Eksplorasi Etnomatematika pada Sarung Tenun Samarinda di Rumah Tenun Rahma Dina Samarinda Seberang
Abstract
Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika pada Sarung Tenun Samarinda dan menjadi media alternatif dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika di sekolah, pada materi geometri bisa dikaitkan dengan budaya yang ada, seperti pada sarung tenun samarinda yang motif-motifnya berbentuk bangun datar geometri. Dengan ini matematika terasa lebih nyata di kehidupan. Objek dari penelitian ini adalah Sarung Tenun Samarinda. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Identifikasi konsep matematika pada Sarung Tenun Samarinda dilakukan dengan mengumpulkan informasi melalui wawancara dan dokumentasi serta berbagai referensi, seperti jurnal dan buku-buku. Berdasarkan hasil penelitian kami, terdapat konsep-konsep matematika pada sarung tenun samarinda, yaitu pada motif dan proses pembuatan sarung tenun. Pada motif pucuk rebung, terdapat konsep geometri, yaitu persegi, persegi panjang, garis sejajar, dan garis berpotongan tegak lurus. Pada motif cumi terdapat konsep pencerminan/refleksi, dan pada motif hatta hampir sama persis dengan motif pucuk rebung. Perbedaan terletak pada warna dan ada sedikit tambahan motif pada motif hatta. Temuan penelitian digunakan sebagai produk etnomatematika sehingga menjadi media alternatif dalam pembelajaran matematika. Juga dapat digunakan sebagai contoh bagaimana konsep matematika diterapkan pada kehidupan sehari-hari dan diharapkan dapat bermanfaat bagi pembelajaran konseptual
References
Anjarwati, Subekti, Anggi Erna Aryani, Fika Fa’aliyatul Azizah, dan Ahmad Anis Abdullah. “Eksplorasi Etnomatsains pada Lumpia Semarang serta Implikasi dalam Pembelajaran Matematika dan Sains.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 1 (2022): 183–92. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.183-192.
Darmawati, Darmawati. “Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sarung Tenun Samarinda: Studi Potensi Ekonomi Kreatif Perempuan Samarinda Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Jurnal Iqtisaduna 9, no. 1 (7 Juni 2023): 28–43. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v9i1.37499.
Gazanofa, Farah Salsabila, dan Wahidin Wahidin. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerak Tari Piring.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 3 (31 Oktober 2023): 3162–73. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2679.
Hasan, Mokhammad Aby, dan Mega Teguh Budiarto. “EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BUDAYA MASYARAKAT SIDOARJO.” MATHEdunesa 11, no. 2 (6 Juni 2022): 562–73. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p562-573.
Hasanah, Fatmawati Nur, Dias Kurniasih Fajri, Ovie Yuni Fitriyani, Nofita Sari, dan Permadi Pramumita. “Eksplorasi Etnomatematika pada Sarung Tenun Goyor Pemalang,” t.t.
Kamarullah, Kamarullah. “PENDIDIKAN MATEMATIKA DI SEKOLAH KITA.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 1, no. 1 (1 Juni 2017): 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729.
Marinka, Desi Okta, dan Peni Febriani. “Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa” 03, no. 02 (2018).
Nuraini, Siti, dan Asep Miftahul Falah. “Eksistensi Kain Tenun di Era Modern,” t.t.
Nurdewi, Nurdewi. “IMPLEMENTASI PERSONAL BRANDING SMART ASN PERWUJUDAN BANGGA MELAYANI DI PROVINSI MALUKU UTARA.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 1, no. 2 (17 Oktober 2022): 297–303. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.235.
Pajrin, Nur Fathaillah, Haeruddin Haerudin, dan Sugeng Sugeng. “EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI JENJANG SMP PADA MOTIF SARUNG SAMARINDA.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika 9, no. 2 (31 Oktober 2022): 1–12. https://doi.org/10.26714/jkpm.9.2.2022.1-12.
Purwadi, Purwadi Purwadi. “KAJIAN SARUNG SAMARINDA DARI PRESPEKTIF PEMANGKU KEPENTINGAN.” Kinerja : Jurnal Ekonomi dan Manajemen 12, no. 2 (8 Agustus 2015). https://doi.org/10.30872/jkin.v12i2.9.
Rezhi, Khodijah, Leli Yunifar, dan Muhammad Najib. “Memahami Langkah-Langkah dalam Penelitian Etnografi dan Etnometodologi.” Jurnal Artefak 10, no. 2 (27 September 2023): 271. https://doi.org/10.25157/ja.v10i2.10714.
Rifayanti, Rina, Gledis Kristina, Sri Roman Doni, Rulis Setiani, dan Three Putri Welha. “Filosofi Sarung Tenun Samarinda Sebagai Simbol dan Identitas Ibu Kota Kalimantan Timur.” Psikostudia : Jurnal Psikologi 6, no. 2 (15 Desember 2017): 21–31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v6i2.2373.
Sari, Ika Dewi. “Eksplorasi Batik Saho Balikpapan Pada Materi Transformasi Geometri.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman 3 (30 Juli 2023): 192–203.
Septiana, Wina, Nurul Hikmah, Nourma Pramestie Wulandari, dan Sudi Prayitno. “Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Desa Sukarara Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 3 (24 Agustus 2023): 1725–36. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1569.
Septiani, Ulfa, dan Luvy Sylviana Zanthy. “Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (27 April 2019): 58–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75.
Tambunan, Nurma. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 3 (20 Desember 2016). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.993.
Wahyudi, Indra, Syamsul Bahri, dan Popon Handayani. “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia.” Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI 5, no. 1 (1 Februari 2019): 71–76. https://doi.org/10.31294/jtk.v5i1.4470.