Implementasi Permainan Tradisional dalam Menstimulus Kemampuan Sosial
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi permainan tradisional dalam menstimulus kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Melati 2 Samboja dilakukan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, guru mempersiapkan RPPM, pijakan sebelum bermain dengan menyampaikan langkah-langkah sebelum bermain seperti menyampaikan kesepakatan terkait cara memilih permainan dan kelompok bermain. Pada pelaksanaan guru melakukan penerapan permainan tradisional secara berkelompok, guru juga melakukan beberapa permainan seperti ular naga, bakiak, dan engklek/asinan. Pada evaluasi guru melakukan penilaian ceklist terhadap anak. Pada faktor penghambat yaitu dimana saat permainan dijadwalkan beberapa murid tidak hadir dan faktor pendukung yaitu alat bermain yang digunakan sangat mudah didapat dan permainan yang dilakukan juga menyenangkan sehingga mudah diterima anak.
References
Fakhruddin, Asef Umar. Sukses Menjadi Guru PAUD, (Bandung: Rosdakarya, 2018), h. 10.
Hasibuan, Vinta Elisya. Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Kelompok B RA Nurul Aqli Karya Desa Pasir Tanjung. Skripsi Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, 2017. http://repository.umsu.ac.id/. Diakses tanggal 12 April 2022.
Indonesia Student. “Pengertian Permainan Tradisional Menurut Para Ahli”. https://www.indonesiastudents.com. Diakses tanggal 13 April 2022.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011), h. 323.
Musfiroh, Tadkioatun. Teori dan Konsep Bermain. (Yogyakarta, 2014), h. 20.
PAUD Jateng. “SOP PAUD Kegiatan Pijakan Sebelum Main K-13”. https://www.paud.id. Diakses tanggal 13 April 2022.
Ridho, Rosyid, Markhamah, dan Darsinah. “Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di KB Cerdas”. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 2, (2015).
Satria. “Pengertian Kemampuan Sosial”. http://id.shvoong.com. Diakses tanggal 3 Desember 2021.
Setiawan, Hendra. “Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter”. http://www.academia.edu/6245754/Permainan-Tradisional-Sebagai-Wahana-Pendidikan-Karakter-yang-Menyenangkan. Diakses tanggal 12 Juli 2021.
Syaikhudin, Ahmad. “Analisis Metode Permainan Sosial Untuk Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah”. Jurnal Ta’allum, Vol. 1, No. 2, (2013).
Undang-Undang Nomor 57 Tahun 2021, Bab 2, Pasal 1.