Peningkatan Kemampuan Menggabungkan Suku Kata Melalui Permainan Media Kartu Suku Kata Bergambar

  • Sesmiyati Sesmiyati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zamroni Zamroni UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Juhairiah Juhairiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: suku kata, permainan media kartu, suku kata bergambar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata anak di Kelompok Bermain Bina Ilmu Muara Badak Kutai Kartanegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada indikator penilaian dalam menyebutkan suku kata, menggabungkan suku kata membentuk kata, dan menghubungkan gambar dengan kata adalah sebelum dilakukan tindakan kemampuan anak masih memperoleh nilai ketuntasan dengan persentase 25 % pada kriteria belum berkembang (BB). Setelah dilakukan tindakan perkembangan anak mulai meningkat yakni pada siklus I perkembangan menggabungkan suku kata anak menjadi 53% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II perkembangan menggabungkan suku kata anak meningkat menjadi 76% pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Persentase ketuntasan hasil belajar anak yang peneliti targetkan adalah 70% dan hasil persentase dari penelitian adalah 76%, dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil. Dari hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain melalui media kartu suku kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan menggabungkan suku kata pada anak Kelompok B di Kelompok Bermain Bina Ilmu Muara Badak Kutai Kartanegara.

References

Aulia. Revolusi Pembuat Anak Candu Membaca. (Jogjakarta: Flashbook, 2012), hlm. 12
Baroroh, Esny. Peningkatkan kemampuan membaca permulaan anak menggunakan media kartu kata bergambar pada kelompok B di TK PKK Marsudisiwi Gunungkelir Pleret Bantul. Skripsi Universitas Negerii Yogyakarta, 2017
Kemendiknas. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Bina Insan Mulia, 2010), hlm. 3
Mulyasa. Manajemen PAUD. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014). hlm. 35.
Mulyati. Yeti. Bahasa Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2012), hlm. 10.1
Musodah. Ari. Peningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak Kelompok B2 RA Ma’arif NU Karang Tengah Kertanegara Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2014
Suyadi, Muhammad dan Ulfah. Konsep Dasar PAUD. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm. 17
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal, Pasal 28
Umaroh. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan Comal Kabuoaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang
Published
2021-09-03
How to Cite
Sesmiyati, S., Zamroni, Z., & Juhairiah, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menggabungkan Suku Kata Melalui Permainan Media Kartu Suku Kata Bergambar. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(1), 39-48. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/3709

Most read articles by the same author(s)