Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dalam menstimulasi kemandirian anak usia dini di Mangkujenang Dalam Simpang Pasir Palaran, Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 10 orang tua dan 10 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan triangulasi metode. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Mangkujenang Dalam, menggunakan pola asuh yang berbeda-beda dalam menstimulasi kemandirian anak, sebagai berikut: (1) Orang tua sangat dominan dalam mengambil keputusan dan aturan, Orang tua membuat peraturan secara sepihak tanpa melibatkan anak, Orang tua memiliki kontrol yang ketat terhadap perilaku anak, dan Orang tua sering mengancam atau menghukum melalui lisan maupun fisik. Cara seperti ini merupakan ciri-ciri pola asuh otoriter. (2) Orang tua mendorong anak untuk membicarakan keinginan, cita-cita, dan kebutuhan anak, Orang tua berkerja sama dengan anak, Orang tua mengarahkandan membimbing anak, dan Orang tua tidak kaku terhadap kontrol anak. Cara seperti ini merupakan ciri-ciri pola asuh demokratis. (3) Orang tua memberikan kebebasan penuh pada anak dalam bertindak, Anak lebih mendominasi, Orang tua memiliki sikap bebas, Orang tua tidak membimbing dan mengarahkan anak. Cara seperti ini merupakan ciri-ciri pola asuh permisif. Pola asuh demokratis, permisif dan otoriter bisa menstimulasi kemandirian anak. Pola asuh demokratis dan permisif lebih mendominasi dalam menstimulasi kemandirian anak dari pada pola asuh otoriter di Mangkujenang Dalam.
References
Ali, Fatimah. ‘Pengembangan Kemandrian Anak Di TK Al Jawahir Samarinda’. IAIN Samarinda, 2018.
Ebi CH, Santika. Golden Age Parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner, 2017.
Hairuddin, Enni K. Membentuk Karakter Anak Dari Rumah. Jakarta: PT.Gramedia, 2014.
Hidayah, Banawati Nur. ‘Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Dukuh Branglor Mancasan Baki Sukoharjo’. IAIN Surakarta, 2017.
Hidayanti, Yayan. ‘Peranan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Di Kelompok B1 Raudhatul Athfal Al Ikhlas Palu’. Bungamputi 4, no. 2 (7 October 2017). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/8842.
Lestari, Mira. ‘Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak’. Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (22 August 2019): 84–90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777.
Mardiana, Anissa. ‘Hubungan Pelaksanaan Kemandirian Anak Dalam Keluarga Dengan Pelaksanaan Kemandirian Anak Di Sekolah Kelompok A PAUD Pertiwi 1 Kota Bengkulu’. Universitas Bengkulu, 2014.
Mulyasa, H.E. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Novaria, A.I, and P.B. Triton. Cara Pintar Mendampingi Anak. Cetakan I. Yogyakarta: Oryza, 2011.
Sa’diyah, Rika. ‘Pentingnya Melatih Kemandirian Anak’. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16, no. 1 (9 April 2017): 31-46–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453.
Sulasmi, Tiwuk Sri, and Lydia Ersta K. ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun’. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD 1, no. 2 (17 February 2017): 54–59. https://doi.org/10.33061/ad.v1i2.1474.
Tabi’in, A. ‘Pola Asuh Demokratis Sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak Di Panti Asuhan Dewi Aminah’. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 3, no. 1 (29 April 2020): 30–43. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581.
Tridhonanto, Al. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Kompitudo, 2014.
Umairoh, Siti, and Ichsan Ichsan. ‘Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak’. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3, no. 3 (2018): 157–64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.157-164.
Wening. Bunda Sekolah Pertamaku. Cetakan I. Solo: Tinta Medina, 2012.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Usia Dini, Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas. Catakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Wiyani, Novan Ardy. Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Kemandirian Dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Cetakan I. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.