KONTESTASI KONSEP HIJRAH DI MEDIA SOSIAL ( STUDI KOMPARATIF MEDIA SUNNI DAN SALAFI )

  • Ashrun Mubarak Malik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurfadillah Nurfadillah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Sagirah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sitti Syahar Inayah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Syahril Dja'fara IAIN Sultan Amai Gorontalo

Abstract

             Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan terkait semakin merambatnya fenomenal Hijrah saat ini yang memunculkan kontestasi keagamaan khususnya masyarakat perkotaan (urban) yang mana terbukannya kran informasi melalui media sosial, dimana sedikit banyak menimbulkan gejolak pemikiran antara mereka. Diskusi antara “ mana benar” dan “mana salah” dalam hal agama semakin nyaring terdengar seturut penggunaan media sosial dalam perbincangan isu tersebut. Ketegangan tidak hanya terjadi dalam relasi antaraumat beragama, tetapi juga dalam internal umat islam. Kontestasi sendiri terjadi bukan hanya dikarenakan perbedaan dalam berpendapat saja, akan tetapi kurangnya penafsiran yang tidak tepat dan tanpa adanya Tabayyun terlebih dahulu sehingga menjadi salah satu pemicu adanya kontestasi di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif- deskriptif. Penelitian ini lebih spesifik lagi menelaah antara media sunni dan salafi dengan menggunakan metode perbandingan (komparatif) dan teori CA (Conversational Argument) dimana penelitian ini akan membandingkan konsep hijrah dari media sunni dan salafi tersebut.

Published
2024-01-31
How to Cite
Malik, A., Nurfadillah, N., Sagirah, S., Inayah, S., & Dja’fara, S. (2024). KONTESTASI KONSEP HIJRAH DI MEDIA SOSIAL ( STUDI KOMPARATIF MEDIA SUNNI DAN SALAFI ). Mushawwir Jurnal Manajemen Dakwah Dan Filantropi Islam, 2(1), 24-40. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/8114