Meningkatkan Keterampilan Membaca al-Qur’an dengan Pendekatan Metode Iqra pada Siswa Kelas IV A di Madrasah ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda

  • Ardadiansyah Ardadiansyah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
  • Safwan Ansari Sekolah Tinggi Agama Islam Samarinda
Keywords: metode Iqra, , keterampilan membaca al-Qur’an, , pembelajaran agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an siswa kelas IV A MIN 1 Samarinda melalui penerapan pendekatan metode Iqra. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam membaca huruf-huruf hijaiyah dengan benar dan lancar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca al-Qur’an dan observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Iqra dapat meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an siswa secara signifikan. Pada pra-siklus, ketuntasan belajar siswa sebesar 59,4%, meningkat menjadi 78,1% pada siklus I dan 93,7% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Iqra efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Dengan demikian, penerapan metode Iqra dapat dijadikan alternatif pendekatan pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an pada jenjang sekolah dasar.

References

Abdul Qudus, 2007, Islam Multidimensi, Mataram:Pantheon Media Pressindo Husain Bahresyi, 1980, Himpunan hadis Pilihan hadis Shahih
Bukhari ,Surabaya: Pen. Al- Ikhlas

Sairuddin, 2010 , Kamus Al Azhar Versi Arab- Indonesia, Jombang: LintasMedia.

Nur Kholif Hazin, 2003, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Super Baru UntukSD, SMP, SMU dan Umum Surabaya: Terbit Teran.

Abdul Majid Khon, 2007 Praktikum Qira’at Jakarta: Amzah

Tim Penyusun Lembaga Bahasa dan Budaya IAIN Mataram,2010 PintuCahayaal- Qur’an Mataram: IAIN Mataram

1Ahmad Lutfi, 2004, Pembelajaran Al-Qur’an dan hadis, Jakarta: DepartemenAgamaRI Zainal Abidin, Seluk Beluk Al-Qur’an(Jakarta:PT Rineka Cipta, 1992), h. 144.
As’ad Humam,1995 Pedoman Pengelolaan, dan Pembinaan Yogyakarta:Balai Penelitian & Pengembangan Baca Tulis al-Qur’an

Wina Sanjaya,2007 Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama

Khalik, 2014 “Metode Penelitian” dalam http://proposal skripsi blogspot.com/ diambil pada tanggal 8 November 2023

1As’ad Humam, 2000, Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al- Qur’an Jilid 1-6
Yogyakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan LPTQ Team Tadarus AMM

Nuryadi,2013 (skiripsi)“Tingkat Kemampuan Membaca al-Qur’an dengan MetodeIqro’ Pada Mata Pelajaran Agama Islam Kelas VI Di SDN 4 Lembar Kecamatan Lombok Barat Tahun Pelajaran.

Budiyanto, 1995 Prinsip-Prinsip Metodologi Buku Iqro’Yogyakarta: LPTQ Team Tadarus AMM,1995.

Chairani Idris dan Tasyrifin Karim, 1996, Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-kanak/ Taman Pendidikan Al- Qur’an.

Syaiful Bahri Djamarah,2002, Stratergi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka CiptaInternet:
https://fitk.uin-malang.ac.id/cara-mengasah-keterampilan-bahasa- arab/#:~:text=PBA%20Angkatan%202016)-,Keterampilan%20dalam%20Kamus%20

Besar%20Bahasa%20Indonesia%20(KBBI)%20diartikan%20sebagai%20kecakapan,

menyelesaikan%20tugas%2C%20mampu%20dan%20cekatan.
http://solihinardy.blogspot.com/2012/06/iqra.html, diambil tanggal 8 November 2023,
pukul 19.30 WITA
Published
2023-10-17
How to Cite
Ardadiansyah, A., & Ansari, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca al-Qur’an dengan Pendekatan Metode Iqra pada Siswa Kelas IV A di Madrasah ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 3(3), 11-19. https://doi.org/10.21093/bjpe.v3i3.11781