FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN BSI MOBILE DI SAMARINDA: PENDEKATAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

  • Reski Amelia Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M Birusman Nuryadin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Kokom Komariah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: UTAUT, Mobile Banking, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Pertumbuhan penggunaan layanan perbankan digital di Indonesia terus meningkat seiring dengan perkembangan informasi teknologi saat ini. BSI mobile merupakan aplikasi layanan dari Bank S yariah Indonesia yang diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada nasabah. Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) berfungsi untuk mendeteksi tingkat penerimaan suatu teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas serta persepsi biaya terhadap penggunaan BSI mobile di Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah aktif BSI di Samarinda yang telah terdaftar sebagai pengguna ponsel BSI, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan teknik pengukuran dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, dan uji F bantuan dengan SPSS Ver.24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, dan pengaruh sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan kondisi fasilitasi tidak mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan, dan biaya yang dirasakan hanya mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan. Kemudian secara simultan variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial, kondisi fasilitasi, dan persepsi biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan BSI mobile di Samarinda.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet. I). Aswaja Pressindo.

Alkhowaiter, W. A. (2022). Use and Behavioural Intention of M-Payment in GCC Countries: Extending Meta-UTAUT with Trust and Islamic Religiosity. Journal of Innovation and Knowledge, 7(4), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100240

Andrianto, A. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Behavior Intention Untuk Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Model Utaut2. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 111–122. https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i2.2412

Arimbi Dewayanti, Ari Kusiyanti, Admaja Dwi Herlambang, 2018. (2018). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking Dengan Menggunakan UTAUT ( Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology ) ( Studi Pada Pengguna Mobile Banking BRI KCP Universitas Brawijaya ). In Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (Vol. 2, Issue 10, pp. 2548-964X).

Chaidir, T., Ro’is, I., & Akhmad Jufri. (2021). Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Nusa Tenggara Barat: Pembuktian Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(1), 61–76. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i1.37

Chairia, C., Sukmadilaga, C., & Yuliafitri, I. (2020). Peran Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, dan Kondisi yang Mendukung terhadap Perilaku Pengguna Itqan Mobile yang Dimediasi oleh Niat Perilaku Menggunakannya. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 48–72. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.655

Fatimah, S. B., & Hendratmi, A. (2020). Digitalisasi Pada Bank Mandiri Syariah Di Tengah Persaingan Dan Perubahan Teknologi. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(4), 795–813. https://doi.org/10.20473/vol7iss20204pp795-813

Fauzi, A. A., & Suryani, T. (2019). Measuring The Effects Of Service Quality By Using CARTER Model Towards Customer Satisfaction, Trust And Loyalty In Indonesian Islamic Banking. Journal of Islamic Marketing, 10(1), 269–289. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2017-0048

Fedorko, I., Bacik, R., & Gavurova, B. (2021). Effort Expectancy and Social Influence Factors As Main Determinants of Performance Expectancy Using Electronic Banking. Banks and Bank Systems, 16(2), 27–37. https://doi.org/10.21511/bbs.16(2).2021.03

Gunawan, D. C. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat UMKM Dalam Menggunakan Layanan Digital Banking Bank Syariah Indonesia Dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) (Studi Kasus pada UMKM Kota Semarang). UIN Walisongo Semarang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia: Strategi dan Sektor Potensial. Puslitbang Aptika dan IKP.

Loisa, J., & Purwanto, E. (2020). The Intention and Use Behaviour of the Mobile Banking System in indonesia: UTAUT Model. Technology Reports of Kansai University, 62(6), 2757–2767.

Octaviano, A. (2023). Sepanjang Tahun Lalu, Nilai Transaksi di BSI Mobile Naik 39,26%. https://keuangan.kontan.co.id/news/sepanjang-tahun-lalu-nilai-transaksi-di-bsi-mobile-naik-3926

Owusu Kwateng, K., Osei Atiemo, K. A., & Appiah, C. (2018). Acceptance and Use Of Mobile Banking: An Application Of UTAUT2. Journal of Enterprise Information Management, 32(1), 118–152. https://doi.org/10.1108/JEIM-03-2018-0055

Pangestu, D. (2022). Analisis Kepuasan Nasabah dalam Penggunaan BSI Mobile. Jurnal Muamalat Indonesia (JMI), 2(2), 72–86. https://doi.org/10.26418/jmi.v2i2.58961

Pohan, R. N. A., Rokan, M. K., & Syarvina, W. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Banking Pada Layanan BSI Mobile Dengan Menggunakan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(2), 798–806.

Saputri, W. L. (2022). Produk Domestik Regional Bruto Kota Samarinda Menurut Lapangan Usaha 2017-2021. In Norlatifah (Ed.), Badan Pusat Statistik. BPS-Statistics of Samarinda Municipality.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudarsono, H. (2022). Analisis Niat Nasabah Bank Syariah untuk Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 14(1), 78–89. https://doi.org/10.30630/jipb.v0i0.770

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cet. XIX). CV. Alfabeta.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revi). UR Press.

Utama, R. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Berkelanjutan Layanan Mobile Banking Syariah Di Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Utami, N. I., Karman, A., & Syarifudin, M. (2022). Analisis Intensi Penggunaan Mobile Banking dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(1), 45–72. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v3i1.353

Utomo, P., Kurniasari, F., & Purnamaningsih, P. (2021). The Effects of Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Condition, and Habit on Behavior Intention in Using Mobile Healthcare Application. International Journal of Community Service & Engagement, 2(4), 183–197. https://doi.org/10.47747/ijcse.v2i4.529

Wardani, D. (2021). Faktor-Faktor Pengaruh Penggunaan Mobile Banking. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 2(1), 15–32. https://doi.org/10.55122/junsibi.v2i1.253

Yuliana, P. D., & Aprianingsih, A. (2022). Factors Involved in Adopting Mobile Banking For Sharia Banking Sector Using UTAUT 2. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 26(1), 184–207. https://doi.org/10.26905/jkdp.v26i1.6858

Zuliani, & Purwati, N. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Terhadap Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking Bank. Serambi Konstruktivis, 3(4), 243–249.

Published
2024-06-20
How to Cite
Amelia, R., Nuryadin, M., & Komariah, K. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN BSI MOBILE DI SAMARINDA: PENDEKATAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance, 2(2), 210-225. https://doi.org/10.21093/inasjif.v2i2.7696