Efektivitas Kegiatan Kolase dalam Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B TK Nurul Iman Samarinda

  • Devi Yulia Wulandari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kegiatan Kolase, Perkembangan Kognitif

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pada observasi awal, penulis melihat penggunaan kegiatan ini berlangsung dengan menarik saat penggunaan kolase dilakukan untuk proses pembelajaran. Pada dasarnya banyak orang menilai bahwa kegiatan kolase cukup berkembang pada aspek motorik anak, namun peneliti melihat bahwa semua aspek mampu berkembang dengan bersama salah satunya yang menonjol yaitu pada aspek kognitif anak. Oleh karena itu, penulis ingin melihat lebih lanjut apakah penggunaan kegiatan kolase tersebut efektif untuk menstimulus perkembangan anak, khususnya pada perkembangan kognitif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektivitas penggunaan kegiatan kolase dalam  menstimulus perkembangan anak di TK Nurul Iman Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif ekperimen. Adapun lokasi penelitian di TK Nurul Iman Samarinda. Populasi sebanyak 19 dan menggunakan sampel jenuh maka sempel yang digunakan sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen uji yang digunakan yaitu validitas, dan realibilitas. Teknik analisis data yang diguanakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji- t. Hasil dari uji instrumen data validitas pada pretest terdapat 11 butir valid dari 14 butir, dan uji validitas posttest terdapat 12 butir valid dari 14 butir maka hasil yang valid digunakan sebagai penilaian untuk guru terhadap perkembangan anak yang mewakili dari 7 indikator perkembangan kognitif untuk setiap anak. Pada uji normalitas pretest dengan sig 0,156, posttest dengan sig 0,200 dari kedua sig > 0,05 maka data berdistribusi normal. Pada hasil uji homogenitas terdapat sig 0,288 > 0,05 maka homogen untuk menjadi sampel penelitian. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan korelasi Product Moment diperoleh rxy 0,808≥ rtabel 0,456 terdapat korelasi yang signifikan dengan tingkat korelasi yang tinggi dan thitung 7,60 ≥ ttabel 1,7 dan n= 19 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan taraf kontribusi 65,2%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Hijriati. 2007. Pergembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal dari Model-model Pembelajaran. Banda Aceh: UIN Ar-Rainy.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012 Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Asiah, Siti N O R, Adam Bin, Haji Jait, and Mohammad Salehudin, ‘The Implementation of Rewards in Creating Discipline for Early Childhood Group Ages 5-6 Years’, 2.1 (2022), 43–51
Aspita Hamdian, Mia, and Uin Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, ‘Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting’, Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1.c (2021), 2021
Bontang, Kanak-kanak A L Ihsan, ‘S y a m i L’, 7 (2019)
Bontang, Yabis, and Lina Revilla Malik, ‘FENOMENA : Jurnal Penelitian’, 11.1 (2019), 67–90
Eka, Siti Nor Asiah, and Livita Magfiratul Laili, ‘Strategi Dan Hambatan Manajemen Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini’, Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8.1 (2022), 90–101
Hanim, Zaenab, Masyni Masyni, Rahmad Soe`oed, and Siti Nor Asiah, ‘Learning Innovation Management on Effective Classes at SMPIT Cordova Samarinda’, Dinamika Ilmu, 19.2 (2019), 225–36
Hasanah, Naomi, and Wildan Saugi, ‘Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara Di Depan Umum’, Borneo Journal of Islamic Education, I.1 (2021), 1–12
Khadijah, Robingatin, ‘AL ATHFAAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Uisa Dini KEMITRAAN ORANGTUA DAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI’, 2.1 (2019), 35–57
Logika, Kecerdasan, Matematika Anak, Usia Dini, and Zakiyah Ulfah, ‘Efektivitas Permainan Maze Angka Dalam Meningkatkan’, 1 (2021), 103–14
Malik, Lina Revilla, Universitas Islam, Negeri Sultan, Aji Muhammad, Idris Samarinda, Zakiyah Ulfah, and others, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, 3.1 (2022), 27–36
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, and Wildan Saugi, ‘Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu’, El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 2.1 (2019), 9–23
Mujahidah, ‘Implementasi Teori Ekologi Bronfenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter Yang Berkualitas’, Lentera, IXX.2 (2015), 171–85
Mujahidah Mujahidah, ‘Faktor Situasional, Orientasi Tujuan, Dan Locus of Control Sebagai Prediktor Praktek Menyontek: Penyusunan Dan Pengujian Model’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 16.1 (2013), 35–52
Nor, Siti, and Asiah Rizky, ‘Penerapan Kegiatan Finger Painting Pada Kemampuan Motorik Halus’, 1.c (2022), 87–92
Robingatin, R, S N Asiah, and E Ekawati, ‘Kemampuan Motorik Halus Anak Laki-Laki Dan Perempuan’, BOCAH: Borneo Early …, 1.c (2021), 55–63
Salsabila, Urwatul Wusqo Nur, and Wildan Saugi, ‘Pengaruh Bimbingan Al-Qur’an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 139–48
Saugi, Wildan, ‘Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Tradisional Dakon Di Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda Developing Arithmetic Skills Through Traditional Game Dakon At Raudhatul Athfal Al Kamal 1 Palaran Samarinda’, Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7.1 (2020), 1–14
Saugi, Wildan, Zurqoni Zurqoni, Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah, Muhamad Hasan Abdillah, Sri Susmiyati, and Ibnu Sutoko, ‘Cinta Dan Kehangatan: Studi Kualitatif Pembentukan Nilai Toleransi Anak Usia Dini Di Papua’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6.6 (2022), 5630–40
Secara, Diperam, Tradisional Dengan, and Diperam Menggunakan, ‘Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo’, I.2 (2020), 63–71
Sunanik, ‘Penguatan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif’, J-Adimas, 1.1 (2015), 20–27
Sunanik, Sunanik, ‘Pelaksanaan Terapi Wicara Dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7.1 (2013), 19–44
———, ‘Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Anak Usia Dini Di Tk Alam Alazhar Kutai Kartanegara’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3.1 (2018), 81–110
———, ‘Perkembangan Anak Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme’, SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 2.1 (2014), 14
Widyastuti, Laras Retno, Lina Revilla Malik, and Abdul Razak, ‘Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika’, Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9.1 (2020), 19–24
Xc, F-, and F- Xc, ‘PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI Mujahidah *’, XV.1 (1876), 101–14
Zainuddin, Zainuddin, Ananiah Ananiah, and Wildan Saugi, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana’, Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1.2 (2020), 179–87
Published
2022-06-17
How to Cite
Wulandari, D. (2022). Efektivitas Kegiatan Kolase dalam Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B TK Nurul Iman Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 2(2), 111-123. https://doi.org/10.21093/bjpe.v2i2.5506