Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Ar-Rahmah Samarinda

  • Nur Reza Pertiwi
  • Muhammad Iwan Abdi
  • Atika Muliyandari Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberlangsungannya pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, siswa kelas VI MI Ar-Rahmah Samarinda terlihat memiliki perilaku yang cenderung pasif. Kondisi tersebut terjadi akibat dari pembelajaran yang hanya berfokus pada seorang guru dan belum menerapkan metode yang khas sehingga dapat menarik perhatian siswa, dan mengakibatkan kurangnya partisipasi siswa serta kurangnya pencapaian belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VI tahun ajaran 2024/2025 di MI Ar Rahmah Samarinda yang berjumlah 109 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu kelas VI A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas VI C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, homogenitas, hipotesis dan N-Gain. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dihasilkan nilai mean pre-test siswa di kelas eksperimen sebesar 69,63 dan post-test sebesar 88,52, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai mean pre-test siswa sebesar 59,04 dan post-test sebesar 73,65. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan juga melalui hasil uji N-Gain bahwa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 65,33 termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terbukti cukup efektif untuk digunakan.

References

Ahyar, Dasep Bayu, Ema Butsi Prihastari, Rahmadsyah, Ratna Setyaningsih, Dwi Maryani Rispatiningsih, Yuniansyah, Luvy Sylviana Zanthy, et al. Model-Model Pembelajaran, 2021.
Amalia, Lola, et.al. Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Tengah: Cahya Ghani Recovery, 2023.
Amalia, Shinta Fifyanti, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI Di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo, 2017.
Amin, Alfauzan, and Alimni. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking Dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah, 2019.
Aprido B. Simamora, et.al. Model Pembelajaran Kooperatif. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 2024.
Asyafah, Abas. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2019.
Cholil, Munawar. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad SAW. Jakarta: Bulan Bintang, 2017.
Devi Yarisandi. “Observasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah Muaro Jambi.” Jurnal PGMI, 2021.
Dwi Muthia Ridha Lubis, et.al. “Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Islamic Education, 2021.
Fithriy, Haniefa Nuruddienil. and Didin Sirojudin. The Strategies For Learning The History Of Islamic Civilization. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 2021.
Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
Hamzah B Uno dan Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
INDONESIA, UNDANG-UNDANG REPUBLIK, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 20 TAHUN 2003, "Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar” 4 2003.
Karimuddin Abdullah, et.al. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.
Kementrian Agama RI. “Al-Qur’an Dan Terjemahnya.” Jakarta: Ummul Qur’an, 2017.
Kurniasih, Imas dan Berlin. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena, 2015.
Mustoip, Sofyan. Psikologi Pendidikan: Hakikat Psikologi Pendidikan, 2018.
Priyatna Prasetyawati. “Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri Se Kota Palu.” Jurnal Katalogis, 2016.
Rachman, Ismail. “Efektivitas Kinalang Sebagai Aplikasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik Di Kota Kotamobagu.” Jurnal Governance, 2022.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2022.
Ritonga, Supardi, Amri, Amalia Qorina, Muhammad Fadhil, Yasmin Chalillah, and Wahyudi. “Metode Pembelajaran Group Investigation Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Communnity Development Journal, 2024.
Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 2017.
Sudirman. “Metodologi Penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif.” ResearchGate, 2023.
Sulistyowati, Eka. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2012.
Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi Dan Inovasi. Yogyakarta: Teras, 2009.
Zuhri, Syaifudin. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multimedia.” Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 2022.
Published
2025-10-16
How to Cite
Pertiwi, N., Abdi, M., & Muliyandari, A. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Ar-Rahmah Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 5(2), 13-27. https://doi.org/10.21093/bjpe.v5i2.11399