Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Modeling Dengan Bermain Peran Sahabat Nabi

  • Peni Rahmawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: strategi, guru, empati, modeling, sahabat nabi

Abstract

Sekolah Dasar adalah jenjang awal wajib belajar dari negara. Dalam jenjang sekolah dasar anak mendapat pendidikan lebih kompleks dibanding ketika berada di rumah dan jenjang taman kanak-kanak. Anak dituntut untuk mampu menyerap pendidikan akademis, sekaligus memupuk sikap dan karakter baik. Salah satunya mampu mengembangkan sikap empati, baik terhadap lingkungan kelas, maupun lingkungan luar sekolah. Berbagai strategi bisa dilakukan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan anak, baik berupa pretasi akademis, maupun cerdas secara emosional. Metode role model akan menjadi strategi taktis guru dalam memupuk sikap dan karakter baik bagi anak. Ketertarikan anak pada permainan online dan lingkungan yang kurang kondusif akan menjadi tantangan berat. Dibutuhkan lebih dari sekedar role model yang setiap hari berhadapan langsung dengan anak. Mengadaptasi penokohan animasi yang mampu menarik simpati anak dan membekas lama, guru bisa menciptakan suasana dimana anak bisa terlibat langsung dengan penokohan yaitu dengan cara bermain peran. Anak dipaksa lepas dari gadget dan lebih fokus menyelesaikan tugas bermain perannya. Dalam hal ini strategi yang guru ambil adalah dengan bermain peran tokoh dari sejarah Islam. Banyak tokoh sahabat Nabi yang bisa dijadikan peran utama dalam pola role playing. Tujuan utama nya adalah agar anak diajak terlibat langsung sebagai pemeran utama dalam bermain seni peran sehingga akan lebih membekas dan mengambil manfaat lebih banyak manfaat dari kegiatan yang berlangsung.

References

Amalia, Dinda. Analisis Nilai Karakter dalam Kegiatan Bermain Peran Anak Usia Dini. Jurnal Tinta Emas. e-ISSN: 2830-005X. Volume 1 Nomor 1 Mei 2022
Angelyna & Franky Liauw. Fenomenologi Sebagai Metode Pengembangan Empati dalam Arsitektur. Vol. 2, No. 2, Oktober 2020. hlm: 1413-1426 ISSN 2685-5631 (Versi Cetak) ISSN 2685-6263 (Versi Elektronik) doi: 10.24912/stupa.v2i2.8535 | 1413
Anggadini, Galuh & Nusantoro, Eko. Meningkatkan Empati Melalui Peningkatan Pelayanan Konten dengan Tekhnik Permainan Boneka. Indonesian Journal of Guidance and Counceling : Theory and Application. Vol 1. 2015
Ardipal. Analisis Metode Realis Pada Pembelajaran Seni Peran untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik di Smpn 1 Karangnunggal. Magelaran. Jurnal Pendidikan Seni, Vol 2. No. 2, Desember 2019,ISSN: 2620-8598
Cahyo, Dwi & Susanto. 2021. Buku Panduan Guru Seni Teater SD Kelas 2. Penerbit Pusat
Fajriani & Kurnia, Dwi. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Educhild, Vol. 2 No. 2 Desember 2020
Hasriadi. 2022. Strategi Pembelajaran. Penerbit Mata Kata Inspirasi : Bantul, Yogyakarta.
Kinas, Hasan. 2018. Ensiklopedi Biografi Sahabat Nabi : Menyimak Kisah Hidup 154 Wisudawan Madrasah Rasulullah. Penerbit Zaman : Jakarta.
Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi : Jakarta.
Kusuma, Wijaya. 2023. Strategi Pembelajaran. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri : Batam.
Muhammad Afi Dliyaulhaq dan Marsudi. Perancangan Board Game Tokoh Sahabat Nabi untuk Edukasi Anak Usia 9-12 Tahun. Jurnal Barik, Vol. 2 No. 3, (258-272) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/ e-ISSN: 2747-1195 258. Tahun 2021,
Nurhasanah, Siti, dkk. 2019. Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka (Anggota IKAPI) : Jakarta.
Nurhidaya, Arif Firmansyah, Hasdin. Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jual Beli di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1 ISSN 2354- 614X 161 Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. 2020
Nuryanto, Tato. 2014. Mari Bermain Drama Kebahagiaan Sejati. Syari’ah Nurdjati Press : Bandung.
Rafifah, Shafwah, dkk. Pengembangan Media Empati (E-Book Panduan Empati) Untuk Mengurangi Perilaku Phubbing Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal PINISI. ISSN 2747-2671 (online) Vol. 2 No. 6, 2022
Rahmawati. 2020. Skripsi : Role Playing Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Subagiyo, Heru. 2014. Roleplay. Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X Semester 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Sutikno, Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab : Indramayu Jawa Barat.
Utami, Riyanti. Meningkatkan Empati Melalui Pendekatan Konseling Behavioral Teknik Kontrak Perilaku Pada Peserta Didik Kelas Xi Mipa 5 SMA Negeri 1 Kalianget. Jurnal HELPER, Vol 36 No 2 (01 – 07) Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. ISSN: 02162938. Tahun 2019.
Winangsih, dkk. Meningkatkan Sikap Empati Melalui Metode Mendongeng Pada Anak Usia Dini. JURNAL CERIA ISSN : 2614-6347 (Print) 2614-4107 (Online) Vol.1 | No.3 | Mei 2018.
Published
2024-11-23
How to Cite
Rahmawati, P. (2024). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Modeling Dengan Bermain Peran Sahabat Nabi. Borneo Journal of Primary Education, 4(2). https://doi.org/10.21093/bjpe.v4i2.4038