00 +0800 Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9106 <p><em>Rendahnya hasil belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 36 Samarinda dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih banyak belum mencapai nilai KKM dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) I. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media video pembelajaran efektif atau tidak terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, serta daya pembeda yang diuji dengan bantuan aplikasi IBM SPSS version 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam menggunakan media video pembelajaran lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam tanpa menggunakan media video pembelajaran. Hasil posttest uji independent sample t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 maka bisa dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 36 Samarinda.</em></p> Sapri Yanti, Ika Ayulanda, Muhammad Rezza Nur Rahman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9106 Fri, 07 Jun 2024 00:00:00 +0800 Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9107 <p><em>Pembelajaran Fiqih yang terlalu monoton dan hanya bertumpu pada pembelajaran konvensional membuat para siswa menjadi bosan. Quizizz menjadi salah satu aplikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII MTs Negeri Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan pendekatan kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Purposive Sampling dan diambil 64 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, hasil tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan metode uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji Mann Whitney, diperoleh nilai Asymp. Sig. 0,000 &lt; signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Besaran pengaruh yang dihasilkan dapat dilihat pada uji Mann Whitney Signed Ranks didapatkan bahwa terjadi pengaruh ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 46,53 dan peningkatan hasil sebesar 1489,00. Skor uji N-Gain yang didapatkan sebesar 90,9%, berarti terdapat efektivitas yang tinggi setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Quizizz.</em></p> Muhammad Husaini, Husni Idris, Muhamad Agil, Muhammad Rezza Nur Rahman, Ika Ayulanda ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9107 Tue, 11 Jun 2024 00:00:00 +0800 Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9108 <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran nilai-nilai pendidikan Islam dalam membangun generasi yang berakhlak mulia. Nilai-nilai pendidikan Islam bisa didapatkan dari sumber belajar mana saja, salah satunya yaitu buku dalam bentuk komik. Terdapat komik yang ditulis oleh Tim Liqomik yang berkecimpung dalam dakwah melalui karya sastra. Tim Liqomik menulis komik yang berjudul Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad yang merangkum cerita-cerita yang bersumber dari dakwah Ustadz Abdul Somad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik dengan mengacu pada nilai-nilai pendidikan Islam yakni, nilai akidah, nilai syari’ah/ibadah, dan nilai akhlak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu buku komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis, dan teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik ketekunan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai akidah, nilai syari’ah/ibadah dan nilai akhlak secara keseluruhan terdapat dalam buku komik Liqomik Kumpulan Hikmah Ustadz Abdul Somad Karya Tim Liqomik. Terdapat 27 naskah dialog yang diklasifikasikan, dan ditemukan 16 naskah dialog yang mengandung nilai akhlak, 4 naskah dialog yang mengandung nilai syari’ah, dan 7 naskah dialog yang mengandung nilai akidah.</em></p> Ika Ayulanda, Muhammad Said Husin, Abdul Basith, Muhammad Rezza Nur Rahman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9108 Mon, 17 Jun 2024 00:00:00 +0800 Analisis Implementasi Kebijakan dan Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam di SDN 013 Palaran https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9109 <p><em>Kebijakan pendidikan Islam yang diimplementasikan tentu merupakan hal yang kompleks, sehingga pelaksanaannya harus terus dipantau dan dievaluasi agar berjalan lancar. Adanya faktor-faktor komunikasi, sumber daya manusia, disposisi, dan struktur di dalam sekolah dapat menyebabkan implementasi kebijakan pendidikan Islam tidak berjalan lancar, termasuk di lingkungan SDN 013 Palaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan pendidikan Islam dan strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 Palaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dihasilkan dari data wawancara, kemudian dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan pendidikan Islam di SDN 013 diimplementasikan melalui pembelajaran PAI BP berdasarkan kurikulum merdeka, yang didukung dengan program-program lainnya di luar pembelajaran. Strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di SDN 013 akan melibatkan seluruh civitas academica beserta orang tua siswa untuk memaksimalkan kebijakan pendidikan Islam di sekolah.</em></p> Muhammad Rezza Nur Rahman, Ahmad Ridani, Ika Ayulanda ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9109 Fri, 21 Jun 2024 00:00:00 +0800 Implementasi Kebijakan Pendidikan Islam Multikultural di SMPN 38 Samarinda https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9110 <p><em>Keberagaman di Indonesia rentan menimbulkan permusuhan, fanatisme radikal dan ekstrem, serta perpecahan dan konflik, sehingga diperlukan pemahaman keberagaman agama, budaya, dan ras, yang diajarkan dalam pendidikan keagamaan berbasis multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda, problematika dalam implementasi tersebut, serta strategi untuk menguatkan kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda. Penelitian lapangan dilakukan dengan mencari data hasil wawancara dan observasi oleh peneliti yang kemudian dipahami secara deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldaña dengan tahapan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda terlihat dari misi dan tujuan sekolah, adanya ruang keagamaan yang dapat digunakan oleh setiap pemeluk agama, serta dilaksanakannya pembelajaran agama dari pendidik yang seagama. Problematika dalam kebijakan tersebut umumnya terkait sumber daya manusia, tidak adanya aturan tertulis, dan finansial lembaga. Strategi dalam menguatkan kebijakan pendidikan Islam multikultural di SMPN 38 Samarinda dengan memaksimalkan potensi Rohis, seleksi non akademik bagi peserta didik, dan perayaan hari besar keagamaan.</em></p> Muhammad Rezza Nur Rahman, Ika Ayulanda, Ahmad Ridani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/9110 Tue, 25 Jun 2024 00:00:00 +0800