Pengaruh Film Serial Nussa Dan Rarra Terhadap Akhlak Peserta Didik Di Mi Negeri 1 Samarinda

  • Fahmi Fajrin IAIN Samarinda
  • Lina Revilla Malik IAIN Samarinda
  • Wildan Saugi IAIN Samarinda

Abstract

Tayangan film animasi Youtube Nussa dan Rarra mengandung edukasi islami yang layak untuk ditonton anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survei. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI, yang berjumlah 112 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, uji t, koefisien determinasi. Hasil penelitian pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda menunjukkan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar 0,827. Adapun tabel interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,70 - 0,90 yang berarti korelasi antara film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda tergolong kuat (tinggi). Adapun uji T dengan t-hitung sebesar 10,49377. Jika di bandingkan dengan t-tabel maka thitung  10,49377 > dari ttabel 1.67528 sehingga variabel film serial Nussa dan Rarra berpengaruh terhadap variabel akhlak peserta didik. Perhitungan koefisien determinasi di dapatkan nilai sebesar 68,35 %, sedangkan 31,65 % dipengaruhi oleh diluar variabel seperti lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengetahui bahwa ada pengaruh dalam menonton film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik dan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik.

References

Adnan, Muh Kasogi. Skripsi Pengaruh Kebiasaan Menonton Film Kartun Terhadap Prilaku Sosial Anak SD Inpres Kampus Unhas I Makassar. diakses melalui. http://repository.unhas.ac.id. pada tanggal 18 September 2019.
Apriawan Zikri. Persepsi Siswa Pada Penokohan Film Kartun Spongebob Squarepants Pada SDN. 69 Kota Bengkulu. diakses melalui. http://repository.unib.ac.id. pada tanggal 18 September 2019.
Effendi. Media Komunikasi. diakses melalui. https://pakarkomunikasi.com. pada tanggal 19 Desember 2019.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian Relegius. diakses melalui. Kbbi.web.id. pada tanggal 10 Oktober 2019.
Nita. Koefisien Determinasi. http://repository.unpas.ac.id//BABIII/revisi.pdf. diakses pada tanggal 7 Oktober 2019.
Shihab, M. Quraish. Metode Penafsiran Al-Qur’an. diakses melalui. journal.unida.gontor.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019.
Sitinjak, Sinta Ronauli. Skripsi Pengaruh Pilihan Film Kartun Terhadap Perilaku Anak-Anak Di Pekon Luas Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat. diakses melalui. digilib.unila.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019.
Zahro Nisa’udz. Skripsi Dampak Menonton Film Kartun Doraemon Pada Perubahan Prilaku Sosial Anak-anak Di MI Nurul Ikhlas Desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo. diakses melalui. google.co.id/search?q=skripsi-ilmu-komunikasi-f-8&client=safari. pada tanggal 18 September 2019.
Wilson, B.J. Media and Children’s Aggression, Fear, and Altruisme, Diakses dari http://futureofchildren.org/futureofchildren/publications/docs/18_01_05.pdf, pada tanggal 12 September 2019.
Published
2021-02-24