PESAN-PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE FUAD FANSURI

  • Muhamad Rizky Saputera UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ida Suryani Wijaya UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Andi Muhammad Abdi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Afwan Ramjani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Syahrial Syahrial UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia
Keywords: Pesan-Pesan Dakwah, Channel YouTube, Persoalan dan Perdebatan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pesan-pesan dakwah pada channel YouTube Fuad Fansuri. Kebanyakan para pendakwah saat ini tidak memanfaatkan media sosial dengan baik dikarenakan kurangnya informasi dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu para pendakwah bisa lebih inovatif ketika berdakwah dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya dengan media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu metode yang menggambarkan peristiwa sesuai dengan keadaan sebenarnya (Field Research). Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa pesan dakwah yang disampaikan oleh Fuad Fansuri dalam channel YouTube mengandung tiga kategori pesan dakwah yaitu pesan dakwah akidah berisi tentang keimanan kepada Allah, bertawasul kepada Rasullulah dan ketetapan Allah. Selanjutnya pesan dakwah akhlak berisi tentang adab berdebat, menghormati perempuan, dan menahan diri. Terakhir pesan dakwah syariah yang berisi tentang aturan tidak diperbolehkan thawaf di kuburan.

 

 

References

Nawawi, Strategi Dakwah Studi Pemecahan Masalah, Komunika, Vol. 2, No. 2, 2008.

Mohammad Hasan, M. Ag, Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah, Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Murniaty Sirajuddin, Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet, Vol. 1, No. 1, Desember 2014.

Mustofa Hilmi, Humor Dalam Pesan Dakwah, Vol. 38, No. 1, Januari–Juni 2018.

Arifin Zain, Maimun, Maimun Fuadi, Indentifikasi Ayat-Ayat Dakwah Dalam Al-Qur’an, Vol. 1, No. 2, Juli–Desember 2017.

Ridwan Hasan, Kontribusi dan Strategi Metode Dakwah di Era Globalisasi, Vol. 1, No. 2, 2018.

Nurlina, Berdakwah di Media Sosial Sebagai Sarana Penyebar Dakwah di Era Digital, Pare-Pare, 2014.

Eriyanto, Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana, 2011.

Restu Kartiko Widi, Asas Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Umar Sulaiman Abdullah Al-Asyqar, Pengantar Studi Akidah Islam, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2018.

Syaikh Imam Al-Hafiz, Imaduddin Abul Fida Ismail Ibnul Khatib, Tafsir Ibnu Katsir & Jalalain Samudera Al-Fatihah; Al-Ikhlas, Al-Falaq, & An-Naas, Jakarta: Shahih, 2015.

Fuad bin Abdul Aziz Asy-Syalhub, Kumpulan Kultum Setahun, Jakarta: Kunuz Isybiliya, 2006.

Maimun dan Mohammad Kosim, Moderasi Islam di Indonesia, Yogyakarta: LKiS, 2019.

Muhammad Bin Shalih Al-‘Utsaimin, Syarah Adab & Manfaat Menuntut Ilmu, Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I, 2005.

Abdul Qadir Manshur, Fikih Wanita, Jakarta: NusantaraLestari, 2012.

Haris Priyatna, 2 Syarat Utama Bahagia Dunia Akhirat: Mengamalkan Sabar dan Syukur Sepanjang Hayat, Jakarta: Sukiny Dawud, 2016.

Wahyudi Ibnu Yusuf, Fiqih Umrah Menurut Madzhab Imam Syafi’I, Bogor: Al Azhar Fresh Zone Publishimg, 2019.

Published
2023-11-06
How to Cite
Saputera, M., Wijaya, I., Abdi, A., Ramjani, A., & Syahrial, S. (2023). PESAN-PESAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE FUAD FANSURI. Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah Dan Filantropi Islam, 1(2), 17-28. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/7392