Penguatan Program Baca Tulis Al-Qur'an di Sekolah Dasar (SD) Negeri Tanambuah
Abstract
Keberadaaan program baca tulis Al-Qur’an ini menjadi salah satu ikon khusus bagi sekolah tersebut dan merupakan usaha untuk meningkatkan serta menghasilkan peserta didik yang pandai membaca dan menulis Al-Qur’an. Penguatan program baca tulis Al-Qur’an di SD Tanambuah dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang pandai membaca dan menulis AlQur’an. Dari landasan tersebut maka penulis mengangkat permasalahan bagaimana penguatan program baca tulis Al-Qur’an di SDN Tanambuah dan apa saja faktor pendukung, penghambat beserta solusinya. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Penguatan Program Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Negeri Tanambuah yaitu berupa bentuk perencanaannya adalah mengadakan program harian, program mingguan dan program tahunan berupa baca tulis Al-Qur’an di luar jam sekolah, pemberian rewards dan pujian, tampil di acara-acara besar islam, konseling ke peserta didik. Adapun proses pelaksanaannya yaitu membuat program baca tulis Al-Qur’an di TPA, menargetkan peserta didik dalam menyelesaikan bacaan Al-Qur’an dan hafalan, membuatkan jadwal untuk tampil di depan umum pada acara maulid dan pada bulan suci ramadhan, menjadwalkan kunjungan kerumah peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Adapun hasil dan evaluasinya yaitu peserta didik sudah pandai membaca Al-Qur’an, menjadi lebih semangat dalam membaca Al-Qur’an, lebih berani tampil di depan umum, dan juga lebih rajin. Adapun faktor pendukungnya yaitu motivasi dari kepala sekolah dan penyampaian materi yang baik dari guru, bantuan dari orangtua peserta didik, warga desa setempat, dan yayasan pesantren. Adapun faktor penghambatnya yaitu fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya dorongan dari orangtua peserta didik. Adapun solusinya yaitu kepala sekolah berusaha untuk memfasilitasi seadanya, lebih dekat dan lebih memperhatikan peserta didik.
References
Drajat, Amroeni, Ulumul Qur’an Pengantar ilmu-ilmu Al-Qur’an, (Jakarta:Kencana, 2020).
Ma’rifatul, Munija, kaidah-kaidah imla’, (Malang: UIN Maliki Press,2018).
Pemerintah Kab Pati, Pentingnya Mengajarkan Mengaji Sejak Dini”, https://smartcity.patikab.go.id/index.php/data_berita/detail/berita_online/3320, diakses tanggal 20 Februari 2022
Rif’iyati, Dian, “Penguatan Baca Tulis Al-Qur’an Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Pekalongan”, dalam Jurnal Madaniyah, No. 2, Vol. 9, 2019.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, h.3.
Yulia, Wulandari Dwi, Upaya Kepala Sekolah Dalam Motivasi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menegah Pertama Negeri 6 KAUR, (Bengkulu:IAIN, 2019).
Wahyudin, Din, et.all, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Universitas terbuka, 2008).
Wijoyo, Hadion, Penguatan Pendidikan Nasional , (Sumatera Barat: CV insan cendekia mandirir).
Asiah, Siti N O R, Adam Bin, Haji Jait, and Mohammad Salehudin, ‘The Implementation of Rewards in Creating Discipline for Early Childhood Group Ages 5-6 Years’, 2.1 (2022), 43–51
Aspita Hamdian, Mia, and Uin Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, ‘Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting’, Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1.c (2021), 2021
Bontang, Kanak-kanak A L Ihsan, ‘S y a m i L’, 7 (2019)
Bontang, Yabis, and Lina Revilla Malik, ‘FENOMENA : Jurnal Penelitian’, 11.1 (2019), 67–90
Eka, Siti Nor Asiah, and Livita Magfiratul Laili, ‘Strategi Dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini’, Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8.1 (2022), 90–101
Hanim, Zaenab, Masyni Masyni, Rahmad Soe`oed, and Siti Nor Asiah, ‘Learning Innovation Management on Effective Classes at SMPIT Cordova Samarinda’, Dinamika Ilmu, 19.2 (2019), 225–36
Hasanah, Naomi, and Wildan Saugi, ‘Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara Di Depan Umum’, Borneo Journal of Islamic Education, I.1 (2021), 1–12
Hidayati, Sri Robingatin Saugi Wildan, ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong’, Pendidikan Anak Usia Dini, 4.1 (2020), 24
Khadijah, Robingatin, ‘AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini Kemitraan Orangtua Dan Masyarakat Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini’, 2.1 (2019), 35–57
Logika, Kecerdasan, Matematika Anak, Usia Dini, and Zakiyah Ulfah, ‘Efektivitas Permainan Maze Angka Dalam Meningkatkan’, 1 (2021), 103–14
Malik, Lina Revilla, Universitas Islam, Negeri Sultan, Aji Muhammad, Idris Samarinda, Zakiyah Ulfah, and others, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, 3.1 (2022), 27–36
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, and Wildan Saugi, ‘Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2.1 (2019), 9–23
Mujahidah, ‘Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas’, Lentera, IXX.2 (2015), 171–85
Mujahidah Mujahidah, ‘Faktor Situasional, Orientasi Tujuan, Dan Locus of Control Sebagai Prediktor Praktek Menyontek: Penyusunan Dan Pengujian Model’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16.1 (2013), 35–52
Nor, Siti, and Asiah Rizky, ‘Penerapan Kegiatan Finger Painting Pada Kemampuan Motorik Halus’, 1.c (2022), 87–92
Robingatin, R, S N Asiah, and E Ekawati, ‘Kemampuan Motorik Halus Anak Laki-Laki Dan Perempuan’, BOCAH: Borneo Early …, 1.c (2021), 55–63
Salsabila, Urwatul Wusqo Nur, and Wildan Saugi, ‘Pengaruh Bimbingan Al-Qur’an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 139–48
Saugi, Wildan, ‘Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Dakon Di Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda Developing Arithmetic Skills Through Traditional Game Dakon At Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda’, Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7.1 (2020), 1–14
Saugi, Wildan, Zurqoni Zurqoni, Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah, Muhamad Hasan Abdillah, Sri Susmiyati, and Ibnu Sutoko, ‘Cinta Dan Kehangatan: Studi Kualitatif Pembentukan Nilai Toleransi Anak Usia Dini Di Papua’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 5630–40
Secara, Diperam, Tradisional Dengan, and Diperam Menggunakan, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, I.2 (2020), 63–71
Sunanik, ‘Penguatan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif’, J-Adimas, 1.1 (2015), 20–27
Sunanik, Sunanik, ‘Pelaksanaan Terapi Wicara Dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7.1 (2013), 19–44
———, ‘Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini Di Tk Alam Alazhar Kutai Kartanegara’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.1 (2018), 81–110
———, ‘Perkembangan Anak Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme’, SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2.1 (2014), 14
Tadjuddin, Nilawati, Robingatin, Meriyati, Eti Hadiati, Rifda El-Fiah, Ahmad Walid, and others, ‘Emotional Intelligence of Elementary Scholar: Instructional Strategy and Personality Tendency’, European Journal of Educational Research, 9.1 (2020), 203–13
Widyastuti, Laras Retno, Lina Revilla Malik, and Abdul Razak, ‘Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika’, Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9.1 (2020), 19–24
Xc, F-, and F- Xc, ‘Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi Mujahidah *’, XV.1 (1876), 101–14
Zainuddin, Zainuddin, Ananiah Ananiah, and Wildan Saugi, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 179–87