Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana

  • Zainuddin Zainuddin IAIN Samarinda
  • Ananiah Ananiah IAIN Samarinda
  • Wildan Saugi IAIN Samarinda
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Pengembangan Profesi

Abstract

Pentingnya keberadaan seorang kepala sekolah dalam organisasi yang bisa membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah sebagai orang yang paling bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan di sekolah, karena ia mempunyai kewenangan untuk mengelola dan meningkatkan kualitas kinerja para guru, karena dari guru perubahan dalam bidang pendidikan insyaAllah akan segera tercapai. Oleh karena itu peran kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bisa lebih profesional. Adapun yang menjadi tujuan dari peran tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja guru sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah bisa lebih terarah dan lebih mudah dalam merealisasikan tugas-tugasnya agar pelaksanaan tersebut bisa menjadi lebih efektif dan efesien. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ihsan Anggana. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah diantaranya ialah sebagai educator yakni membentuk kelompok kerja yang aktif dan kreatif, pembinaan disiplin para guru dan pelaksanaan tugas-tugasnya yang terkait dengan kegiatan pembelajaran, peran kepala sekolah sebagai manajer yaitu dengan membuat indikator-indikator keberhasilan, seperti melaksanakan kegiatan pengembangan profesi melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan baik didalam sekolah atau diluar sekolah, peran kepala sekolah sebagai motivator diantaranya melalui pemberian motivasi dan penghargaan (reward). Adapun hambatan-hambatan yang mempengaruhi kinerja para guru yaitu seperti pengelolaan honor guru yang kurang optimal, kedisiplinan sebagian guru-guru yang masih kurang, keterbatasan wawasan guru, kurangnya alat-alat praktek dalam mengajar.

References

Andang. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Rosdakarya, 2011.
Asmani, Jamal Ma’mur Asmani. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Asmin. Upaya kepala sekolah dalam peningkatan mutu sumber daya manusia (guru) di sekolah menengah atas negeri 4 Samarinda. Skripsi IAIN Samarinda: 2018.
Antonio Bolivar, and Botia. “Schools Principals in Spain: From Manager to Leader”, dalam International Journal Of Education edisi no. 1, Vol. III, 2011.
Candra Kasih, Rita. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru”, dalam Jurnal Manajer Pendidikan edisi no. 4, Vol. X, 2016.
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Dewi, Yurisca Kurnia. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penigkatan Kinerja Guru dI Sekolah Menengah Kejuruan Miftahul Ulum Samarinda. Skripsi IAIN Samarinda: 2018.
Elliot, Kerry. ”Teacher Performance Appraisal: More about Performance or Development?”, dalam Australian Journal of Teacher Education edisi no. 9, Vol. XL, 2015.
Hartini, Sri. “Pengaruh Kualifikasi Akademik, pengalaman Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Sekecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan”, dalam Jurnal JMP, no. 3 Vol. I, 2012.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Hendarman. Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta: Permata Puri Media, 2015.
Hidayat, Adi. At-Taisir Mushaf Hafalan. Jawa Barat: Quantum Akhyar Institute, 2019.
Iskandar, Uray. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru”, dalam Jurnal Visi Ilmu Pendidikan edisi no. 1, Vol. 10, 2013.
Juliantoro, Mohamad. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, dalam Jurnal Al-Hikmah edisi no.2, Vol. V, 2017.
Karwati, Euis dan Priansa, Donni Juni Priansa. Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta, 2015.
Kompri. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta, 2014.
Kunandar. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Lestari, Bani. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 003. Skripsi Samarinda Seberang: 2017
Lubis, Effi Aswita. Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press, 2012
Ma’mur Asmani, Jamal. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Media, Team Akar. Kamus Lengkap Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Akar Media, 2003.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.
Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional: Konsep, Strategi, Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
_______. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
_______. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
_______. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Priansa, Doni Juni. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung, Alfabeta, 2014.
Ramayulis dan Mulyadi. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta, Kalam Mulia, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Supardi, Dedi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1998.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
Suprayogo, Imam dan Tobrono. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo, 2011.
Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.
Yogaswara, Atep “Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru”, dalam Jurnal Penlitian Pendidikan edisi no. 2, Vol. 11, 2010.
Published
2020-02-28
How to Cite
Zainuddin, Z., Ananiah, A., & Saugi, W. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Anggana. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 179-187. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.3213

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>