Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran

  • Marniati Kadir UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Juhairiah Juhairiah UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Saugi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Firnanda Pradana Putra UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Angger Rahayu UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Putra Pradana UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendampingan, Video, Pembelajaran

Abstract

Pendidikan pada abad ke 21 ini penuh tantangan, khususnya bagi guru. Tantangan yang dihadapi salah satunya pada dunia teknologi, teknologi berkembang sangat pesat, serta berperan penting dalam dunia pendidikan saat ini. Perkembangan teknologi tentunya membuat guru merasa dituntut melek teknologi agar mereka tidak ketinggalan zaman dan tentunya guru yang melek teknologi dapat memberikan suatu proses pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami siswa. Selain itu guru dapat membantu siswa menjadi kolaboratif, pemecah masalah, pelajar kreatif melalui penggunaan TIK sehingga dapat menyiapkan mereka siap kerja.[1] Melek teknologi menjadi keharusan di saat proses pembelajaran berubah semenjak tahun 2019, dimana seluruh dunia digemparkan oleh virus covid-19. Akibat adanya virus corona ini khususnya dunia pendidikan telah dialihkan pada pembelajaran online. Pembelajaran online ini tentunya dilakukan oleh seluruh stekholder pendidikan. Adapun menurut Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim mengimbau bahwa proses pembelajaran harus dilakukan secara online mengingat jumlah pasien covid-19 terus meningkat, adapun sesuai nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 terkait pembelajaran Daring dan Bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan Penyebaran Covid-19. Peran guru dalam pembelajaran daring ini sangat penting. Dimana proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dibutuhkan guru-guru yang kreatif dan guru yang pandai teknologi. Pendampingan video pembelajaran merupakan proses dapat dilalui oleh setiap pengajar. Dan proses pelatihan ini sangat membantu bagaimana proses pembelajaran yang dimaksud. Sehingga guru-guru tidak lagi kesulitan dalam mengembangkan dan menjalani proses pembelajaran yang bervariasi. Ditambah lagi dengan kemajuan tekhnologi yang berkembang sangat pesat// sehingga mampu mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas

References

Daud A, Syam A, Arsin A SS. Penanganan Coronavirus (Covid-19) Ditinjau Dari Perspektif Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2020.
Tajuddin Noor. "Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003." Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 3.01 (2018).
Moh. Rosyid. "Jejak Kesinambungan Madrasah Diniyah Muawanatul Muslimin Sejak 1915 Hingga 2012 di Kudus: Studi Sejarah." INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 6.2 (2012):
Adit, Albertus. 2020. 12 “Aplikasi Pembelajaran Daring KerjasamaKemendikbud,Gratis!”Tersediapadahttp:https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran daringkerjasama-kemendikbud-gratis?page=all,(diakses pada 17 November 2020).
Syaiful Sagala, Konsep Dan Makna Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2010).
Nursyaidah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik, (T.t.: Forum Pedagogik, 2014),
Ghullam Hamdu and Lisa Agustina, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan 12, no. 1 (2011):
Nuril Huda, Cahyadi Ani, and Murniningsih. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Probing Prompting Methode Secara online di IAIN Antasari Banjarmasin." (2015).
Muhamad Ripin Ikwandi. "Peran Madrasah Diniyah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama di MI Raudlotul Islamiyah, Sawocangkring, Wonoayu, Sidoarjo." EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4.1 (2017):
Published
2022-06-10
How to Cite
Kadir, M., Juhairiah, J., Saugi, W., Putra, F., Rahayu, A., & Pradana, P. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 7-13. https://doi.org/10.21093/simas.v1i1.5122

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>