Mengenal Kemampuan Berpikir Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Soal Geometri

  • Muhammad Rasidi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Firnanda Pradana Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: menyelesaikan masalah, berpikir, matematika, geometri

Abstract

Beberapa siswa di tingkat  SMP/MTs masih memiliki kemampuan berpikir kreatif yang  rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa MTs kelas VII dalam pemecahan masalah matematika tentang materi bangun datar atau geometri dua dimensi. Kriteria kemampuan berpikir kreatif meliputi kelancaran, keluwesan dan kebaruan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penlitian deskriptif kualitatif tentang pemecahan masalah bangun datar. Subjek penelitian  diambil dari 10 siswa MTs kelas VII dengan memberikan soal tes pemecahan masalah matematika, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data ini menunjukkan bahwa soal tes yang berbentuk pemecahan masalah sangat cocok untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa dan menjadikan siswa semakin berkembang dan percaya diri pada saat pembelajaran berlangsung.

References

Adams, N. E. (2015). Bloom's Taxonomy of Cognitive Learning Objectives. Journal of the Medical Library Association, 152-153.
Amier. (2019). Analytical Thinking. CAPSCU, 1-8.
Hadzigeorgiou, Y. (2020). Creative Science Education. Imaginative Science Education, 121-141.
Hanany, F., & Sumaji. (2020). Berpikir Kreatif dalam Matematika. Jurnal Silogisme, 77-83.
Isaksen. (2020). Creative Approaches to Problem Solving. Hunt Publishing Company, 1-8.
Jaskari, M.-M. (2019). The Challenge of Assessing Creative Problem Solving in Client-Based Marketing Development Projects: A SOLO Taxonomy Approach. Journal of Marketing Education, 35(3), 231–244. https://doi.org/10.1177/0273475313485586
Kamplis & Berki. (2020). Nurturing Creative Thinking. Diambil kembali dari International Academy of Education - International Bureau of Education: (http://www.iaoed.org) - (http://www.ibe.unisco.org/publications.htm)
Liljedahl, P. et al. (2018). Problem Solving in Mathematics Education. Cham: Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-40730-2
Leikin, R. (2018). The education of mathematically gifted students: On some complexities and questions. Montana Mathematical Enthusiast Journal, 8(2), 167-188.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Putra, F. P., Nurqolbu, A., & Jamil, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Dimensi Tiga di Kelas XII MA. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 105-116.

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 12-27.
Sternberg, R. J. (2018). School mathematics as a creative enterprise. ZDM, 49(7), 977–986. https://doi.org/10.1007/s11858-017-0884-2
Strang, L. B. (1975). Important physiological considerations in artificial respiration and reanimation of newborn infants. Annales De L’anesthesiologie Francaise, 16 Spec No 1, 97–100
Siswono, T.E.Y. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Disertasi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Negeri Surabaya.
Published
2022-06-29
How to Cite
Rasidi, M., & Putra, F. (2022). Mengenal Kemampuan Berpikir Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Soal Geometri. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 57-60. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i2.6022