Pengaruh Film Serial Nussa dan Rarra Terhadap Akhlak Peserta Didik di MI Negeri 1 Samarinda

  • Fahmi Fajrin IAIN Samarinda
  • Lina Revilla Malik IAIN Samarinda
  • Wildan Saugi IAIN Samarinda
Keywords: film serial nussa dan rarra, akhlak peserta

Abstract

Tayangan film animasi Youtube Nussa dan Rarra mengandung edukasi islami yang layak untuk ditonton anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survei. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI, yang berjumlah 112 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, uji t, koefisien determinasi. Hasil penelitian pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda menunjukkan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar 0,827. Adapun tabel interpretasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala antara 0,70 - 0,90 yang berarti korelasi antara film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda tergolong kuat (tinggi). Adapun uji T dengan t-hitung sebesar 10,49377. Jika di bandingkan dengan t-tabel maka thitung  10,49377 > dari ttabel 1.67528 sehingga variabel film serial Nussa dan Rarra berpengaruh terhadap variabel akhlak peserta didik. Perhitungan koefisien determinasi di dapatkan nilai sebesar 68,35 %, sedangkan 31,65 % dipengaruhi oleh diluar variabel seperti lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga. Dalam penelitian ini, peneliti dapat mengetahui bahwa ada pengaruh dalam menonton film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik dan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh film serial Nussa dan Rarra terhadap akhlak peserta didik.

References

Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlaq Dalam Perspektif Al-Qur’an. (Jakarta: AMZAH, 2007).
Adnan, Muh Kasogi. Skripsi Pengaruh Kebiasaan Menonton Film Kartun Terhadap Prilaku Sosial Anak SD Inpres Kampus Unhas I Makassar. diakses melalui. http://repository.unhas.ac.id. pada tanggal 18 September 2019.
Al-Qur’an dan terjemahannya. Departemen Agama RI. (Bandung: Diponegoro, 2008).
Apriawan Zikri. Persepsi Siswa Pada Penokohan Film Kartun Spongebob Squarepants Pada SDN. 69 Kota Bengkulu. diakses melalui. http://repository.unib.ac.id. pada tanggal 18 September 2019.
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Peraktek. (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
Baradja Umar. Bimbingan Al-Akhlaq Lil Banat. (Surabaya: Yayasan Perguruan Islam, 1993).
Bungin Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. (Jakarta: Kencana, 2007).
Danesi Marcel. Pengantar Memahami Semiotika Media. (Yogyakarta: Jalasutra, 2010).
Effendi. Media Komunikasi. diakses melalui. https://pakarkomunikasi.com. pada tanggal 19 Desember 2019.
Efendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).
Efendy, Onong Uchjana. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2000).
Erdinaya, Lukiati Komala. Ardianto. dan Elvinaro. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).
Enterprise Jubilee. Statistik Untuk Pemula. (Jakarta: PT. Gramedia, 2014).
Greenfield. Pengaruh Televisi, Video Game dan Komputer Terhadap Pendidikan Anak. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007).
Hasil observasi penelitian pada tanggal 15 Januari 2020.
Irawan Prasetya. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. (Jakarta: DIA FISIP UI, 2007).
Irianto Agus. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian Relegius. diakses melalui. Kbbi.web.id. pada tanggal 10 Oktober 2019.
LN, Syamsu Yusuf. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009).
Nasution, M. F. M. Skripsi Pengaruh Menonton Tayangan Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Pada Anak. (Depok: Fakultas Psikologi UI, 2000).
Nita. Koefisien Determinasi. http://repository.unpas.ac.id//BABIII/revisi.pdf. diakses pada tanggal 7 Oktober 2019.
Prasetyo Bambang. Metode Penelitian Kuantitatif. (Jakarta: Rajawali Pers, 2010).
Priyatno Dwi. SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. (Yogyakarta: Gava Media, 2009).
Qardhawi Yusuf. Bagaimana Memahami Hadis Nabi SAW. (Bandung: karisma, 1993).
Sinaga, Hasanuddin. dan Zahruddin. Pengantar Study Akhlaq. (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2004).
Shihab, M. Quraish. Metode Penafsiran Al-Qur’an. diakses melalui. journal.unida.gontor.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019.
Shobihah, Ida Fitri. Dinamika Syukur pada Ulama Yogyakarta. (Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga, 2013).
Siregar Sofian. Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi Perhitungan Manual dan SPSS. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Sitinjak, Sinta Ronauli. Skripsi Pengaruh Pilihan Film Kartun Terhadap Perilaku Anak-Anak Di Pekon Luas Kecamatan Batu Ketulis Kabupaten Lampung Barat. diakses melalui. digilib.unila.ac.id. pada tanggal 19 Desember 2019.
Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Staff Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda. observasi penelitian pada tanggal 15 Januari 2020.
Sudijiono Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. (Bandung: Alfabeta, 2013).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2015).
Suryana Yaya. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. (Bandung: Pustaka Setia Bandung, 2015).
Wilson, B.J. Media and Children’s Aggression, Fear, and Altruisme, Diakses dari http://futureofchildren.org/futureofchildren/publications/docs/18_01_05.pdf, pada tanggal 12 September 2019.
Winarsunu Tulus. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. (Malang: Univ. Muhammadiyah, 2002).
Zahro Nisa’udz. Skripsi Dampak Menonton Film Kartun Doraemon Pada Perubahan Prilaku Sosial Anak-anak Di MI Nurul Ikhlas Desa Tambak Sawah Waru Sidoarjo. diakses melalui. google.co.id/search?q=skripsi-ilmu-komunikasi-f-8&client=safari. pada tanggal 18 September 2019.
Published
2021-02-24
How to Cite
Fajrin, F., Malik, L., & Saugi, W. (2021). Pengaruh Film Serial Nussa dan Rarra Terhadap Akhlak Peserta Didik di MI Negeri 1 Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 15-35. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i1.3132