Pelaksanaan Kegiatan Jum’at Takwa dalam Mewujudkan Visi Sekolah

  • Rizki Apriyanto IAIN Samarinda
  • Eka Misminarti IAIN Samarinda

Abstract

Realisasi dari bunyi visi sekolah SD Negeri 005 Balikpapan Barat “Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Unggul dalam berprestasi, berkarakter, berwawasan lingkungan dan hidup sehat dilandasi IMTAQ dan IPTEK”. Ada beberapa usaha dan kegiatan-kegiatan sekolah yang mengarah ke visi sekolah tersebut khususnya pada mewujudkan SDM yang beriman dan bertakwa, salah satunya melalui kegiatan keagamaan di sekolah yang diberi nama Jumat Takwa. Oleh karena itu kegiatan Jum’at Takwa di SD Negeri 005 sebagai salah satu perwujudan dari visi sekolah penting untuk dilihat lebih jauh dalam suatu penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu kepala sekolah dan guru PAI. Sumber datasekunder yaitu dokumentasi. Data dianalisis mengunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan Kegiatan Jum’at Takwa dalam mewujudkan visi sekolah di SD Negeri 005 Balikpapan Barat belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Ada pun proses pelaksanaan kegiatan Jum’at Takwa meliputi persiapan tempat berupa penggelaran terpal, shalat dhuha 4 rakaat dan 2 kali salam, pembacaan surah yasiin, juz ‘Amma atau bacaan Asmaul Husna sesuai yang telah dijadwalkan dan diakhiri dengan evaluasi. Ada pun kendalanya yaitu beberapa murid kurang persiapan membawa perlengkapan. Solusinya, bisa segera diatasi. Hujan, solusi dari kepala sekolah memasukkan rencana pembanguan aula sekolah. Kegiatan Jum’at Takwa di SD Negeri 005 Balikpapan Barat merupakan kegiatan keagamaan yang menggunakan enam pendekatan yaitu pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, fungsional, dan keteladanan dalam mewujudkan visi sekolah.

References

Afrizal, ”Pelaksanaan Kegiatan Jum’at Religi dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Mahasiswa Angkatan 2017/2018 Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang”, Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, UIN Raden Fatah Palembang, tahun 2018.
Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta:PT Bumi Aksara, 2016.
Jusran, “Hubungan Antara Kegiatan Jum’at Imtaq (Iman dan Taqwa) dengan Akhlak Peserta Didik di SMKN 3 Kendari”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, IAIN Kendari, tahun 2017.
Moelong, Lexy J.Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung:Rosdakarya, 2014. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2013.
Ramayulis, Metologi Pendidikan Agama Islam, Bandung: Kalam Mulia, 2005.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabet, 2015.
Published
2021-02-24