https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/issue/feedMushawwir Jurnal Manajemen Dakwah dan Filantropi Islam2024-10-04T17:57:53+08:00Ida Suryani Wijayajurnalmushawwiruinsi@gmail.comOpen Journal Systems<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Manajemen Dakwah dan Filantropi Islam (Mushawwir) merupakan jurnal dalam bidang Manajemen Dakwah dan Filantropi Islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Ushuluddin, Adab, dan Dakwah serta telah bekerja sama dengan Perkumpulan Ahli Manajemen Dakwah Indonesia (PAMDI). Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Focus and Scope: </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">1) Strategi Dakwah. </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">2) Dakwah Multikultural. </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">3) Filantropi Islam. </span></span>4) Manajemen Dakwah. 5) Manajemen ZISWAF. 6) Manajemen Wisata Religi. 7) Manajemen Parawisata Islam.</p>https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/6963STRATEGI DAKWAH USTADZ DAS’AD LATIF DI MEDIA SOSIAL2024-06-06T09:09:38+08:00Anugrah Anugrahanugrahaan794@gmail.comFatwa Fahrezafatwafahreza62@gmail.com<p>Artikel ini membahas seni manajemen media sosial Ustadz Dasad Latif. Adapun dari penelitian yaitu untuk mengetahui rencana tersebut. Dan bentuk dakwah Islam yang bisa dilakukan melalui media sosial (daring). Dakwah artinya cara lain untuk merujuk tentang amar makruf. Dengan menggunakan kebijaksanaan untuk melakukan kejahatan tanpa terlebih dahulu mendapatkan kebahagiaan materi,dan lain sebagainya. Minat terhadap media sosial (daring) sedang semakin meningkat terutama di Indonesia yang merupakan para penerbit menggunakan akun media umum. media sosial (online) menjadi sarana pemberitaan Injil. Itu sebabnya milenial jaman sekarang sangat menyukai media sosial. Penerbit serta profesional media umum mengetahui bahwa media sosial merupakan kekuatan yang kuat untuk membentuk konten serta iklan akhir-akhir ini. Saatnya audiovisual membuat kabar yang baik di jejaring sosial dan juga sangat berguna bagi masyarakat yang menggunakan jejaring sosial karena mereka berada di jejaring sosial dan membuat hidup lebih baik bagi mereka yang ingin mendengarkan panggilan, mereka membutuhkan tempat untuk mendengarkan panggilan atau kapanpun itu.</p>2024-01-31T18:21:43+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/7598PENGARUH KEGIATAN MAJELIS TA'LIM AL-MUHIBBIN TERHADAP TINGKAT RELIGIUSITAS MASYARAKAT DESA JANTUR KECAMATAN MUARA MUNTAI2024-07-12T12:49:51+08:00Nor Misnahnormisnah.05@gmail.comRiswan Riswanarizone007@gmail.comSitti Sagirahsagirah209@gmail.comHairul Afriadihairulafriadi2@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan dan menganalisis bagaiman pengaruh kegiatan majelis ta‟lim Al-Muhibbin terhadap tingkat religiusitas masyarakat desa Jantur Kecamatan Muara Muntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jamaah majelis ta‟lim AlMuhibbin desa Jantur Kecamatan Muara Muntai. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kegiatan majelis ta‟lim terhadap tingkat religiusitas masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung = 6,008. Sedang ttabel = 1,676 dengan nilai 0,000 < 0,05. Adapun kriteria Ho di tolak jika thitung > ttabel dengan α = 0,05 (5%) dengan nilai 6,008>1,676. Hal ini berarti kontribusi variabel X (Kegiatan Majelis Ta‟lim) dengan variabel Y (Tingkat Religiusitas Masyarakat) adalah 41,9% dan sisanya 58,1% disebabkan oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p>2024-01-31T21:07:36+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/8115KEPEMIMPINAN DAN IKLIM KOMUNIKASI (SEBUAH TINJAUAN TEORITIS)2024-10-04T17:46:19+08:00Sitti Syahar Inayahdisertasioke@gmail.comAbubakar Idham Madaniabubakaridhammadani@gmail.comAmirullah Amirullahamirullah@gmail.comRismayana Rismayanaswiftieyana@gmail.com<p>Kepemimpinan merupakan sebuah seni, tak heran jika gaya kepemimpinan orang per orang berbeda, bahkan beberapa pemimpin dalam sebuah organisasi dianggap tidak lazim. Namun hal ini dapat dimaklumi dengan mendasarkan pada definisi bahwa kepimpinan adalah seni menggerakkan sumberdaya manusia dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Tulisan ini dimaksudkan untuk melihat kepemimpinan kaitannya dengan iklim organisasi dalam tinjauan teoritis. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset pustaka. Dirangkum enam sistem yang populer dalam gaya kepemimpinan. Gaya tersebut dikaitkan dengan iklim komunikasi. Dengan meninjau gaya kepemimpinan dipadukan dengan iklim organisasi dalam analisis kita dapat memahami gaya kepimpinan yang diterapkan masing-masing orang dalam organisasi yang dipimpinnya.</p>2024-01-31T00:00:00+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/8114KONTESTASI KONSEP HIJRAH DI MEDIA SOSIAL ( STUDI KOMPARATIF MEDIA SUNNI DAN SALAFI )2024-10-04T17:57:53+08:00Ashrun Mubarak Malikazhariy_almakassariy@yahoo.comNurfadillah Nurfadillahdillahumi@gmail.comSitti Sagirahsagirah_mag@yahoo.comSitti Syahar Inayahsittisyaharinayah@gmail.comSyahril Dja'farasyahrildjafara@iaingorontalo.ac.id<p> Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan terkait semakin merambatnya fenomenal Hijrah saat ini yang memunculkan kontestasi keagamaan khususnya masyarakat perkotaan (urban) yang mana terbukannya kran informasi melalui media sosial, dimana sedikit banyak menimbulkan gejolak pemikiran antara mereka. Diskusi antara “ mana benar” dan “mana salah” dalam hal agama semakin nyaring terdengar seturut penggunaan media sosial dalam perbincangan isu tersebut. Ketegangan tidak hanya terjadi dalam relasi antaraumat beragama, tetapi juga dalam internal umat islam. Kontestasi sendiri terjadi bukan hanya dikarenakan perbedaan dalam berpendapat saja, akan tetapi kurangnya penafsiran yang tidak tepat dan tanpa adanya Tabayyun terlebih dahulu sehingga menjadi salah satu pemicu adanya kontestasi di media sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif- deskriptif. Penelitian ini lebih spesifik lagi menelaah antara media sunni dan salafi dengan menggunakan metode perbandingan (komparatif) dan teori CA (Conversational Argument) dimana penelitian ini akan membandingkan konsep hijrah dari media sunni dan salafi tersebut.</p>2024-01-31T22:28:22+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.uinsi.ac.id/index.php/mushawwir/article/view/8120MENCAPAI KEDAMAIAN PERKAWINAN SEBAGAI REPRESENTASI KEBERHASILAN DAKWAH DALAM KELUARGA2024-10-03T20:26:36+08:00Andar Ifazatul Nurlatifahandarifa@iainsalatiga.ac.idSai Handarisai.handari@uinsi.ac.id<p>Keluarga merupakan amanah utama yang perlu dijaga sebagai titipan yang Allah berikan. Dakwah dalam keluarga menjadi tantangan tersendiri dalam mengamalkan pemahaman agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian kedamaian dalam perkawinan sebagai representasi keberhasilan dakwah dalam keluarga. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan analisis konten. Hasilnya ditemukan bahwa pencapaian kedamaian menjadi indikasi dalam keberhasilan dakwah yang dilakukan di dalam keluarga dengan memaknai berbagai fungsi di dalam keluarga di dalam sebuah perkawinan. Adapun fungsi dalam keluarga mencakup pada dua belas fungsi yang antara satu dengan yang lainnya saling terkait. Hal ini berimplikasi pada konseptual fungsi keluarga sebagai upaya konstruks dakwah di dalam keluarga.</p>2024-02-01T07:28:11+08:00##submission.copyrightStatement##