Implementasi Metode Pembiasaan Guna Meningkatkan Pencapaian Mahasiswa KKI 3 dalam Menghafal Al-Qur’an di IAIN Samarinda
Abstract
Tahfidz al Qur’an adalah sebuah jalan yang ditempuh guna menghafal ayat suci Al-Qur'an agar terus masuk dan terjaga dalam hati maupun akal (Nopriadi 2016). Program Tahfidz adalah suatu kegiatan wajib dalam proses menghafal Al-Qur'an yang dikhususkan kepada seluruh mahasiswa KKI 3 yang harus diselesaikan dengan target tertentu dan dengan batasan waktu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, maka dibutuhkan suatu cara (metode) tertentu yang harus ditempuh agar mahasiswa mampu meningkatkan hafalan al-Qur’an. Oleh Karenanya, penulis melakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui kolerasi terhadap hasil dari pelaksanaan metode pembiasaan pada program Tahfidz yang dilaksanakan pada mahasiswa KKI 3 di IAIN Samarinda dengan mengangkat tema “Implementasi Metode Pembiasaan Guna Meningkatkan Pencapaian Mahasiswa KKI 3 Dalam Menghafal Al-Qur’an Di IAIN Samarinda”. Model penelitian yang diangkat adalah Kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Ustadz pengampuh program Tahfidz dan mahasiswa KKI 3 di IAIN Samarinda. Instrument penelitian yang dipakai pada penelitian ini iyalah wawancara dan pengumpulan angket. Dari hasil data yang didapat, diperoleh hasil bahwa metode pembiasaan guna meningkatkan pencapaian mahasiswa KKI 3 dalam menghafal al-Qur’an di IAIN Samarinda cukup baik dan terus mengalami peningkatan hafalan al-Qur’an pada setiap semesternya, hal ini dikarenakan metode pembiasaan yang dilakukan membudidayakan budaya menghafal terus-menerus (istiqomah) sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hal ini cukup efektif dan berdampak positif kepada mahasiswa karena dapat membentuk budaya untuk selalu menghafal al-Qur’an dan sukar untuk meninggalkannya. Sedangkan minoritas mahasiswa masih mendapati kendala dalam menghafal, hal ini disebabkan oleh latar belakang kemampuan individu yang berbeda-beda.
References
Ayuningrum, Desy. 2018. “Peningkatan Kemampuan Hafalan Bacaan Sholat Anak Usia 6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1 (02): 172–87. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.13.
Cristiana, Elisabeth. 2016. “Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Perilaku Moral Anak Kelompok B Di Tk Bina Anak Sholeh Tuban.” Bk 4 (1): 1–9.
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fajarin, Andiya, Anwar Sutoyo, and Dwi Yuwono Puji Sugiharto. 2017. “Model Menghafal Pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya Pada Layanan Penguasaan Konten Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Bimbingan Konseling 6 (1): 13–19.
Firdausi, Fitriana. 2017. “Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi Atas Buku ‘Metode Ilham: Menghafal Al-Qur’an Serasa Bermain Game’ Karya Lukman Hakim Dan Ali Khosim).” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 18 (2): 189. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03.
Ginanjar, M. Hidayat. 2017. “Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma’Had Huda Islami, Tamansari Bogor).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 6 (11): 20. https://doi.org/10.30868/EI.V6I11.94.
Ihsani, Nurul, Nina Kurniah, and Anni Suprapto. 2018. “Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 3 (1): 50–55.
Malikah, Nurul, DKK. 2016. “Bifilar Cooperative Learning Model For Hadis Memorizing Skill In Alquran-Hadis In Madrasah Ibtidaiyah Ponorogo Regency Indonesia.” Journal Of Education and Research 4 (11).
Maskur, Abu. 2018. “Pembelajaran Tahfidz Alquran Pada Anak Usia Dini.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1 (02): 188–98. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15.
Mayasari, Duma. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfidz Al-Qur’an Di Ma Tahfizhil Qur’an Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 3 (2): 40. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i2.5848.
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, and Wildan Saugi. 2019. "Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu." el-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies 2 (1): 9-23. https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v2i1.1943.
Nopriadi, Eko. 2016. “Penerapan Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Niainilai Pendidikan Islam Pada Siswa Sd Negeri 38 Jannajannayya Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Rohmi, Moch. Washilur. 2016. “Implementasi Metode Pembiasaan Membaca Al- Qur ’ an Selama 15 Menit.” Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of malang.
Saugi, Wildan. 2020. "Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 70-84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.510.
Setiawan, Agus, and Ahyar Rasyidi. 2020. “Contribution of Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an in Responding to the Digital Era in South Borneo.” Borneo International Journal of Islamic Studies. Vol. 2. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/bijis/index.
Solihu, Abdul Kabir Husain. 2016. “Routes To Remembering Lesson From Al Huffaz.” Journal Of Social Sciences 7 (3).
Subadi, Tjipto. 2006. Metode Kualitatif. 1st ed. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Ulfa, Risa Alfiyah, and Ahmad Arifi. 2017. “Aktualisasi Pendidikan Al- Habit-Forming Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Kautsar Durisawo Ponorogo.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3 (1): 65–81.