Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Multikulturalisme di Sekolah Dasar Tenggarong

  • Helwilita Helwilita UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: pendidikan agama Islam, multikulturalisme

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Tenggarong, menekankan inklusivitas dan penghormatan terhadap keragaman dalam pendidikan. Ini menggali berbagai aspek seperti desain kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung multikulturalisme dalam pendidikan agama. Tantangan yang dihadapi sekolah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasinya dibahas, memberikan pandangan komprehensif tentang pentingnya dan implementasi efektif nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama sekolah menengah. Peran kepala sekolah dalam memfasilitasi implementasi ini melalui visi yang jelas, kebijakan yang mendukung, alokasi sumber daya yang memadai, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan disorot. Studi ini menunjukkan bagaimana PAI tidak hanya memberikan ajaran agama dan moral tetapi juga mempromosikan kesadaran sosial, perawatan lingkungan, pemikiran kritis, dan keterampilan analitis di antara siswa

 

References

Adib, M. A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Agama Islam. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i1.351
AKHMAD SHUNHAJI. (2019). Agama Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnalptiq.Com, 1(1), 1–21. Allim, T. A. L. I. M. A., Fitria, U., & Atqia, W. (2023)., 158–179.
Amalia, T., & Mutiawati, M. (2023). Social Guidance to Increase Solidarity between Employees of Different Religions. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(1), 719– 728. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i1.2866
Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 30–39. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.93
Arikarani, Y. (2024). Adaptasi Teknologi Dan Media Pembelajaran Melalui Canva Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka. Ej, 6(2), 111–
127. https://doi.org/10.37092/ej.v6i2.677
Baderiah, B. (2019). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum 2013 Di Sma Negeri Kota Palopo. Al-TA’DIB, 12(1), 148. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1156
Berbasis, P., & An, A.-Q. U. R. (2023). 293-Article Text-881-1-10-20230430, 18(1), 51–65.
bidin A. (2017). Опыт аудита обеспечения качества и безопасности медицинской деятельности в медицинской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Вестник Росздравнадзора, 4(1), 9–15.
Dan, T. A. R., Dalam, M., & Agama, S. (2019). ABAD KE 21, 14(1), 1–18.
Diana, P. Z., & Wirawati, D. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Komprehensi Lisan Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Berorientasi Literasi Digital. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 170. https://doi.org/10.30659/j.8.2.170-179
Dianti, Y. (2017). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(3), 5–24. Diambil dari http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Effendi, I. Z. (2023). Simbol Multikulturalisme Pada Imaji Hibrid Paksi Naga Liman Keraton Kanoman Cirebon. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 11(1), 1–24. https://doi.org/10.36806/jsrw.v11i1.167 Endang Rifani, Susilawati, S., & Anggraini, W. (2022). Sikap Multikulturalisme Konselor Sekolah. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 415–420.
https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.231
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Haryanto Sri, N. (2022). TRANSFORMATION OF THE EDUCATION SYSTEM IN ISLAMIC
EDUCATIONAL 12 Universitas Sains Al- Qur ’ an , Wonosobo Email *): sriharyanto@unsiq.ac.id. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(1), 397–404.
Humaisi, M. S. (2020). Sumbangan Pendidikan Islam dalam Mengantar Pluralisme dan Multikulturalisme Indonesia. Likhitaprajna Jurnal ilmiah, 22(2), 78–95. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v22i2.181
Husaini, A. Al, Rosyada, I., Wahab, J. A., Nurhayati, N., & Afifah, M. N. (2022). Tantangan Multikulturalisme dalam Berbagai Aspek di Indonesia. Yasin, 2(1), 152–162. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i1.218
Muzammil, S. (2024). Hikamia Doi : https://doi.org/10.58572/hkm.v4i1.68 Transformasi Tasawuf Modern Menurut Nasaruddin Umar dan Relevansinya Dalam Masyarakat Multikulturalisme Di Indonesia 4(1), 1–21.
Nasution, J. S., Fatonah, S., Sapri, S., & Sakdah, M. S. (2023). Analisis Integrasi Nilai- Nilai Islam Dalam Pembelajaran Di SD Islam Terpadu Al-Fityan Medan Sumatera Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 654. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2052

Nuswantoro, W. Y., Fanani, H. S., & Kusumastuti, E. (2021). Analisa Keimanan Mahasiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara Daring: Perspektif Psikologi. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.30863/attadib.v2i1.1321
Pentashihan, L., Al-Qur’an, M., Litbang, B., Kementerian, D., & Ri, A. (n.d.). QUR’AN KEMENAG IN MICROSOFT WORD. Diambil dari https://lajnah.kemenag.go.id
Robiatul, L., & Basri, M. (2023). The Use of Word Card Media for Letter Recognition in Early Students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(1), 705–718. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i1.2830
Samiah, W., & Andi, A. (2023). The Value of Multicultural Education and Tolerance in Indonesian History Learning Textbooks for Senior High School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(2), 358–372. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.2957
Saputra, M. N. A., & Mubin, M. N. (2021). Urgensi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Radikalisme Di Indonesia. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 3(1), 16–28. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v3i1.693
Sholichati, I., & Janitra, B. E. (2021). Tawaran Dialog Interkultural Sebagai Pengganti Multikulturalisme Di Eropa. Jurnal Sosiologi Nusantara, 7(1), 105–114. https://doi.org/10.33369/jsn.7.1.105-114
Subhan Adi Santoso. (2019). Problematika Pembelajaran Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.37286/ojs.v2i1.47
Zaini, H. (2017). Teori Pembelajaran Bahasa Dan Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif. An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 19(2), 194. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v19i2.999
Published
2024-11-23
How to Cite
Helwilita, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Multikulturalisme di Sekolah Dasar Tenggarong. Borneo Journal of Primary Education, 4(2). https://doi.org/10.21093/bjpe.v4i2.6677