Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Qreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS

  • Ina Ulfa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tin Rustini Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Ridwan Sutisna Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Model problem based learning, aplikasi qreatif, rantai makanan, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Qreatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS dengan topik rantai makanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent pretest-posttest control group design, yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan aplikasi Qreatif dan kelompok kontrol yang menggunakan model PBL dengan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan aplikasi Qreatif berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen meningkat dari 61,15 menjadi 85,77, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 56,20 menjadi 74,60 pada hasil post-test. Berdasarkan uji statistik N-Gain, rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kelompok eksperimen sebesar 63,33%, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mencapai 41,40%.Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen lebih aktif, antusias, serta menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang lebih baik selama proses pembelajaran berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Qreatif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan media konvensional. Dengan demikian, disarankan agar satuan pendidikan mempertimbangkan integrasi model pembelajaran ini ke dalam pembelajaran IPAS, khususnya pada materi rantai makanan, guna menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan partisipasi aktif siswa.

References

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Fahruddin, M., & Widiyono, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Miniatur Kincir Air Pembangkit Listrik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1973–1981.

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Kemendikbud. (2016). Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024. 1–23.

Malida, I., Iskandar, S., & Nuraeni, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 4(1), 560–569.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2).

Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran daring melalui game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108–115.

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543

Nurhayati, O., Andriani, S. R., Azzahra, M. R., Mulyaningsih, N. R. T., Hafizah, N., & Kurniawan, C. S. (2024). Analisis Game Edukasi Digital “Bumi Kita dalam Tata Surya” pada Website qreatif. id untuk Menciptakan Joyfull Learning pada Pembelajaran IPAS kelas 6 SD. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 129–141.

Nuryani, S., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 599–603.

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika pada siswa kelas 4 melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212–219.

Reda, I. G. (2020). Pengaruh model pembelajaran talking stick pada materi himpunan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smps katolikchristo regi. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 1–6.

Sanaky, H. A. H. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Tulis, Liquid Crystal Display (LCD) Proyektor dan Laboratorium Bahasa Bagi Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul.

Setyowati, I. Y., Malik, N., & Suliswanto, M. S. W. (2024). Enhancing Human Development Quality in Indonesia: Socio-Economic and Technological Capabilities. ETIKONOMI, 23(1), 93–108.

Supriyono, Y., Siswanto, J., & Purnamasari, I. (2022). Keefektifan Model Problem Based Learning dengan Video Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 109–116.

Suryani, Y., Melasari, M., Nurjannah, N., Iskandar, I. T., Rokayah, O., Prasetyo, I. U., & Hidayanti, N. F. (2023). Penerapan lesson study dengan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 37–44.

Published
2025-10-13
How to Cite
Ulfa, I., Rustini, T., & Sutisna, M. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Qreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPAS. Borneo Journal of Primary Education, 5(3), 1-19. https://doi.org/10.21093/bjpe.v5i3.11302