PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE MUSLIMAH DI KOTA SAMARINDA

  • Dian Susanti IAIN Samarinda
  • Moh Mahrus IAIN Samarinda
  • Angrum Pratiwi IAIN Samarinda
  • Dharma Yanti IAIN Samarinda
Keywords: Kualitas Layanan, Harga, Tingkat Kepuasan Konsumen

Abstract

Latar belakang ini adalah Kota Samarinda  yang masyarakatnya mayoritas beragama Islam serta banyak akhwat nya (perempuan), hanya saja tidak semua masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi ojek online muslimah dalam bepergian karena masalah keamanan dikarenakan ojek ini dikendarai oleh seorang perempuan. Maka dari itu penulis mengambil studi kasus di Kota Samarinda karena saat ini di Samarinda sedang marak ojek online yang di kendarai oleh perempuan.Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumenjasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda, pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda, dan mengetahui variabel mana yang lebih besar berpengaruh terhadap kepuasan konsumenjasa transportasi ojek online muslimah di Kota Samarinda.Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 87 orang yang pernah menggunakan transportasi ojek online muslimah di kota Samarinda sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah melalui wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket/kuisioner.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi.Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator-indikator pada pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel.Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, linier, tidak terjadi heteroskedastisitas, autokorelasi dan multikolinieritas. Pada uji hipotesis semua variabel independen (kualitas layanan dan harga) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (tingkat kepuasan konsumen).Selain itu hasil hipotesis juga menunjukan kualitas layanan dan harga berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan konsumen.

References

Kementrian Agama Republik Indonesia.2014. Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Solo: Zamrud Brand Product Al-Qur’an dan & PT. Tiga Serangkai Mandiri)
BUKU:
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa,(Bandung: Alfabeta)

Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, (Jogjakarta: Cups Publishing)

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta)

Aswawi, Nur. 2009. metodologi riset manajemen pemasaran, (UIN-Malang: UIN-Malang Press)

Aviliani, Firly.2018.Strategi Komunikasi Pemasaran PT. OJEK Syari, (Surabaya: UIN Sunan Ampel)

Francis, Buttle.2007¬.Custumer Relationship Management (Manajemen. Hububgan Pelanggan) (Jakarta: Bayumedia)

Ghazaly, Abdul Rahman. 2010.Fiqh Muamalah, (Jakarta: Prenada Media Grup)
Ghozali, Imam.2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan VII. Badan (Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro Semarang)

Ghozali, Imam. 2011.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. (Semarang: Universitas Diponegoro)

Binjai, Abdul Hasan Halim. 2006.Tafsir Al-Ahkam, Edisi.I Cet.I (Jakarta: Kencana)

Handi.10 Prinsip Kepuasan Pelanggan.2002. (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo)

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2011. (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cetakan Kedua Edisi keempat Gramedia Pustaka Utama)

Karim, Adiwarman A. 2003.Bank Islam: Analisis Fiqih Dan Keuangan, (Jakarta: IIIT Indonesia)

Karim, Adiwarman A. 2011. Ekonomi Mikro Islam, Edisi Ketiga (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Katsir, Ibn. 2004.Tafsir al-Qur‟an al-,Azhim, juz 4, (Bandung: Sinar Baru)

Kotler.2007.Manajemen Pemasaran (Bejamin Molan, Pentj). Ed 12, Jilid 1&2. (Jakarta: Indeks)

Kottler, Philip. 2008.Manajemen Pemasaran, terjemahan edisi 13 (Jakarta: Erlangga)

Mardani.2013.Fiqh Ekonomi Syariah, (Jakarta: Prenada Media)

Naresh, Maholtra K.2009.Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. (Jakarta: PT. Indeks)

Nawawi, Ismail. 2012.Fikih Muamalah Klasik dan Kontemporer, (Bogor: Ghalia Indonesia)

Nurhadi.2016.Lensa Kegiatan Ekonomi SMA/MA Kelas X (Jakarta: Penerbit Bailmu)

Paul, Peter J. 1999.Consumer Behaviour Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Edisi ke empat.Jilid 1. (Jakarta: Erlangga)

Prayatno, Duwi. 2011.SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat Lebih Akurat, (Yogyakarta: Medikom)

Qardawi, Yusuf.1997. Norma dan Etika Ekonomi Islam, (Jakarta: GIP)

Qardawi, Yusuf. 2004. PeranNilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, Cetakan Keempat, Hadis Nomor 1314, Bab Al-Buyuu’, (Jakarta: Robbani Press)

Riduwan.2012. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. (Bandung: Alfabeta)

Santosa.2005. Analisis Statistik dengan Microsoft Axcel & SPSS. (Yogyakarta: Andi Offset)

Sarwono.2009. Psikologi Sosial, (Jakarta: Salemba Humanika)

Soemarsono.1990. Peranan Pokok dalam Menentukan Harga Jual, (Jakarta: Rieneka Cipta)

Sugiyono.2013.Statistik Untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono.2012. Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta)

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, (Yogyakarta: Pustaka Bru Press)

Sujparweni, Wiratna. 2012.Metodologi Penetian, (Yogyakarta: PT.Pustaka Baru)

Suliyanto.2018. Metode Penelitian Bisnis, (Yogyakarta: Andi Offset)

Syahrum.2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Citapustaka Media)

Tjiptono, Fandy. 2008.Pemasaran Stratejik (Yogyakarta: Andi)

Tjiptono, Fandy. 1996.Total Quality Management, (Yogyakarta: Andi Ofsee)

Tjiptono.2008.Strategi Pemasaran, Edisi II Cetakan Ketiga , (Yogyakarta: Andi Offset)

Utami, Widya. 2006.Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern (Jakarta: Salemba Empat)

Zeithmal.2003.Pelayanan, Pemasaran, dan Tingkat Kepuasan Konsumen Edisi ke III (terjemahan), (Boston: Mc GrowHill)

JURNAL:
Parasuraman.Servqual : A Mulitple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.Vol. 64 No.1.2016 hlm. 12-40

SKRIPSI:
Wardani,Tri Ulfa.“Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek”, Skripsi,(Medan: UIN Sumatera Utara,2017)

Saputri,Marheni Eka. “Pengaruh Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan Studi pada Zara di Mall PVJ Bandung”, Skripsi,(Bandung: Universitas Telkom, 2016)
Yesenia.“Pengaruh Kualitas pelayanan dan Produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Tangerang Selatan”, Skripsi,(Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2014)

Wahyuno,Cahyo. “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa Hotel Anugerah Glagah Indah Temon Kulon Progo Yogyakarta”, Skripsi,(Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013)

Setyorini,Retno. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada PDAM Tirta Kota Malang”, Skripsi, (Malang: UNM, 2013)
http://www.ojeksyari.com/ diakses tanggal 29 Januari 2020, pukul 23.10

https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda?veaction=edit§ion=2 di akses pada 10 Juni 2020 pukul: 08.24
https://money.kompas.com/read/2013/09/24/1802527/Perempuan.Berperan.dalam.Peningkatan.Pertumbuhan. dikutip pada 10 juni 2020 pukul: 08.56
https://www.korankaltim.com/citizen-journalism/read/21472/peran-perempuan-pada-pembangunan-kaltim diakses pada 07 Februari 2020 pukul 19:00 wita
Pandangan Islam tentang wanita bekerja (on-line), tersedia di: https://muslimah.or.id/ 4498 perempuan-bekerja-boleh-saja-asal.html diakses tanggal 29 Januari 2020, pukul 23.10
Published
2021-06-15
How to Cite
Susanti, D., Mahrus, M., Pratiwi, A., & Yanti, D. (2021). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE MUSLIMAH DI KOTA SAMARINDA. Borneo Islamic Finance and Economics Journal, 1(1), 21-31. https://doi.org/10.21093/bifej.v1i1.3258
Section
Articles