Peningkatan Kapabilitas Berhitung Siswa Kelompok B dengan Visual Biji-Bijian di RA Tunas Bengkuring Samarinda
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh asumsi penelaah, bahwa biji-bijian dapat membantu pada anak usia dini untuk meningkatkan kapabilitas berhitungnya. Hal ini disebabkan oleh pola pikir anak yang masih dalam tingkat praoperasional, anak menyebutkan benda-benda nyata dalam aktivitas belajarnya. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 kali tahapan perlakuan, yaitu 6 kali pertemuan. Metode yang diaplikasikan adalah deskriptif kwalitatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah pembelajaran dengan mengaplikasikan visual biji-bijian dapat meningkatkan kapabilitas berhitung siswa/siswi di RA. Tunas Bengkuring Samarinda atau tidak. Data diperoleh melalui kegiatan berhitung dengan mengaplikasikan visual biji-bijian dari 2 kali tahapan perlakuan atau 6 kali pertemuan. Data menunjukkan peningkatan kapabilitas menghitung anak setelah 2 kali tahapan perlakuan sebagai berikut: pada tahapan 1 diperoleh rata-rata nilai anak 44% kemudian dilanjutkan dengan tahapan 2 dan mengalami peningkatan menjadi 77%, hal ini menandakan Biji-bijian mampu membantu anak usia dini dalam peningkatan kapabilitas berhitung siswa/siswi.
References
Aisyah Siti, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Akib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Y Rama.
Ali Hamdani. 2014. Makalah karakteristik pendidikan anak, (online), http//hamdanial.blogspot.co.id/2014/04/makalah-karakteristik-pendidikan-anak.html?m=1).
Anggreani Chresty. 2013. Pengertian Berhitung. Skripsi PTK PAUD. (http://www.definisi-pengertian.com/search/label/Definisi-dan-Pengertian).
Anggoro Toha. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian,. Jakarta : Rineka Cipta.
Ellis Ormrod Jeane. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Erlangga.
Fauziah Nur Siti ( 2012 : 1 ) Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, author : Siti Fauziyah Nur, (http://ejournal.unesa.ac.id).
Hartanti, W., & Wardhana, K. E. (2023). Membangun Literasi Lingkungan Dengan Menggunakan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Di TK Nasional KPS Balikpapan. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 2(1), 17–29.
Indriana Zulfaidah. 2013. Pengertian dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas. (http://zulfaidah-indriana.blogspot.com/2013/05/pengertian-dan- karakteristik-penelitian.html?m=1).
Kautsar Eka Wardhana. (2022). Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Sultan Idris Journal of Psychology and Education, Vol. 1. No. 2, Maret 2022, 56–66. https://doi.org/10.21093/sijope.v1i2.4917
Kautsar Wardhana, Ahmad Syafi’i, & Firnanda Putra. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905
Lestariningrum Anik. 2015. Pemanfaatan Media Biji-bijian Sebagai Sumber Belajar di Bidang Pengembangan Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini. Jilid 1. Nomor 26., (http://www.idnarko.ac.id)
Soehardi, 2003. Esensi Perilalu Organisasional. Bagian Penerbit Fakultas Ekonomi Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.
Muslich Masnur, 2012. Melaksanakan PTK itu mudah, Jakarta: Bumi Aksara.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007a. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sjarkawi. 2005. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulifan. 2007. Classroom Action Research. Teknik penyusunan dan representatif Proposal PTK Rahayas. Jakarta : Rineka Cipta.
Sumanto. 2014. Psikologi Perkembangan, Fungsi dan Teori. Jakarta : PT. Buku Seru.
Susanto Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Uukurniawati. 2012. Perkembangan Kognitif Melalui Permainan. (https://uukurniawati.wordpress.com/2012/12/15/perkembangan-kognitif-melalui-permainan/).
Upton Penney. 2012. Developmental Psychology, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.