https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/issue/feed Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE) 2025-02-20T09:35:13+08:00 Dr. Noorthaibah jurnalscore@gmail.com Open Journal Systems <p>Journal of Social Computer and Religiosity (SCORE) merupakan jurnal yang menerbitkan penelitian yang&nbsp;diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.<br>Jadwal penerbitan dengan frekuensi 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan September.</p> <p><strong>Batas waktu penyerahan makalah:</strong><br>UNTUK VOLUME 1 Tahun 2023<br>Untuk Publikasikan Vol. 1 No. 1, 15 Maret TAHUN, BATAS WAKTU penyerahan: 20 Februari TAHUN<br>Untuk Publikasikan Vol. 1 No.2, 15 September TAHUN, BATAS WAKTU penyerahan: 20 Agustus TAHUN</p> https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/8112 KOMUNIKASI DI DUNIA PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL 2025-02-20T09:35:13+08:00 Ayu Sasadila Yuliana ayusylna02@gmail.com Ahmad Ridho ahmdrdho0292@gmail.com Zalwana Zalwana zalwanaana821@gmail.com Sumarno Sumarno sumarnodharmo@gmail.com <p>Komunikasi adalah proses menyampaikan ide-ide pengirim kepada penerima pesan melalui media tertentu untuk menumbuhkan pemahaman di antara mereka. Penerima pesan mungkin terpengaruh dalam beberapa cara oleh informasi yang disampaikan. Seiring&nbsp; berjalannya&nbsp; waktu, dunia mengalami perubahan&nbsp; yang sangat&nbsp; pesat&nbsp; dalam&nbsp; perkembangan&nbsp; teknologi&nbsp; dan&nbsp; informasi&nbsp; yang&nbsp; signifikan&nbsp; dari&nbsp; masa&nbsp; ke&nbsp; masa&nbsp; yang disebut&nbsp; dengan&nbsp; era&nbsp; digital&nbsp; yang&nbsp; terus&nbsp; mengalami&nbsp; perubahan. Ada beberapa elemen yang terlibat dalam komunikasi yang berinteraksi dan berdampak satu sama lain. Elemen komunikasi ialah : sumber, pesan, saluran atau media, efek atau pengaruh,dan umpan balik. Dalam proses pembelajaran teknologi dimanfaatkan sebagai media pada kegiatan pembelajaran dan untuk pencarian referensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi di dunia pendidikan di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Jenis metode ini adalah jenis metode kualitatif yang hanya menggunakan studi literartur dalam penelitian kepustakaannya tanpa penelitian lapangan.</p> 2023-12-21T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/8118 PEMANFAATAN MEDIA BARU SEBAGAI WADAH DAN PELUANG DALAM BERBISNIS ONLINE: TANTANGAN DAN STRATEGI 2025-02-20T09:35:13+08:00 Khairul Aqmar aqmarkhairul03@gmail.com <p>Dengan berbagai pertimbangan terkait tantangan yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan tren konsumen. Penelitian ini menyelami strategi dari pelaku bisnis untuk memaksimalkan wadah media baru. Dengan analisis mendalam melihat fenomena dan studi literatur, artikel ini menitikberatkan akan pentingnya adaptasi dan inovasi dalam menghadapi perubahan bisnis &nbsp;online yang dinamis. Yang pada akhirnya akan memberikan wawasan berharga kepada para pelaku bisnis yang dalam strateginya mengupayakan media baru sebagai wadah dalam menghadapi tantangan global yang semakin maju. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan <em>library research, </em>dan melihat fenomena yang terjadi.</p> 2023-12-26T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/8119 PEMANFAATAN MEDIA BARU SEBAGAI WADAH PUBLIKASI HUMAS UINSI SAMARINDA 2025-02-20T09:35:13+08:00 Hanifah Lutfi Noor Salsabila Hanifahlutfithearmy@gmail.com Achmad Husri achmadhusri9@gmail.com <p>Pemanfaatan media baru sebagai wadah publikasi Humas UINSI Samarinda telah menjadi fokus utama dalam menghadapi era digitalisasi. Latar belakangnya melibatkan perubahan perilaku masyarakat yang</p> <p>semakin cenderung mengonsumsi informasi melalui platform digital. Rumusan masalahnya membahas bagaimana Humas UINSI Samarinda dapat memanfaatkan media baru secara efektif dalam menyampaikan informasi kepada publik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten</p> <p>terhadap strategi pemanfaatan media sosial, website, dan platform digital lainnya yang diimplementasikan oleh Humas UINSI Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam jangkauan dan interaksi dengan publik melalui media baru, yang berdampak positif pada citra dan visibilitas UINSI Samarinda. Simpulannya adalah bahwa pemanfaatan media baru oleh Humas UINSI Samarinda mampu meningkatkan efektivitas komunikasi publik dan memperkuat konektivitas dengan berbagai pemangku kepentingan.</p> 2023-12-29T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/7844 GERAKAN DAKWAH KYAI AHMAD BAYATH DI KOTA BANGUN 2025-02-20T09:35:13+08:00 Rizka Roudhotul Jannah rizkajannah2000@gmail.com Abdul Majid Majidsamarinda74@gmail.com Miftahul Huda Miftahulh2@gmail.com <p>Perkembangan dakwah saat ini dan masa depan dihadapkan pada keadaan sosial yang terus maju dan berkembang. Maka dengan sendirinya diperlukan suatu keteraturan contoh peningkatan perkembangan dakwah, baik secara hipotesis maupun aplikatif. Perkembangan dakwah memerlukan penyesuaian masyarakat dari kondisi yang kurang menyenangkan menjadi kondisi yang lebih baik. Hasil pengembangan dakwah kedepan yang runtut hendaknya dilakukan bukan sekedar memusatkan perhatian pada jenis penyelesaian dakwah di mimbar (<em>bil-lisan</em>) atau dakwah melalui komposisi (<em>bil-Qalam</em>). Namun demikian, juga harus dilihat bagaimana dakwah yang dilakukan dalam berbagai kegaiatan (<em>dakwah bil-hal</em>) merupakan salah satu bentuk pengembangan dakwah yang layak diterapkan dalam bidang sosial dan kemasyarakatan. Pada umumnya startegi dakwah dilakukan atas tiga hal diantaranya: dakwah dengan lisan, tulisan, dan akhlak. Sehingga penelitian ini mencoba membahas tentang apa saja aktivitas dakwah Kyai Ahmad Bayath, serta bagaimana orientasi gerakan dakwah Kyai Ahmad Bayath. Tujuannya untuk mengetahui apa saja aktivitas dakwah yang dilakukan Kyai Ahmad Bayath, serta mengetahui apa saja orientasi gerakan dakwah yang dilakukan Kyai Ahmad Bayath. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang digunakan untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan menjawab persoalan tentang suatu fenomena atau kejadian di lokasi penelitian. Hal tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong> : Gerakan Dakwah, Kyai Ahmad Bayath, Majelis Taklim, Pondok Pesantren. <em>&nbsp;</em></p> 2024-02-01T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/8151 Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Kehadiran PT. Borneo Mobil Indo Samarinda 2025-02-20T09:35:13+08:00 Muhammad Zulfariansyah zulfariansyah@unukaltim.ac.id Fatika Youlisa fatikayoulisa.p@gmail.com <p>Di era modern ini sudah banyak kemajuan teknologi informasi yang dapat di akses menggunakan tkenologi Mobile terutama pada instansi atau perusahaan-perusahaan yang mempunyai banyak karyawan. Salah satunya kemajuan teknologi informasi yang terlihat dengan jelas di indonesia yaitu sistem absensi kehadiran. Beberapa instansi atau perusahaan menggunakan finger print untuk memantau kinerja karyawan nya.&nbsp; Salah satu penilaian dalam kinerja karyawan adalah absensi. Saat ini absensi di PT. Borneo Mobil Indo sudah berjalan namun masih kurang efektif karena menggunakan lembaran kertas dimana setiap 3 hari sekali pengawas lapangan harus menyetorkan lembaran absensi terebut ke kantor dengan jarak yang cukup jauh itu akan menguras waktu dan tenaga. Dari masalah tersebut peneliti tertarik untuk merancang dan membuat aplikasi kehadiran bebasis website agar dapat di akses oleh karyawan yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu peruahaan untuk memantau kehadiran karyawan, Mengingat absensi adalah salah satu penilaian kerja yang penting apabila telat sedikit dapat mempengaruhi kinerja bahkan penghasilan karyawan tersebut.</p> 2024-02-29T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.uinsi.ac.id/index.php/score/article/view/8942 Rancang Bangun Website pengajuan Jadwal Dakwah 2025-02-20T09:35:13+08:00 Basrie Basrie basrie@uinsi.ac.id samsirnur samsirnur samsirnur@gmail.com <p>Kegiatan Dakwah yang di atur dalam jadwal kegiatan pada organisasi&nbsp; atau perkumpulan ustad atau Kiyai selama ini masih secara manual sering terjadinya kendala dalam penyebaran informasi perubahan jadwal dakwah sehingga menimbulkan beberapa masalah. Untuk Penyelesaian masalah tersebut di butuhkan solusi lebih awal yaitu membuat rancangan website dalam penjadwalan Dakwah sehingga permalahan terjadi pada penjawalan Dakwah tidak terdata dan dokumentasi secara rapi dan tersusun seperti data Pendakwah, data Instansi, penjadwalan serta Pengajuan jadwal dakwah. Hadri hal ini akan dilakukan Analisa sistem dengan metode SDLC. Dengan adanya metode analisis yang tepat seperti SDLC. Dengan metode ini diharapkan penerapan dikemudian hari bisa segera terlaksana. Untuk merancang sistem dibutukannya metode SDLC dalam melakukan analisis dan tahapan seperti perencanaan, analisis kebutuhan dan desain Sistem sehingga gambaran pengajuan pembuatan website dapat segera terwujud dikarnakan hasil dari rancangan yang akan di buat.</p> 2024-07-19T10:47:57+08:00 ##submission.copyrightStatement##