Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan Umum

  • Naomi Ainun Hasanah State Islamic Institute of Samarinda
  • Wildan Saugi State Islamic Institute of Samarinda

Abstract

Kecemasan Berbicara di depan khalayak tentu bukan merupakan suatu fenomena yang asing lagi, yang mana kita ketahui bahwasanya kecemasan tersebut pun merupakan salah satu kecemasan terbesar yang dialami setiap individu. Disamping itu, juga memberikan pengaruh yang negatif dalam segala aspek kehidupan individu, Diantaranya ialah faset akedemis. Hal tersebut juga berdampak pada ketidakpercayaan diri mahasiswa, banyak yang menganggap bahwa apa yang dibicarakan tidak akan didengar, takut akan ada yang mengejek, dan bahkan merasa bahwa mereka tidak cukup baik dalam berbicara di depan khalayak. Dalam Artikel ini, penulis menggunakan jenis penelitian studi Kasus. Adapun orientasi dari penelitian ini ialah untuk mencari tahu faktor- faktor yang memengaruhi kecemasan berbicara di depan khalayak serta dampaknya terhadap kepercayaan diri, khususnya mahasiswa. Subyek yang diambil dalam Penelitian ini ialah Mahasiswa/I IAIN Samarinda, Program Studi Pendidikan Islam. Berdasarkan hasil wawancara terkait, Faktor penyebab mahasiswa sering kali merasa cemas didominasi berdasarkan tiga faktor yakni, Pengalaman Individu, faktor Citra Individu dan faktor Perspektif Negatif, dan hal tersebut sangat berdampak terhadap kepercayaan diri mereka.

References

Aryadillah. 2017. “Kecemasan Dalam Public Speaking ( Studi Kasus Pada Presentasi Makalah Mahasiswa ).” Cakrawala 17(2):198–206.
Bukhori, Baidi. 2016. “Kecemasan Berbicara di Depan Umum Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan.” Jurnal Komunikasi Islam 6(1):158–86.
Devito, Joseph A. 2019. “FIFTEENTH EDITION The Interpersonal Communication Book.” Hal. 1–20 in.
Hidayat, M. Zein. 2010. Hipnoteterapi Untuk Anak Yang Kurang Percaya Diri. Tiga Kelana.
Iaidee, Hasdy Bin (UIN Sunan Ampel Surabaya). 2018. “Terapi Positive Feeling Untuk Mengatasi Kurang Percaya Diri Berbicara di Depan Umum Terhadap Seorang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).”
Jati, Robi Setiawan (Universitas Muhamadiyah Purwokerto). 2014. “Hubungan antara keterampilan komunikasi, kepercayaan diri dan Self Eficacy Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Mhasiswa Keperawatan S1 Angkatan 2010 di Universitas Muhamadiyah Purwokerto.”
Khoiriroh, Nahar (Universitas Negeri Yogyakarta). 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Yogyakarta.”
Kholisin. 2014. “Kecemasan Berbicara Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Ilmu Dakwah 34(1):77.
Mangampang, Katerina. 2016. “Tingkat Kecemasan Mahasiswa Berbicara di Depan Umum dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Program Bimbingan Peningkatan Kepercayaan Diri Berbicara di Depan Kelas.” Sanata Dharma.
Muslimin, Khoirul (FISIP UNDIP). 2013. “Faktor - Faktor yang Memengaruhi Kecemasan Berrkomunikasi di Depan Umum (Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah INISNU Jepara).”
Saryono. n.d. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. ASIbeta.
Setiawan, Robby. 2014. “Hubungan Antara Keterampilan..., Robi Setiawan Jati, Fakultas Ilmu Kesehatan UMP, 2014.”
Sugiharta, Prasetya Chandra. 2016. “Hubungan kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa pgsd ngaliyan universitas negeri semarang.” Universitas Negeri Malang.
Setianingrum, Agustina Ari. 2015. “Upaya mengurangi kecemasan berbicara di depan umum menggunakan teknik relaksasi.” Jurnal Bimbingan Konseling 1:1–12
Z, Daradjat. 2001. Kesehatan Mental. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.
Published
2021-02-24
How to Cite
Hasanah, N., & Saugi, W. (2021). Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan Umum. Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3145