Pengaruh Bimbingan Al-Qur'an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur'an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional

  • Urwatul Wusqo Nur Salsabila State Islamic Institute of Samarinda
  • Wildan Saugi State Islamic Institute of Samarinda
Keywords: Bimbingan Al-Qur'an, Hukum Tajwid, Mahasiswa KKI

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya mahasiswa yang masih belum mengimplementasikan hukum bacaan tajwid dalam bacaan Al-Qur'an mereka, meskipun mereka telah mendapatkan bimbingan membaca Al-Qur'an yang baik dan benar sehingga masih banyak bacaan Al-Qur'an yang salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan Al-Qur'an terhadap hukum tajwid pada bacaan Al-Qur'an Mahasiswa KKI di Kampus IAIN Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh Mahasiswa KKI yang berjumlah 45 mahasiswa dan sampel sebanyak 33 responden dengan menggunakan sample slovin dengan standar error 10%. hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan Al-Qur'an terhadap hukum tajwid pada bacaan Al-Qur'an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional apabila dilihat dari uji hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, dari variabel bimbingan al-qur’an memiliki nilai signifikansi 0.013 di mana nilai signifikan dari variabel bimbingan al-qur’an  lebih besar dari 0.05 atau 0.013 > 0.05 dan diperoleh nilai thitung 2.054 > ttabel 1.69389, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya variabel bimbingan al-qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap variabel hukum tajwid pada bacaan al-qur’an mahasiswa KKI.

References

Ali Ash-Shabuni, Syekh Muhammad. Al-Tibyan fi Ulumil Qur’an. Jakarta: Pustaka Amani, 2001.
Al-Qaththan, Manna. Mabahits fi Ulumil Qur’an. Jakarta: Ummul Qura, 2016.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Hakim, Rosniati. Jurnal Pendidikan Karakter 2 (Juni 2014): 128.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2005.
Majid Khon, Abdul. Praktikum Qira’at. Jakarta: Amzah, 2011.
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, dan Wildan Saugi. 2019. "Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu." el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2 (1): 9-23. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i1.1943
Musbikin, Imam. Mutiara Al-Qur’an. Yogyakarta: Jaya Star Nine, 2014.
Setiawan, Agus, dan Ahyar Rasyidi. “Contribution of Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an in Responding to the Digital Era in South Borneo.” Borneo International Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (30 Mei 2020): 155–75. https://doi.org/10.21093/bijis.v2i2.2260.
Shams Madyan, Ahmad. Peta Pembelajaran al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Pustaka, 2009.
Syauqi Nawawi, Rif’at. Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah, 2011.
Darmawan, Deni, Metode Pendekatan Kuantitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Santoso, Singgih, Statistik Multivariat, (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010).
Yudiaatmaja, Fridayana, Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013).
Suliyanto, Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2005).
Mulyono, Berprestasi Melalui JFP Ayo Kumpulkan Angka Kreditmu, (Yogyakarta: Deepublish, 2018).
Published
2020-06-23
How to Cite
Salsabila, U., & Saugi, W. (2020). Pengaruh Bimbingan Al-Qur’an Terhadap Pemahaman Hukum Tajwid Pada Bacaan Al-Qur’an Mahasiswa Kelas Khusus Internasional. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 139-148. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2403