Implementasi Permainan Tradisional dalam Menstimulus Kemampuan Sosial

  • Lina Revilla Malik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Saugi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Reza Montika UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: kemampuan sosial, permainan tradisional

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM, pijakan sebelum bermain dengan menyampaikan langkah-langkah sebelum bermain seperti menyampaikan kesepakatan terkait cara memilih permainan dan kelompok bermain. Pada pelaksanaan guru melakukan penerapan permainan tradisional secara berkelompok, guru juga melakukan beberapa permainan seperti ular naga, bakiak, dan engklek/asinan. Pada evaluasi guru melakukan penilaian ceklist terhadap anak. Pada faktor penghambat yaitu dimana saat permainan dijadwalkan beberapa murid tidak hadir dan faktor pendukung yaitu alat bermain yang digunakan sangat mudah didapat dan permainan yang dilakukan juga menyenangkan sehingga mudah diterima anak.

References

Ardini, Pupung Puspa dan Anik Lestari Ningrum. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. (Nganjuk: Adjie Media Nusantara, 2018), h. 3.
Fakhruddin, Asef Umar. Sukses Menjadi Guru PAUD, (Bandung: Rosdakarya, 2018), h. 10.
Hasibuan, Vinta Elisya. Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B RA Nurul Aqli Karya Desa Pasir Tanjung. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, 2017. http://repository.umsu.ac.id/. Diakses tanggal 12 April 2022.
Indonesia Student. “Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli”. https://www.indonesiastudents.com. Diakses tanggal 13 April 2022.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011), h. 323.
Musfiroh, Tadkioatun. Teori dan Konsep Bermain. (Yogyakarta, 2014), h. 20.
PAUD Jateng. “SOP PAUD Kegiatan Pijakan Sebelum Main K-13”. https://www.paud.id. Diakses tanggal 13 April 2022.
Ridho, Rosyid, Markhamah, dan Darsinah. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 2, (2015).
Satria. “Pengertian Kemampuan Sosial”. http://id.shvoong.com. Diakses tanggal 3 Desember 2021.
Setiawan, Hendra. “Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter”. http://www.academia.edu/6245754/Permainan-Tradisional-Sebagai-Wahana-Pendidikan-Karakter-yang-Menyenangkan. Diakses tanggal 12 Juli 2021.
Syaikhudin, Ahmad. “Analisis Metode Permainan Sosial Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah”. Jurnal Ta’allum, Vol. 1, No. 2, (2013).
Undang-Undang Nomor 57 Tahun 2021, Bab 2, Pasal 1.
Published
2022-03-07
How to Cite
Malik, L., Saugi, W., & Montika, R. (2022). Implementasi Permainan Tradisional dalam Menstimulus Kemampuan Sosial. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(2), 71-78. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bocah/article/view/4881

Most read articles by the same author(s)