Pengembangan Perilaku Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19

  • Lina Revilla Malik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Saugi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nurlina Nurlina UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: pengembangan perilaku, agama dan moral, anak usia dini, covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai – nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Al Munawwarah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 13 anak, 8 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai karakter dan keteladanan diantaranya melafazkan do’a-do’a pilihan, hadist-hadist pilihan, praktek wudhu dan praktek sholat dhuha berjamaah, mengucap salam dan salim, meminta maaf, meminta tolong, mengucapkan terima kasih, berdo’a sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, hidup bersih, disiplin belajar, pembiasaan ini terus menerus dan berkelanjutan pada anak setiap saat, setiap hari, dan terus menerus, dan mampu melatih anak berkarakter baik. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini TK Al Munawwarah Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara adalah faktor kerja sama antara guru dan orang tua dan pengetahuan dari guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi mood anak yang berubah, faktor lingkungan, serta sarana prasarana yang minim.

References

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. (Jakarta:Ciputat Press, 2012), hlm. 114
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum. Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan RA. Jakarta: 2010 hlm 2.
Dasar Pembelajaran Daring Online https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020. diakses 01 Desember 2020
Departemen Pendidikan Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka 2008) hlm. 192
Eprints.ums.ac.id/26736/2BAB_I.pdf. diakses pada tanggal 06 Desember 2020
Masitoh. Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di TK. Modul I, PGTK 220 hlm.1.19
Mirdayanti, Rina. Momentum Berbenah Dunia Pendidikan Pada Masa Covid 19. (Jogjakarta: Mbridge Press 2020, hlm.81
Nawawi, Hadari dan Mimi Martini. Penelitian Penerapan. (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2010), hlm.174
Nurani, Sujiono dan Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta:Indeks, 2012), hlm. 9
Siregar, Juliandi. Geliat Pendidikan Nasioanl Pada Masa Covid 19. Mbridge Press 2020, hlm.33
Sundanah. Implementasi Pembiasaan Nilai Agama dan Moral Anak di TKIT Salsabila Samarinda. PIAUD FTIK IAIN Samarinda, 2017
Taylor, Robert Bodgan Steven J. Kualitatif Dasar-DasarPenelitian. (Surabaya: UsahaNasional, 2010) hlm. 30
Ulwan, Abdullah Nashih. Mencintai dan Mendidik Anak Secara Islami. (Jogjakarta: Darul Hikmah, 2009). hlm. 83.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005)
UUD No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: kemendiknas, 2013), hlm 4
Quthb, Muhammad. Sistem Pendidikan Islam. ( Bandung:Al-Ma’arif , 2013), hlm. 363
Wantah, Maria J. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan perguruan Tinggi, 2005.
Published
2021-09-04
How to Cite
Malik, L., Saugi, W., & Nurlina, N. (2021). Pengembangan Perilaku Agama dan Moral Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid 19. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(1), 1-13. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/3703

Most read articles by the same author(s)