Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika

  • Kautsar Eka Wardhana State Islamic Institute of Samarinda
  • Ahmad Maulana Syafi'i State Islamic Institute of Samarinda
  • Firnanda Pradana Putra State Islamic Institute of Samarinda
Keywords: macromedia Flash, pembelajaran matematika, geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash  dalam materi geometri. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain, produksi, evaluasi, dan revisi. Setelah melalui tahap produksi, dihasilkan produk awal yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya produk diujicobakan kepada siswa, lalu setelah itu baru dilanjutkan penelitian ke lapangan untuk melihat penerapannya pada pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dan validasi oleh 2 validator yang terdiri dari 1 orang ahli media dan 1 orang guru matematika.

References

Adla, D. P. W., Wardhana, K. E., Syarif, I. M., Amelia, K., & Norlita, N. (2020). Peran Pendidikan Multikultural di SMA Negeri 17 Samarinda dalam Menerapkan Sifat Toleransi Beragama. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(3 SE-Articles). https://doi.org/10.21462/educasia.v5i3.125

Ardhana & Willis. 1989. Metode Pengajaran. Jakarta: P2LPTK.

Jayadi, Yenny Anjar. 2008. Penggunaan Jurnal Belajar dengan Macromedia Flash Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Surakarta. Surakarta: Univesitas Sebelas Maret.

Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rio, A. 2006. Tutorial Macromedia Flash Workshop One Day Flash Animation. Yogyakarta: Andi Offset.

Safitri, Yuni. 2007. Aplikasi Pembelajaran dengan Penggunaan Macromedia Flash Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Melalui Metode Jigsaw di SMA Al Islam 2 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Suryana, Ana. 2009. Studi Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Program Macromedia Flash Untuk Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Peubah SMP Kelas VIII , Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Suyanto, M. 2003. Multimedia: Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.

Syafdi, Maizora. Tanpa tahun. Pembuatan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash

Wijaya, Adi. 2003. Pemanfaatan Komputer Sebagai Media Pembelajaran. Makalah pada Diklat Guru Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Published
2021-02-23
How to Cite
Wardhana, K., Syafi’i, A., & Putra, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 57-67. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5905