Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya pandemi covid-19 mengakibatkan banyak perubahan termasuk sektor pendidikan yang awalnya belajar tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring yang dilaksanakan di rumah masing-masing, sehingga orang tua saat ini mempunyai peran sebagai guru di rumah dalam membimbing anaknya selama pembelajaran daring. Oleh karena itu, orang tua berperan aktif dalam meningkatkan kemandirian belajar anaknya selama pelaksanaan pembelajaran daring berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar serta faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VI MI Sullamul Hidayah di masa pandemi covid-19. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sedangkan subjeknya adalah lima orang tua kelas VIA dan wali kelas VIA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber yang dilakukan kepada orang tua siswa dan wali kelas. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu peran orang tua dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MI Sullamul Hidayah yaitu fasilitator, motivator, pembimbing, pengawas, informator dan konselor, namun dalam peran organisator orang tua masih belum bisa melaksanakannya karena tidak adanya pengelolaan waktu belajar yang diberikan orang tua kepada anak. Adapun faktor pendukung adalah dengan memberikan stimulus yang baik dengan cara mengatur waktu bermain dan belajar anak, memberikan tugas kepada anak dengan melakukan tanya jawab agar orang tua mengetahui anaknya dapat memahami materi yang telah di berikan oleh gurunya dan akan akan membantu anak meningkatkan kemandiriannya, interaksi antara anak dan orang tua yang intens membuat anak menjadi nyaman, tingkat pendidikan orang tua yang dapat mengelola waktu belajar anak serta keadaan ekonomi keluarga yang dapat memberikan fasilitas lengkap kepada anak ketika belajar di rumah membuat anak mandiri dalam belajar. Faktor penghambat dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa adalah pekerjaan orang tua yang membuat orang tua mempunyai sedikit waktu dalam mendampingi anak ketika belajar, dan tingkat pendidikan orang tua yang dapat mengatur jadwal belajar anak agar lebih disiplin serta faktor dalam diri anak itu sendiri salah satunya tingkat kecerdasan menjadi salah satu faktor penghambat dalam kemandirian belajar.
References
Badan Pendidikan Kristen Penabur, Peranan Orang Tua Sebagai Model Pembelajaran bagi Anak, https://bpkpenabur.or.id di akses pada tanggal 16 Maret 2022
Fansen, “Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Yasporbi Kota Bengkulu”, Skripsi, IAIN Bengkulu, 2020
Indrati Endang Mulyaningsih, Pengaruh Interaski Sosial keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, No. 4, 2014
Katharina Retni Wahanani Hardi, “Hubungan Kondisi Ekonomi Orang Tua Dengan Kemandirian dan Kreativitas Belajar Siswa di SMAN 7 Yogyakarta dan SMAN 8 Yogyakarta”, Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2018
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional”, https://www.kemendikbud.go.id diakses tanggal 14 april 2021
Lilia Kusuma Ningrum, Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan, Skripsi IAIN Metro, 2019
Muriana Arum Susanti, Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa Mengerjakan Tugas Rumah, Journal of Education Research, Vol. 3 No. 1, 2020
M. Sihabudin, Peranan Orang Tua dalam Bimbingan Konseling Siswa, Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2, 2015
Nur Afni, Jumahir, Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Jurnal Musawa, Vol. 12 No. 1, 2020
Rosita Nugrahen. K, Purwanti, dkk. Pendampingan orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi dalam Jurnal Belaindika : Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, Vol. 3, No. 3, 2021
Rakhma, E, Menumbuhkan Kemandirian Anak, Yogyakarta:CV. Diandra Primamitra Media, 2017
Rika Sa’diyah, “Pentingnya Melatih Kemandirian Anak”, dalam Jurnal : Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, Vol. XVI, No. 1, 2017
Tanoto Foundation, Bagaimana anak-anak dan Orang Tua dapat Mengelola Pembelajaran di Rumah, https:///www.tanotofounfation.org diakses pada tanggal 16 Maret 2022
Tsaniya Zahra Y. W dan Hetty Krisnani, Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa pandemic Covid-19, Jurnal Unpad, Prosiding penelitian dan pengabdian masyarakat, Vol. 7, No. 1, 2020
UU SISDAKNAS Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 bab 1 pasal 1
Wahidin, Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar,Jurnal pancar (Pendidikan Anak Cerdas dan Pintar), Vol. 3 no. 1. 2019