Hasil Belajar Siswa Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditori Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Anggana

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL DAN AUDITORI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 ANGGANA

  • Wiwik Dwi Kurniawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari antara siswa gaya belajar visual dan gaya belajar auditori kelas V SD Muhammadiyah 1 Anggana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif yang bersifat ex post facto, dengan subjek penelitian ini siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Anggana yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Anggana. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar kognitif dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian diperoleh 1) Hasil belajar matematika berdasarkan siswa gaya belajar visual dominan berada pada kategori hasil belajar cukup, yaitu terdapat 12 siswa pada kategori cukup dengan diperoleh rata-rata sebesar 84,06. 2) Hasil belajar matematika berdasarkan siswa gaya belajar auditori dominan berada pada kategori hasil belajar cukup, yaitu terdapat 9 siswa pada kategori cukup dengan diperoleh rata-rata sebesar 77,75. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan terdahap hasil belajar matematika siswa gaya belajar visual dengan siswa gaya belajar auditori siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Anggana. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,010 < 0,05 maka Ha diterima.

Published
2025-04-24
How to Cite
Kurniawati, W. (2025). Hasil Belajar Siswa Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditori Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Anggana. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 4(3), 148-154. https://doi.org/10.21093/bjsme.v4i3.10384

Most read articles by the same author(s)