Pelatihan Microsoft Office Guna Menunjang Kinerja dan Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru PIAUD, TK dan SD di Desa Loa Kulu Kota

  • Kautsar Eka Wardhana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Andri Tria Raharja Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Desy Sukma Risalahwati SMK Negeri 17 Samarinda
  • Fathan Rizki Maulana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Rahimi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: microsoft office, kinerja, pembelajaran

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang berupa pelatihan Microsoft Office ini bertujuan untuk mengenalkan media komputer dalam proses kegiatan belajar mengajar dan administrasi pendidikan yang ada di PIAUD, TK dan SD. PkM ini berupaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada mitra pengabdian terkait tugas administrasi guru yang relatif banyak dan menyita banyak waktu tenaga pengajar. Sehingga waktu guru hanya terfokus untuk mengajar dan menyelesaikan tugas administrasi tersebut. Dengan penguasaan terhadap aplikasi Microsoft diharapkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan sumber belajar menjadi multikonten, lalu masalah administrasi pendidikan juga lebih cepat terselesaikan. Peserta pengabdian ini terdiri dari guru PIAUD, TK dan SD yang ada di Desa Loa Kulu Kota. Ada berbagai metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan Microsoft Office ini. Metode tersebut adalah demonstrasi, pendampingan, dan diskusi. Ada empat materi yang diberikan dalam pelatihan Microsoft Office, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excell dan Microsoft Power Point. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan keberhasilan dalam penguasaan ketiga materi tersebut oleh peserta pelatihan. Hal ini terlihat dari antusias yang tinggi dalam setiap tahapan pelaksanaan pelatihan.

References

Agil, M., Adawiyah, R., Nurhikmah, N., Suhartini, S., Salmitha, L., Hidayah, M. U., Ay, N., & Rahmi, I. (2022). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–5.
Razak, A., Nasiah, S., Wardhana, K. E., Rahmawati, I., Ramadhan, D., & Munirohwati, M. (2022). Diseminasi Pembelajaran Mikir di Madrasah Ibtidaiyah. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–16.
Published
2023-07-31
How to Cite
Wardhana, K., Raharja, A., Risalahwati, D., Maulana, F., & Rahimi, W. (2023). Pelatihan Microsoft Office Guna Menunjang Kinerja dan Pelaksanaan Pembelajaran bagi Guru PIAUD, TK dan SD di Desa Loa Kulu Kota. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 93-101. https://doi.org/10.21093/simas.v1i2.6736

Most read articles by the same author(s)