Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ash-Shobirin Samarinda

  • Dewi Nurliyanti UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Titi Kadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Istifatun Zaka UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Membaca, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa kelas III di MI Ash-Shobirin Samarinda yang mengalami kesulitan membaca, baik dalam aspek teknis maupun pemahaman bacaan. Kesulitan tersebut menuntut adanya strategi khusus dari guru untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan (2) mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami siswa kelas III.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian melibatkan guru kelas III serta siswa yang mengalami kesulitan membaca. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu untuk memastikan keabsahan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Ash-Shobirin menerapkan beberapa strategi dalam mengatasi kesulitan membaca siswa, antara lain pendekatan individual, bimbingan belajar tambahan dalam kelompok kecil, latihan membaca berulang, serta metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning). Selain itu, kerja sama antara guru, orang tua, dan kepala sekolah juga diterapkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung.

References

Astutik, Desy Tri. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar”, Skripsi, Universitas Jambi tahun 2021.
Azkiya, Nurul. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Sdn Duri Kepa 03 Jakarta Barat”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Tangerang 2023.
Erlina. "Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Kota Jambi", Skripsi, Universitas Islam Negeri Jambi tahun 2020.
Feronika, Linda. “Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (Dyslexia) Serta Upaya Mengatasinya Pada Siswa VB SD Muhammadiyah 22 Sruni, Surakarta”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2016.
Hidayah, Nur. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 3 Samarinda”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Samarinda 2022.
Jannah, Nurul Miftahul. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Peserta Didik Sdn 16 Liangeng Soppeng”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2023.
Kuris, Fenda Sari. “Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 60 Rejang Lebong”, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup 2022.
Muti’ah. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Quran Hadits Kelas V Di Mi Nurul Islam Sekarbela”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram Mataram 2020.
Oktavianty, Eka Ani. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung 2024.
Prahesti, Rializa. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Kelas Rendah Sd Negeri 68 Bengkulu Tengah”, Skripsi, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS) Bengkulu 2022.
Rambe, Riris Nur Kholida. “Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II SD Negeri 107399 Bandar Khalifah”, Skripsi, UIN Sumatera Utara Medan 2023.
Sahro, Khoimah. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Baca Tulis Al-Qur’an”, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan 2020.
Susanti, Rita. “Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung”, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung 2019.
Widasari, Umi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Pq4r Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV Mi Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017", Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro tahun 2017.
Published
2025-02-28
How to Cite
Nurliyanti, D., Kadi, T., & Zaka, I. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Ash-Shobirin Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 5(1), 41-50. https://doi.org/10.21093/bjpe.v5i1.11405