Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda

  • Gianto Gianto UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Eni Kasmiyati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda dengan pemberian tugas mingguan dan berkomunikasi melalui WhatsApp. Kemudian kondisi hasil belajar matematika yang kurang maksimal ketikan dites langsung oleh guru dan saat pembelajaran jarak jauh dilakukan rata-rata nilai siswa di atas KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda. Jenis penelitian kuantitatif Pre-experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Designs. Seluruh siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda yang berjumlah 266 siswa sebagai populasi dari penelitian ini.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dengan menggunakan uji t (Paired Sampel t test) yang terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar siswa dilihat dari nilai mean pre-test sebesar 65,23 dan nilai mean post-test sebesar 87,86 untuk hasil belajar matematika materi sifat-sifat bangun ruang. Kemudian dibuktikan berdasarkan analisis menggunanakan uji t (Paired Sampel t test), diperoleh data (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda

Published
2021-07-07
How to Cite
Gianto, G., & Kasmiyati, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muna Samarinda. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 1-5. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i1.5117