PENGARUH KEGIATAN MAJELIS TA'LIM AL-MUHIBBIN TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT DESA JANTUR KECAMATAN MUARA MUNTAI

  • Nor Misnah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Riswan Riswan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Sagirah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Hairul Afriadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis bagaiman pengaruh kegiatan majelis ta‟lim Al-Muhibbin terhadap tingkat religiusitas masyarakat desa Jantur Kecamatan Muara Muntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jamaah majelis ta‟lim AlMuhibbin desa Jantur Kecamatan Muara Muntai. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kegiatan majelis ta‟lim terhadap tingkat religiusitas masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung = 6,008. Sedang ttabel = 1,676 dengan nilai 0,000 < 0,05. Adapun kriteria Ho di tolak jika thitung > ttabel dengan α = 0,05 (5%) dengan nilai 6,008>1,676. Hal ini berarti kontribusi variabel X (Kegiatan Majelis Ta‟lim) dengan variabel Y (Tingkat Religiusitas Masyarakat) adalah 41,9% dan sisanya 58,1% disebabkan oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Abdul Jamil, dkk, Pedoman Majelis Ta‟lim (Direktorat Penerangan Agama Islam, 2012).

Ancok Djamaluddin, Psikologi Islam: Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011)

Ajak Rukajat, Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach – Ajat Rukajat – Google Book, CV. Budi Utama, 2018.

Febriana, Lety, and Amnah Qurniati, „Pendidikan Agama Islam Berbasis Religiusitas‟, El Ta‟dib: Journal of Islami Education, vol 1. no.1 (2021).

Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: Grafindo Persada, 1996), h. 95

Helmawati, Pendidikan Nasional Dan Optimalisasi Majelis Ta’lim (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), h. 78

Kosim Muhammad, Pemikiran Filsafat Islam Ibnu Khaldun: Kritis, Humanis Dan Religius (Ja: Rineka Cipta, 2012), h. 59

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya), h. 54

M Isnando Tamrin, „Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup‟, MENARA Ilmu, XII.79 (2018), h. 70

Najoan, Denny, „Memahami Hubungan Religiusitas Dan Spiritualitas Di Era Milenial‟, Educatio Christi. 2020, vol 1. no.1 (2020).

Rahmawati, Heny Kristiana, „Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro‟, Jurnal Community Development, vol 1. no.2 (2016).

Ridwan, I, and I Ulwiyah, „Sejarah Dan Kontribusi Majlis Ta’Lim Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia‟, Jurnal Pendidikan Karakter

“JAWARA” (JPKJ), vol. 6. no.1 (2020). Syafrida Hafni Sahir, Metodologi Penelitian, 2021. h.73

Syam Noer Muhammad, Filsafat Pendidikan Dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila (Surabaya: Usaha Nasional, 1991), h. 348

Sudigdo, and Sahal Abidin, „Peran Dan Kontribusi Majelis Ta'lim Terhadap Peningkatan Religiusitas Masyarakat Di Perumahan Jiwan 002/006, Ngemplak, Kartasura‟, Academia: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, vol 1. no.2 (2022).

Tamrin, M Isnando, „Pendidikan Non Formal Berbasis Masjid Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Umat Dalam Perspektif Pendidikan Seumur Hidup‟, MENARA Ilmu, XII.79 (2018).

Published
2024-01-31
How to Cite
Misnah, N., Riswan, R., Sagirah, S., & Afriadi, H. (2024). PENGARUH KEGIATAN MAJELIS TA’LIM AL-MUHIBBIN TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT DESA JANTUR KECAMATAN MUARA MUNTAI. Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah Dan Filantropi Islam, 2(1), 10-15. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/7598